Kenapa Jengkol Bau? Udah Kodrat!

niiih nasi uduk jengkol! via : kaskus.co.id
Kekecewaan pagi ini di sponsori oleh kosongnya rak makanan emak gue. Jadi, tadi pagi, gue pulang kerumah seperti biasa, dan seperti biasa juga gue yang selalu kelaparan ini langsung ngecek ke rak makanan, siapa tau ada yang bisa gue makan secara gratis pagi ini. Dan ternyata nihil. 

"Beli nasi uduk aja..." ujar nyokap gue seolah pengen ngomong, "besok-besok kalo mau makan beli dooong". Oke, tanpa kata dan cuma senyum, gue cabs ke tukang nasi uduk betawi gitu. 

Singkat cerita, gue udah di tukang jual nasi uduk langganan, dan seperti biasa, banyak banget ibu-ibu nganter anak sekolah TK, kalo Macan Ternak (Mama Cantik Anter Anak) sih oke lah ya bisa sekalian cuci mata, nah ini yang ada emak-emak setengah baya nganter anak pake daster dan maaf, belel. Okesip!

"Mak, nasi uduk 3, 1 pake jengkol, 2 gak pake jengkol" ujar gue jumawa di depan emak-emak random yang lagi ngerumpi itu. Dengan sigap dan jiwa keibuannya, si emak-emak ini bungkusin nasi uduk buat gue yang udah masang muka lapar pengen makan orang. 

Di sela-sela emak lagi bungkusin, satu ibu usil nyeletuk, "belom berangkat kerja maas?". widiih, pertanyaan menantang nih... langsung aja gue bilang, "ooh saya punya showroom mobil sendiri bu, jadi terserah saya mau buka jam berapanya...." dengan sedikit sombong

Dan langsung disambut adegan ibu-ibu ber-O ria nada 7 oktaf diiringi tangis rewel orok 3 bulan. Okesip... I sure wish I wasn't here right now....

Gak lama, "nih mas nasi uduknya", gue bersyukur, karena kalo agak lama lagi, pasti gue udah jadi korban perjodohan massal nih. Gue pun cabs.

Nyampe rumah, gue buka deh tuh nasi uduk dengan segala nafsu yang gue punya. Dan ternyataaa...


"Yah, salah buka nih, ini pake jengkol..." 3 lembar semur jengkol tertata indah di nasi uduk yang gue buka dan adegan berulang sampe semua nasi uduk dibuka. Shit! Ternyata semua pake jengkol coy! Entah apa yang didenger si emak... ergh...

Awalnya agak segen, tapi yaudahlah, udah dibeli juga, nyokap juga sempet berwejangan, "cuma jengkol kan? masih layak makan lah, inget tuh saudara kita yang gak bisa makan bahkan makan nasi basi bekas restoran, inget nak, camkan...". Gue cuma jawab, "Iya bu..." dilanjutkan adegan berpelukan ala ibu dan anak yang kebanyakan nonton drama turki. 

"Gak bau kok jengkolnya, nih ibu makan niih" ucap nyokap bijak.

Akhirnya, mau gak mau, gue makan juga tuh nasi uduk berjengkol. First impression setelah lama gak makan, not bad as I guess sih, masih lumayan acceptable lah di lidah gue. Justru cenderung enak berkolaborasi sama nasi uduk dan kroni-kroninya. 

"Iya enak ya, gak bau juga..." ucap gue agak bahagia sambil ngabisin tuh 3 lembar jengkol. 
"Iya laah..." kata nyokap seolah mengaminkan kebahagiaan sesaat gue. 

Dan here we go, kebahagiaan gak berlangsung lama coy! Begitu gue kencing di kamar mandi! BUSETT! Gue gak percaya tuh kencing baunya parah amat. Sampe denial "titit gue gak mungkin ngeluarin aer kencing bau gitu..." Arrrggghhh.....

Gue galau, merasa tertipu, merasa jadi korban persekongkolan emak nasi uduk dan nyokap gue. Pokoknya intinya kecewa berat! Setelahnya, gue langsung sikat gigi, kumur listerine, kumur albothyl, minum sprite segala. Ilang? Tetep aje nyet! Haiz....

Oke, sisihkan dulu kekecewaan gue, kita mulai dari Kenapa Sih Jengkol Bau? Padahal rasanya enak, kenapa dia gak diciptain wangi aja gitu? 

