Jangan Cuma Sekedar Sotoy, Nih Jenis-jenis Mobil Ceper

Belakangan ini, banyak banget mobil2 yang velgnya offset, ampe kluar2, trus cepernya ga nanggung2, apa masih nyaman ya? entah lah, kaya beberapa waktu lalu waktu gue jalan disekitaran kalimalang, gue liat corolla DX, jaitan taun 82, velgnya dibikin ampe keluar fender, n mobil nyium aspal dengan membagong buta...kacauuu! tapi keren...hahaha...

Gue mikir, apa yang begitu masih bisa jalan dengan nyaman ya? gue rasa nyaman sih udah gak banget, pernah gitu gue bawa mobil yang diceperin, rasanya kaya naek grobak...apalagi ini nih? haha...ya namanya lifestyle, susah juga sih ya...walaupun kenyamanan harus diabaikan....hehe...

1 yang gue tau, mobil, kalo di modif gitu, namanya hellaflush, ya, itu dia namanya, gue pun iseng googling buat nyari tau, apaan sih hellaflush itu...gue dapet di salah satu thread di modcom, ya dia bikin thread buat bahasan hellaflush ini.

Apa itu hellaflush? dia bilang gini,


"HellaFlush berawal dari satu anak muda di Amerika yg dulu nya suka main scale model mobil 1:18. Mobil2annya itu di ceper2in sampe gak bisa jalan. Taun 2003, kata "HellaFlush" di koin kan. Mereka mendewakan velg2 keluar di mobil drift mereka dimana suatu hari satu temennya bilang, "Dude, that S**T's HellaFlush" (Flush like Hell ---> Flush Parah !). Jadilah kata "HellaFlush". Sebenernya itu gaya diambil dari VIP Jepang dan Euro style, tapi kata "HellaFlush" lebih pas karena beberapa level dalam nge"FLUSH"in mobil."

doi nambahin, katanya, hellaflush juga ada beberapa jenis, kaya flush, mexi, tucked, dan hellaflush..

gini penjelasannya...

1. Flush
Offset yang pas banget Di ceperin tp gak amblas. Biasa disebut "Daily Drivers". Jarak ban dan fender cuman 1/2 inch (kira2 sejari). Pas buat drifting (soalnya kalo lebih ceper lagi bodykitnya bisa nyeret.

flush kaya gini contohnya,

ceper, tapi gak mendem, yaa walaupun jarak sama fender cuman beberapa jari...

2. Mexi
Offset velgnya keluar bgt sampe nongol jauh dari fender. Gaya low rider lah. Banyak juga mobil retro2 (DX, Lancer) di Jakarta yg diginiin. Mungkin "MEXI" karena kebanyakan pencinta Low rider di USA itu "MEXICAN". Dasar stereotyping...

tuh ban keluar dari fender...GOKILL meenn!! LOL

3. Tucked
Nyelup dan velg ketutupan fender. Mobil2 VIP dan mobil2 yang pake air-sus/ air-bags (bags). Maksudnya air bag di kaki2, bukan di setir.

amblas, velg masuk ke fender..

4. Hellaflush
Offset pas, super amblas tp msh bisa jalan. (Kebanyakan orang yg mobilnya begini body bawahnya pada sering mentok aspal, tapi ini pilihan gaya hidup yg dianut).

amblass nyium bumi


Yaa, walaupun gue masih bingung jenis-jenisnya karena semua keliatan sama, tapi minimal gue agak ngerti tuh apa beda-bedanya, kesimpulannya, kalo flush itu nyeperin mobil dengan gedein diameter velg sampe hampir nyium fender, tapi masih fungsional n masih wajar. Kalo Mexi, ini yang gue agak bingung, karena sama aja sih..hehe...tapi intinya, kalo mexi, mobil yang velgnya sampe keluar fender gitu, dan ceper pastinya. Trus tucked, itu mobil yang amblas tapi velgnya dimasukin ke fender, amblas aja gitu pokoknya. Dan hellaflush, flush dari neraka, haha...ya flush yang kebangetan gitu maksudnya, pernah gue liat tuh derajat kemiringan rodanya sampe diluar nalar...hahaha...

seru juga sih ya modif kaya gitu, ya, jadi motivasi gue buat punya sendiri, modif KE70 ato corolla DX dibikin hellaflush, just like this one, haha

its cool maann...muehehehe....

CMIIW, gw_nugros






1 comment: