Bensin atau Diesel? Nih Perbedaan dan Untung Ruginya, Unggul Yang Mana Ya?

Jaman dulu, yang gue tau itu mobil solar identik dengan suara kasar dan juga asap yang bisa dibilang ganggu banget. Tapi anehnya, entah mulai kapan, Mobil diesel mulai banyak dibuat pabrikan. Contoh gampangnya, Fortuner aja deh. Fortuner baru, kebanyakan pake mesin diesel loh. Yang lumayan agak janggal, BMW juga ternyata bikin mesin diesel buat sedan mewah seri 5-nya loh.

Kalo jaman dulu yah, mobil solar selalu lebih murah dari mobil bensin dan jarang banget dicari orang. Contoh gampangnya kijang kapsul deh. Jaman dulu, jarang ada loh orang cari Kijang Diesel, most of them pasti nyarinya kijang bensin. Nah, sekarang, kok justru inova diesel lebih dicari ya? Hmm...

Itu yang sebenernya jadi tanda tanya buat gue sampe akhirnya gue tulis postingan ini. Ada apa sama diesel? Kok Hits banget? Ada apa gerangan? Dan apa sih perbandingannya sama bensin?


Nah, ngomongin perbandingan, mending kita ngomong soal cara kerjanya dulu deh. Walaupun keduanya sama-sama bekerja dengan pembakaran internal dan pake seher (piston) untuk menciptakan energi mekanik, tapi cara kerja pembakarannya nih yang beda sob. Pembakaran yang ada di dalam silinder itu lho yang bikin piston bisa bergerak.

Di mesin bensin, pembakaran bahan bakar dibantu sama udara yang dibantu dengan karburator atau injeksi yang selanjutnya dikompresi piston. Nah, setelahnya, busi lah yang punya peran penting untuk membantu proses pembakaran. Busi berfungsi memantikan api yang membuat bahan bakar dan udara kebakar yang selanjutnya melepaskan energi untuk mendorong piston.
nih ini mesin bensin, via : http://media.treehugger.com/
Nah kalo mesin diesel, prosesnya agak beda nih frends. Di sistem mesin diesel, kenaikan piston di dalam silinder diikuti dengan terkompresinya udara di dalam silinder yang menyebabkan membesarnya tekanan dan suhu di dalam silinder secara drastis. Nah, setelahnya, baru deh solar disemprotkan lewat nozzle injector ke dalam udara panas dan bertekanan tinggi di dalam silinder. Nah, disini bedanya antara solar dan bensin bro. Solar gak perlu bantuan busi sebagai pemantik supaya bisa kebakar, cukup dengan udara panas di silinder, solar langsung bisa kebakar. Dan gas pembakarannya memaksa si piston untuk kembali turun dari silinder untuk bisa menggerakan mobil frends.
Mesin Diesel, via : http://www.partservice.co.uk/
Oooh jadi gitu, prosesnya sama, cuma beda di pemantikan api dan pencampuran bensin-udara aja. Iya iya.... nambah lagi ilmu gue coy....

Terus, apa aja ya Kelebihan n Kekurangan Solar dan Bensin ini? *ah nugros mah emang kepo*

Pengalaman pribadi sedikit ya kalo make mobil bensin dan diesel. Kalo gue, jujur lebih suka mobil bensin dengan alasan "lebih kenceng". Gue udah coba pake grand new innova diesel, panther, dan juga karisma X diesel (lah emang ada?!). Tarikannya gak responsif banget! Aneh, perpindahan giginya molor, beda banget sama bensin yang menurut gue lebih responsif frends. Tapi apa bener ya yang gue rasain? Nih gue kutip dari berbagai sumber kredibel di internet soal Kelebihan dan Kekurangan Mesin Bensin dan Diesel.

1. Mesin Bensin
mana ada lah solar seganteng ini...haha, via : images.google.com

Kelebihan Mesin Bensin Dibandingkan Mesin Diesel :

  • Mesin lebih responsif dan tingkat polusi rendah
  • Suara mesin halus, hampir gak kerasa getaran dan suaranya dari mulai start kunci, sampe jalan
  • Spek mesin gampang dibaca, jadi gak susah deteksi kerusakannya dimana
  • Model-moel mobil bensin banyak yang lebih kece dibanding mesin diesel
Kelemahan Mesin Bensin Dibandingkan Mesin Diesel :


  • Torsi maksimal baru mampu diperoleh di putaran mesin tinggi
  • Rentan banjir! Soalnya si mesin bensin ini pasti banyak pake komponen kelistrikan yang tentunya sensi banget sama air. Contohnya, busi, ECU, dan kelistrikan lain
  • Lebih gampang meledak. Yaa walaupun jarang banget kasusnya, tapi ini juga lumayan perlu diperhatiin bro. Soalnya jenis bahan bakar ini lebih gampang kebakar frends. Ngeri abnget kan kalo misalnya ada kebocoran selang or tanki bensin. Amit-amit yah....
  • Bahan bakar mahal! As we know, mobil-mobil baru mengharuskan untuk menggunakan bensn beroktan tinggi diatas 90. Dan bakalan bikin mesin knocking kalo keseringan pake bensin beroktan dibawah 90. Dan bensin dengan oktan 90 itu harganya udah pasti lebih mahal. Mengingat premiumnya pertamina aja cuma punya oktan 88.

2. Mesin Diesel
Nah ini dia BMW Dieselnya bro, via : http://media.caranddriver.com/

Kelebihan Mesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin : 
  • Lebih irit, dari segi pembelian bahan bakar yang harganya lebih murah. Kalo deket sih gak begitu kerasa, kalo buat mudik, mayan kerasa bro.
  • Nah, dengan kesimpelannya, justru mesin diesel bisa kasih lo putaran bawah yang lebih bertenaga dibanding mesin bensin. Nah, tenrtunya dengan putaran bawah, bikin mobil lebih bertanaga buat nanjak. Gak heran deh kalo truk2 gede dan jeep off road kebanyakan pake mobil diesel. 
  • Tahan banjir coy!Lo gak perlu khawatrir buat berkendara dibawah hujan kalo pake mesin diesel, soalnya sistem pembakarannya minim banget sama perangkat elektronik. Jadi lumayan aman dari "nakal"-nya air banjir.
  •  Kalo bensin rasiob mesin dibatasi tekanan bensin dan udara. Beda di mesin diesel coy, soalnya yang dikompres kan cuma udara aja. Semakin tinggi kompresinya, semakin tinggi juga tenaga yang bisa dihasilkan mesin diesel ini sob. Selain itu, kerja mesin juga bisa lebih efisien.
  • Mesin diesel dikenal bandel loh. Panther, Taft Badak, Land Cruiser, Nissan Patrol, Trooper kan diesel, buktinya masih banyak tuh yang bisa ngacir di jalan. Tapi catatan, harus dirawat bener-bener ye. 
Kekurangan Mesin Diesel Dibandingkan Mesin Bensin : 
  • Mesin berisik! Bahkan bunyinya sampe *krang krang krang krang* Udah gak heran kalo buat mesin diesel deh. Bukan cuma suara, asap yang knalpot juga harus lo pertimbangkan deh buat manasin si diesel ini di dalam ruangan.
  • Injektor gampang rusak kalo tercampur zat lain seperti air. Ini perlu perhatian khusus frends. Pokoknya harus rajin service deh, terutama oil filter.
  • Respon mesin lebih lambat, terutama diputaran atas. Lo bakal ngerasain kaya kehilangan tenaga di RPM tinggi. Ini sangat wajar bro. Makanya jarang ada kan meisn diesel buat mobil balap. Tapi sih sekarang pabrikan udah menyiasati kekurangan ini frends dengan hadirnya teknologi yang namanya turbocharger.
  • Pajak lebih mahal sob. Soalnya mesin diesel kan biasanya isi silindernya diatas 2000CC. Gue sih belom nemuin mesin diesel dengan CC dibawah 2000. Panther aja 2.500 CC, Fortuner 2.700 CC, dll. Nah ini nih yang bikin pajak mobil diesel cenderung lebih tinggi. 
  • Harga baru mobil diesel lebih mahal dari mobil bensin bro. 
  • Model yang keren-keren gak gitu banyak dipasaran
Rajanya Diesel, katanya, via : mardhankrisnabayu.wordpress.com
Nah, diatas itu udah gue jabarin soal perbedaan mesin bensin dan solar frends. Pilihan tetep ada ditangan lo. Mau melihara mobil diesel kah, atau solar kah. Namanya juga hidup ya frend, gak ada yang sempurna. Soalnya kesempurnaan cuma miliki Allah SWT semata. (lah malah ceramah). 

Kalo gue pribadi, tetep sih pilihan jatuh ke mesin bensin. Karena gue pernah bawa panther sama innova diesel tarikannya kurang enak, perpindahan giginya molor, tarikan atas gak bertenaga. Tapi ya emang, bahan bakarnya lebih murah dari bensin. Solar cocok banget buat mobil-mobil off road, truk, mobil penumpang. Nah kalo bensin, cocoknya buat sedan, hatchback, n city car aja deh, udah lumayan irit-irit juga kok bahan bakarnya. Cuma emang sih, kalo pake mobil offroad bensin, borosnya bakal seanjing-anjing sob. Gue pernah pake feroza bensin pake ban 31. Nyesssss borosnya yang bahkan lebih boros dari Corona yang notabene 2000CC. 

Nah, kalo dilihat dari kurangnya tenaga di mesin diesel. Adanya turbocharger bisa sangat membantu menutupi kekurangan signifikan yang ada di mobil diesel frends. Apalagi buat mobil baru macam Pajero Sport, Fortuner, dan lain-lain. Pastinya mereka udah mikirin ini dong. ^_^

Nah, kalo ada lagi, boleh loh ditambahin. Ga capek-capek gue ngomong "Correct Me If I'm Wrong". Oke sob!

Moga bermanfaat...

gw_nugros 

56 comments:

  1. untuk meobil dengan meisn diesel saat ini cenderung irit mas
    dari segi konsumsi BBNya, dan harga BBMnya itu sendiri yang masih disubsidi pemerintah
    jadi double iritnya hehehe ...
    Salam Service Genset Semarang

    ReplyDelete
  2. The diesel engine is an internal combustion engine that uses a piston to mengkorversi energy arising from the combustion of diesel fuel injected into the combustion chamber.
    togel online

    ReplyDelete
  3. Oke banget...bagus penjelasannya

    ReplyDelete
  4. Koreksi aja mas 42er di Indonesia 2500 cck yg disel yg 2700cck nya yg bensin...

    ReplyDelete
  5. Tp buat kt" yg penting irit dan handal...kaya nya diesel lah lbh ccok.

    ReplyDelete
  6. Gw tiap hari ktmu mesin diesel emang irit tp suara nya berisik,tp tuk kenyamanan jelas pertamax

    ReplyDelete
  7. Berarti tetep donk bensin yg bagus. Bukannya teknology diesel skrg dah canggih2. Soalny gw lg nimbang2 ambil mobil diesel apa bensin. Mo coba2 ke diesel masih butuh referensi belum pernah pegang soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo diesel yg punya turbo seperti hilux maka kamu serasa operasikan mobil bensin bro.

      Delete
  8. Wkwkwk kata siapa murah, klo sekelas fortuner minimal harus pakai pertamina DEX ga bisa pake solar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata siapa...solar busuk jg bisa euy

      Delete
  9. Wkwkwk kata siapa murah, klo sekelas fortuner minimal harus pakai pertamina DEX ga bisa pake solar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pakai fortuner vrz 2017, diesel, isi bio solar ngacir oom nggak ngempos

      Delete
    2. Ane pakai fortuner vrz 2017, diesel, isi bio solar ngacir oom nggak ngempos

      Delete
    3. Sekarang sdh hampir 1 thn kya apa dh fortuner diesel di ksh bio solar aman aja kh

      Delete
    4. Sekarang sdh hampir 1 thn kya apa dh fortuner diesel di ksh bio solar aman aja kh

      Delete
  10. Gw baru pakai diesel strada, gak nyesel pakai diesel, irit bertenaga dan mesinnya sederhana gak pakai busi