Kata nyokap, "disitu seninya..." yaelah ternyata serendah itu selera seni nyokap gue. Okesip...

Kenapa Jengkol bau? Oke, kita mulai dari sini...

Jengkol, punya nama latin Pithecollobium Jiringa atau Pitheciollobium Labatun. Oke, gue mulai insecure, karena ternyata namanya kerenen jengkol daripada nama gue. Jengkol biasa tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Jengkol bukan disukai di Indonesia aja nih sob, tapi orang Malaysia dan Thailand juga suka makan jengkol. Dan menurut penelitian, orang Indonesia khususnya Jawa Barat, adalah konsumen jengkol paling tinggi loh. Pantesaannn!

Nih, jengkol mentah, via : wikipedia.com
Terus, Kenapa Jengkol Bau? Gak laen dan gak bukan adalah karena ulah si asam amino yang terkandung di dalam seonggok jengkol dan asam amino itu didominasi sama asam amino yang mengandung Sulfur. Dan kalo si sulfur ini terdegradasi (terpecah) jadi komponen yang lebih kecil, asam amino itu akan menghasilkan berbagai aroma yang bau banget! Karena kita tau sendiri deh sulfur baunya kaya apaan, buat yang sering ke Ciater, pasti tau deh kaya apana itu bau belerang. Ya mirip gitu deh baunya. Dan kenapa kentut, pup, dan air kencing kita bau? Gak usah heran, hasil pembuangan dair si sulfur ini bisa berupa H2S yang dikenal dalam dunia kimia, sangat bau. Nah loh! 

Naah, saking doyannya sama nih makanan, para penggemar jengkol banyak yang bilang kalo jengkol itu punya rasa yang mirip sama daging loh sob! Makanya banyak dibikin semur atau rendang. Gila kompulsif abis! Jengkol? Daging? Daging apaan? Bangke Hamster iya!

Semur Jengkol, via : resepumi.com 
Menurut sumber yang gue terima, dan gue juga pernah liat langsung, jengkol bukan cuma diolah jadi semur aja frend. Bahkan ada juga yang dibikin balado, sate, rendang, bahkan sampe ke bakwan! Dulu gue pernah kejebak waktu makan bakwan di daerah Karawang, awalnya gue pikir apaan gitu diiris tipis-tipis, pas gue makan. Tadaaa...Jengkol Muda di bakwan!

 Masya Allah, segitu cintanya yak...

Dan ngomongin cinta jengkol, bahkan ada istilah Ati Maung loh di daerah Sunda. Ini kan artinya Hati Macan ya. Yakali hatinya kek gitu baunya. 

Well, emang sih, katanya proses perebusan jengkol sebelum diolah, bisa jadi mengurangi kadar bau dari si jengkol. Kata orang mungkin bener, tapi nggak bagi gue! Grrrr....Nugros gabisa diginiin... hiks...
Neh rendang jengkol, via : republika.com
Nah, dari sumber yang gue kutip dari smallcrab.com, dibalik bau jengkol ternyata jengkol juga banyak gizinya lho. Karena dari seonggok jengkol mengandung karbohidrat, protein, vitamin A,B,C, forfor, kalsium, alkaloid, minya atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan juga saponin. Seet, banyak juga yaa.

Bahkan di klaim, kandungan protein jengkol lebih tinggi daripada tempe yang ada di angka 18,3 gram per 100 gram. 

Nah, kalo ada AKG di setiap kemasan mengandung jengkol, pasti kaya gini. 

Dalam 100 gram biji jengkol mengandung :


  • Energi 133 kkal, 
  • Protein 23,3 gram, 
  • Karbohidrat 20,7 gram, 
  • Vitamin A 240 SI, 
  • Vitamin B 0,7 mg, 
  • Vitamin C 80 mg, 
  • Fosfor 166,7 mg, 
  • Kalsium 140 mg, 
  • Besi 4,7 mg, 
  • Air 49,5 gram. 


Nah, angka kecukupan gizi vitamin C yang dianjurkan per hari adalah 75 mg buat wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. Dengan makan jengkol 100 gram perhari, kita bisa mencapai hidup seat bro, walaupun sedikit bau sih. Ahelah....

Bukan cuma itu loh, jengkol juga banyak mengandung zat besi yang bahkan dianjurkan buat penderita anemia. Jengkol juga baik buat kesehatan tulang karena kalsiumnya yang punya kadar 140 mg/100g. 

Yaah pokoknya masih banyak deh manfaat jengkol buat kesehatan bro, bahkan bisa juga buat nurunin kadar gula penderita diabetes loh. Lo bisa cari sendiri deh. hehehe...

Tapi ye frend dimana ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Kebanyakan makan jengkol juga bisa mengakibatkan jengkoleun (Sunda terj.) atau jengkolan yang disebabkan oleh asam Jengkolat yang sulit larut di dalam air dan akhirnya mengendap di ginjal. Pengendapan ini bisa berupa kristal padat yang bisa berakibat susah kencing nih frends. Mungkin sama kaya kencing batu kali yah. Tapi tenang frend, gak semua orang kok bisa kena jengkolan. 

Naah, buat lo yang penasaran sama si jengkol ini, tapi takut sama baunya, nih ada beberapa tips yang gue kutip dari wartamedika.com soal Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

1. Gosok gigi 
Nah, ini yang gue lakuin, cara klasik, tapi faktanya, cuma ngilangin bau mulut sesaat doang coy. Tapi mayan laah.

2. Minuman bersoda. 
Kalo kata nyokap sih sprite. Ini juga lumayan bisa ngurangin katanya. 

3. Berkumur atau minum perasan jeruk nipis
Aah gue sih gampangnya kumur pake obat kumur yang banyak dijual di pasaran aja deh daripada kudu repot-repot peres jeruk nipis.

4. Makan buah
Naah, katanya makan buah yang berair macam semangka, jeruk, strawberry, apel, nanas juga bisa loh ngurangin baunya, ini gue belom coba, tapi dari logika, kayanya aroma dari buah-buahan itu bisa ngurangin juga kali ya...

5. Menguyah beras.
Cara jadul banget nih, tapi sumpah gak enak! Dulu gue pernah! Caranya, ambil 3sdm beras, trus dikunyah-kunyah sampe halus, terus di telan. Kalo bau belum ilang juga, ulangi langkahnya dari awal. Tapi jangan kebanyakan juga sob, sayang berasnya mahal. Katanya sih cara ini manjur banget buat para pecinta jengkol, tapi gue belom coba sih. Secara, gue bukan pecinta jengkol, gue mah cuma pecinta wanita aja. *Elah

6. Kopi hitam tanpa gula
Ini juga cara jadul, nenek gue sering kaya gini kalo abis ngelalap jengkol muda. Kopi bubuk gak pake gula sekitar 4 sdm, makan, langsung telen. Paitnya emang luar biasa dahsyat, tapi jangan sekalikali nambahin gula. Katanya sih baunya justru makin parah bro. Sediain aer, gak lucu aja masuk RS gegara keselek kopi mentah.

7. Air garam
Nah, ini juga lumayan ampuh katanya, gue juga belom coba yang ini. Kalo bisa pake aer rebusan sirih makin oke katanya sih. Tapi yakali niat amat ngerebus sirih segala.

8. Kunyah Permen Mint
Naah, tadi siang gue abis setengah bungkus mentos, buktinya cuma bisa ngilangin sesaat doang! huh

9. Vitamin B
Ini agak advance, katanya sih vitamin B bisa spontan ngilangin bau jengkol. Lo bisa beli kok vitamin B di apotik terdekat. Tanya aja sama mbak-mbaknya, gak bakalan dimahalin lah, tambah muka melas aja, siapa tau digratisin.

10. Makan Pete!
Iya, Habis Bau Jengkol, Terbitlah Bau Pete...Minimal bau jengkolnya ilang....

11. Gak Usah Makan Jengkol
Yaudah gitu aja, semua bahagia pada akhirnya...

Naaaah, setelah gue nulis ginian, setelah gue tau manfaatnya, cara ngilanginnya, pasti buat lo jengkol lover bakalan makin doyan nih. 

Lo gimana gros?

Nggak deh makasih....Dan kayaknya besok gue mau ngomelin emak-emak yang jual nasi uduk deh...Minimal gue skorsing beli selama sebulan....

Karena gue bilang, kalo udeh kodratnya bau, mau digimanain juga tetep aja bau!

Semoga Bermanfaat...Correct Me If I'm Wrong :)

gw_nugros

4 comments:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  2. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete