06 Juli 2012

Sejarah Corolla, 90's car paling laris

Kalo kita ngomongin mobil 90's, gak pernah ketinggalan tuh mobil toyota yang namanya corolla, kenapa? mobil ini selalu jadi most wanted para 90's hunter, karena kehandalan mesin, kemudahan perawatan, dan mesinnya juga gak boros boros amat... Kalo balik ke Taun 70an, kita kenal corolla KE20, ya walaupun sebelumnya ada juga sih, yang beredar sekitaran dibawah taun 70, ya, itu KE10, tapi kayaknya di indonesia gak ada deh..atau, mungkin ada, tapi langka banget, jujur, sebagai pemerhati mobil, gue gak pernah liat corolla KE10 seliweran dijalanan. Dulu bokap gue pernah punya juga tuh corolla KE30 jaitan 1976, corolla GL rajutan 1984, n next, kayanya bakal memboyong corolla great 94...hehehe...gue kapan? gak sekarang, tapi pasti, Insya Allah, kalo kita yakin, kita bisa...sebenernya kalo gue pribadi sih kurang suka sama corolla, kenapa? fiturnya ga selengkap pabrikan lain...tapi ya itu tadi, gue juga gak tau kenapa corolla itu laris...entah lahh...Anyway, cukup nyocotnya, gue mau sebutin satu2 jenis2 corolla yang pernah lahir di Indonesia...


1. Corolla KE 20
Kalo dari source-source yang gue cari di internet, ini mobil cukup laris dimasanya, sedan kompak yang cukup kece sih.(di jamannya loh yaa...) Mesin yang dipake, 3K(1200 cc), 3K-B(1200 cc 2 karburator), T(1400 cc), 2T(1600 cc), dan 2T-G(1600 cc DOHC) berkemampuan tinggi. Pada tahun 1972 diperkenalkan model sport Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Corolla Levin menjuarai Press on Regardless Rally di Amerika, dan 1000 Lakes Rally di Finlandia. Di Indonesia, Corolla generasi ini yang pertama kali dijual ke pasar. Gini penampakannya,

ini versi coupe
ini versi sedan
2. Corolla KE 30, KE 40, KE 50, KE 60
Untuk mobil ini, gue pernah bikin postingan khusus, bisa cek disini, disana udah cukup lengkap...Kenapa gue satuin dari KE 30 sampe KE 60? Karena modelnya sama aja sih, paling beda varian pintu 2, pintu 4, n wagon. Perubahan muka grill dan bemper juga ada...Mulai berubah taun 1979.
penampakannya kaya gini...

keren yang ini

sexy...muehehehe

3. Corolla KE 70
Also well known as Corolla DX in Indonesia, mobil ini cukup laris dipasaran. Apalagi belakangan ini lagi rame modif mobil retro yang dibikin hellaflush, mobil ini cukup jadi inceran para modifikator, soalnya model retronya kentel banget. Ini Corolla terakhir buat semua model yang gardan belakang. Di Jepang banyak varian n bentuknya. Ada Sedan 2 dan 4 pintu, Hardtop, Coupe, Liftback, Station Wagon, dan Van. Kalo di Indonesia cuma versi sedan 4 pintu bermesin 1300cc 4K yang sering seliweran walaupun dari semua versi, mesin yang ada itu 1300 cc 4K, 1500 cc 5K, 1600 cc 2T dan 2T-G(DOHC). Corolla DX di Indonesia yang taun 80 model lampu depannya masih bulet2 ada 4, bumper masih pake besi yang ujungnya karet, tahun 1981 ada facelift di lampu depan jadi pake lampu kotak. Dan taun 1982 difacelift lagi di lampu sen depan yg melebar ke samping n lampu belakang modelbaru, nahh di taun 1983 Corolla DX mulai pake tachometer ato RPM, n bumper urethane yang panjang. Penampakannya kaya gini...

ini yang 1980

ini 1982

ini yang 1981

4. KE 80

Di Indonesia well known as Corolla GL(AE 80) n corolla SE Saloon(EE80), mobil ini mulai pake gardan depan, yaa walaupun buat versi levin dan trueno pake gardan belakang sih, tapi kan ga beredar luas di pasar Indonesia, jadi ga usah dibahas...hehehe... mobil ini bermesin 1300CC, gini penampakannya...

ini corolla GL, lampu depan dan grill masih model lama

nah ini SE SALOON facelift lampu depan n grill

5. KE 90
Naahhh...mulai taun 90an, mulai ngetrend mesin yang pake double head, kaya di mitsubishi pake DOHC, nah buat corolla lebih seneng pake twin cam, yaa walaupun yang versi 1.3 itu masih SOHC, dan yang paling laku itu, Corolla Twin Cam SE Limited 1.6 taun 90an lah, nah kalo yang GTi, itu varian yang termasuk langka, cocok buat balap dengan semburan tenaga 140hp, sekalinya ada yang jual pun, harganya pasti sableng, kolektor item gituloh...LOL nah ada juga corolla yang tipe liftback, tapi sayang model ini kurang laku dipasaran, entah kenapa sih...Jadi, yang resmi di produksi di Indo itu yang Corolla TC 1.3 SE, Corolla TC 1.6 SE Limited, Corolla TC 1.6 GTi, n Corolla TC 1.6 Liftback. Gini penampakannya...