    ReplyDelete
  11. Saya punya trooper 2300cc bensin bro,tpi ktnya boros bget,tpi pertimbangkan sama aja tu,mesin besar,mestinya tangkinya isinya banyak logiga dong.klu avansa 1500cc mstilh tangki minyak kecil.klu orang byak ngk minat trooper bensin,knpa di ciptakan.mestilh smua tu ada kekurangannya dan klbihanya.bner ngk

    ReplyDelete
  12. Kalo bandingin innova diesel dan bensin kenyamanan jelas ada pada mesin bensin. Di innova bensin ada kenyamanan sedan camry tapi tidak di innova diesel,di innova bensin suara halus dan kabin senyap di innova diesel suara berisik dan getaran keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Memang suara berisik kl diluar. Coba didalam om. Dan bantingan innova solar lbh lembut dr bensin.
      Hahaha

      Delete
    2. Innova diesel emang lebih berisik sih.. cuma jauh lebih fun bawa innova diesel ketimbang bensin.. jauh lebih powerful.. innova bensin agak boyo soalnya

      Delete
    3. Tapi lebih durable jelas mesin bensinnya..lebih minim masalah,so karena mesin bensinya tanpa turbo,jelas mesin tidak kerja keras.seandainya innova diesel tidak pake turbo,mungkin lebih bandel.tapi kenyataan pake turbo semua.coba cek mesin bensin kijang dari sebelum tahun 1990 sampe sekarang..artinya mesin bensinya sudah teruji bertahun tahun ketimbang diesel

      Delete
  13. Innova gasolin is the best lah pokoknya..

    ReplyDelete
  14. Innova gasolin is the best lah pokoknya..

    ReplyDelete
  15. Innova gasolin is the best lah pokoknya..

    ReplyDelete
  16. Wew bisa sakit paru2 om gara2 kena asap solar
    Emg pembuangan nya masuk k dalem

    ReplyDelete
  17. kasus dieselgate di Eropa sepertinya tidak berpengaruh di Indonesia..padahal bahaya asap diesel jelas lebih tinggi ketimbang bensin.bahkan demi meyakinkan konsumen di seluruh dunia, mesin bensin dianggap lebih beracun dan punya kadar CO2 yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  18. baca spesifikasi lengkap nya trooper disini gaess,,

    ReplyDelete
  19. Saya pemilik kia carnival diesel 2.9 tahun 2001 dan sekaligus pemilik kijang kapsul inject 1.8 tahun 2004, menurut saya banyak kelebihannya di mesin diesel, selain irit dia juga tidak rentan terhadap genangan air..namun untuk biaya perawatan, diesel kia saya lebih mahal dari kijang bensin..untuk kenyamanan jelas menang di kia carnival, walau bermesin diesel namun setelah didalam kabin suara jadi senyap..untuk kijang saya rasa borosnya super sekali disamping harga bbm nya lebih mahal..namun perawatan mesin relatif lebih murah ketimbang si cardies..itu pengalaman saya piara dua mobil yg berbeda jenis mesin..sampai saat ini dua2nya masih di garasi..

    ReplyDelete
  20. Menarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Kayamn gw pengen koment yah ..gw belum ngerasain dua dua nya...xi..xi..

    ReplyDelete
  22. Semua ada kelebihan dan kekurangan antara diesel dan bensin, klo mau urusan irit di pajang trus kasih vigura aja. Semua tergantung dengan pemakaian, sy pake fortuner bensin sampe sekarang alhamdulillah masih langgeng sama itu barang. Semua org pasti butuh kenyamanan ya pasti donkkkķkkk

    ReplyDelete
  23. saya rencana beli innova reborn, tapi bingung pilih diesel atau bensin. pengalaman dulu pernah punya krista diesel 2000, tangan ke-2, tenaganya gak ada, gembos dan getar.mungkin karena dulu tidak pernah dirawat sama pemilik sebelumnya. terus punya yaris dari baru sampai sekarang mesinnya bagus dan irit. cuma untuk perjalanan jauh pegel. punya lagi honda freed second, bagus juga mesinnya, bersih, senyap,minim getaran, cuma sekarang pingin ganti salah satu dengan innova terbaru. Kalo lihat speknya kayak bagus yang diesel tapi trauma untuk jangka panjangnya awet tidak. klo bensin saya percaya lebih awet. contoh lgx bensin masih banyak yang bagus mulus,dan harganya lebh mahal dari kijang diesel, tapi mensinnya ya gitu gitu aja.

    ReplyDelete
  24. saya rencana beli innova reborn, tapi bingung pilih diesel atau bensin. pengalaman dulu pernah punya krista diesel 2000, tangan ke-2, tenaganya gak ada, gembos dan getar.mungkin karena dulu tidak pernah dirawat sama pemilik sebelumnya. terus punya yaris dari baru sampai sekarang mesinnya bagus dan irit. cuma untuk perjalanan jauh pegel. punya lagi honda freed second, bagus juga mesinnya, bersih, senyap,minim getaran, cuma sekarang pingin ganti salah satu dengan innova terbaru. Kalo lihat speknya kayak bagus yang diesel tapi trauma untuk jangka panjangnya awet tidak. klo bensin saya percaya lebih awet. contoh lgx bensin masih banyak yang bagus mulus,dan harganya lebh mahal dari kijang diesel, tapi mensinnya ya gitu gitu aja.

    ReplyDelete
  25. Saya rencana beli Fortuner VNT Torbo... mohon saranya gan enakan yang bensin apa diesel, sama perwatan lebih irit yang mana? :)

    ReplyDelete
  26. Tapi kenapa justru innova diesel yang dipilih untuk balap draq. Bahkan melawan supercar

    ReplyDelete
  27. Kalo saya lebih demen ama diesel, apalagi punya isuzu plus tahunnya dibawah 2000. Iritnya gak masuk akalll!!! Sekarang rencana pengin banget beli Isuzu MU-X, tapi bingung belum ada uangnya.. solusinya gimana ya gan?
    Wkwkwk

    ReplyDelete
  28. Saya punya pickup Chevrolet LUV C190 (1900 cc) tahun 1982 awet sampai sekrang,sekedar info bhwa mesin yg tersemat didalam pabrikan chevrolet ini adalah mesin isuzu c190. Akselerasi mantap pendakian dan datar ngacir sampai +100/kpj tergantung nyali yg waswas terhadap body yg telah renta , percepatan sampai 4 gearsaja,bandell.. minim perawatan. Jarang ditemui teronggok dipinggir jln ditumbuhi rumput..hehe

    ReplyDelete
  29. Saya punya pickup Chevrolet LUV C190 (1900 cc) tahun 1982 awet sampai sekrang,sekedar info bhwa mesin yg tersemat didalam pabrikan chevrolet ini adalah mesin isuzu c190. Akselerasi mantap pendakian dan datar ngacir sampai +100/kpj tergantung nyali yg waswas terhadap body yg telah renta , percepatan sampai 4 gearsaja,bandell.. minim perawatan. Jarang ditemui teronggok dipinggir jln ditumbuhi rumput..hehe

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Penyewaan Misty Fan Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    ReplyDelete
  31. untuk kecepatan udh pasti bensin, lambhorgini pke bensin, diesel itu cocok buat truck angkat kayu dan besi

    ReplyDelete
  32. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete
  33. SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 10 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - Bandar66
    - Perang Baccarat
    - Perang Dadu

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL
    Link Alternatif :
    - murniaduq.net
    - murniaduq.org

    Contact Us
    WA1 : +855889110527
    WA2 : +855887159498

    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    ReplyDelete
  34. Saya pernah pake isuzu panther sporty/miyabi dibawah th 2000, bandel perawatan disaya agak ndablegh ganti oli kadang 6 bln sekali, ga pernah bermasalah mesinnya, irit bgt purwoketo - Bandung PP cuma 300rb, sudah saya jual rencana mau ganti kijang kapsul Diesel, tapi sayang uangnya dah kepake n blm cukup bt meminang sang kijang kapsul Diesel,, hehehe..

    ReplyDelete