ini yang liftback

6. KE 100
Di indonesia mobil ini dikenal sebagai Toyota Great Corolla, ini mobil yang harga jualnya masih gila banget mahalnya, taun 94 aja itu masih dikisaran 70juta. Harga jual mobil ini cukup stabil dan pasarannya juga bagus. Modelnya lumayan, perawatan gampang, bensin irit.. Di Indonesia mobil ini ada beberapa tipe, ada Corolla SE 1.3 n Corolla SE.G 1.6 perbedaan ada disisi fitur dan juga lampu belakang, kalo SE 1.3 lampu belakang masih kuning, kalo yang SE.G 1.6 udah merah putih, tapi mulai 1994, yang versi 1.3 udah gak keluar n digantiin sama yang corolla SE 1.6, kok sama2 1.6? bedanya? ya, yang SE.G itu udah lengkap fiturnya, PW, PS, EM, apaan tuh? coba cek lagi postingan gue di sini, nah kalo yang 1.6 SE, itu semua serba standar banget...ya walaupun keduanya udah pake mesin yang sama, yaitu 4A FE, 1600 CC, DOHC, 115 HP, 16 valve, injection, nahh buat yang versi 1.3 mesin masih SOHC karburator. Langsung aja, gini penampakannya...

ini yang 1.6

ini SE 1.3

7. KE 110
Sebenernya, gue agak gelap tentang mobil ini, yaudah, browse aja deh, gue dapet kaya gini deh. Buat yang beredar di Indonesia pake mesin 4A-FE (AE111 – dikenal dengan nama All New Corolla) beredar di taun 1996-1998 dengan varian 1.6 XLi, 1.6 SE-G, dan 1.6 S-Cruise. Dan yang facelift pake mesin 7A-FE (AE112) yang beredar taun 1998-2001 tersedia dalam variant 1.8 XLi dan 1.8 SE-G. Output mesin : 4A-FE : 115 hp @ 6000 rpm, torsi 15 kgm @ 4800 rpm. 7A-FE : 120 hp @ 6000 rpm, torsi 16 kgm @ 4400 rpm. Dua-duanya udah pake Twincam 16 valve EFI.
Nah Corolla AE112 atau dikenal dengan nama New Corolla ini sedan yang fiturnya paling lengkap n mewah di kelasnya waktu itu. Terang aja, udah pake ABS, dual airbag, variable timing wiper, dsb deh... Gini penampakannya...

AE112

AE111

8. KE 120 n KE 130
Di Indonesia dikenal dengan Corolla Altis, mulai produksi taun 2001 sampai sekarang dan telah mengalami beberapa kali perubahan 2001-2003 : generasi 1 Altis di Indonesia. mesin 1ZZ-FE non VVT-i (128 hp @ 6000 rpm, 16,3 kgm @ 4400 rpm) SAE NET. 2004-2005 : generasi 2 Altis di Indonesia, mesin 1ZZ-FE VVT-i (136 hp @ 6000 rpm, 17,4 kgm @ 4200 rpm) SAE NET. Untuk versi A/T telah dilengkapi Super ECT. 2006-sekarang : generasi 3 Altis, dengan penambahan fitur-fitur seperti MID, Audio control di stir, dll.



9. KE 140 n KE 150
Ini varian terakhir dari corolla dan masih diproduksi, Corolla terbaru ini launching pada 28 Februari 2008 dengan 3 grade, yaitu : 1.8 V A/T, 1.8 G A/T, dan 1.8 J M/T. Mesin yang digunakan tetap mesin 1ZZ-FE 1800 cc VVT-i 16 valve dengan mematuhi aturan emisi yang lebih ketat (EURO III). dilengkapi 4 speed A/T triptronic transmission dan 5 speed M/T; Fitur cruise control dapat ditemukan di 1.8 V A/T. Pada tahun 2009, Corolla dengan grade V mendapat mesin baru 3ZR-FE 2000 cc dengan Dual VVT-i, sedangkan model lainnya tetap menggunakan mesin 1800 cc.



Naahh itu dia barusan sejarah Corolla yang ada di Indonesia, dari mulai mobil jadul, sampe futuristik, corolla tetep jadi inceran para penggemar mobil. Nambah lagi ilmu gue, Alhamdulillahh...muehehehe...

Kalo ada yang bermanfaat, ambiil, Gitu aja kok, Simpel...muahahaha....







CMIIW, gw_nugros

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar