Nyak, Nugros Pengen Estilo Nyak! (Tips n Trik Beli Estilo Bekas)

Sebenernya nyadar gak sih frends. Di Indonesia ini beredar mobil hatchback 2 pintu bernama Honda Civic Estillo yang harganya makin lama makin naik aja. Padahal, kalo diliat dari itungan tahun dibuatnya, mobil ii termasuk mobil tua lho. Yaiyalah, mobil ini dibuat antara tahun 1992 sampe 1995. Bisa dibilang mobil ini adalah mobil Dream Car Back to 90s lho.

Kalo laku karena 2 pintunya, Estillo bukan satu-satunya lho mobil 2 pintu yang hadir waktu itu di Indonesia juga sih. Karena masih ada Mazda MX6 yang juga bersosok 2 pintu di tahun keluaran yang hampir sama. Tapi kenapa ya, Estillo bisa begitu melonjak?


Nah seperti gue lansir dari AutoBild.com, ternyata ada beberapa hal yang bikin Estillo ini mahal. Diantaranya karena si Estillo ini adalah mobil terakhir hatchback sporty honda yang diproduksi di Indonesia frends. Karena setelah itu, Honda Civic ini selalu bersosok sedan dengan 4 pintu. Walaupun ada Civic EK9 yang juga bersosok hatchback 2 pintu, tetap Estilo menjadi primadona. Soalnya, gue pribadi, sama sekali belum pernah liat Civic EK9 secara langsung karena memang Civic Generasi penerus si Estillo ini gak diproduksi bebas di Indonesia. Hmm....Pantesan....

Dan bukan cuma itu aja lho frends, mesin yang digunakan si estillo ini juga terhitung yang paling canggih di kelasnya. 1600 CC dengan sistem karburasi injeksi yang diberi nama PGM-Fi oleh Honda. Dengan bermodalkan mesin ini, Honda Civic Estilo ini diklaim memiliki tenaga 120 dk yang terhitung paling tinggi dari pesaingnya yang waktu itu dipegang oleh Starlet yang bahkan hanya ber-silinder 1300 CC.

Gue pribadi, dari kecil udah suka banget sama mobil ini. Modelnya itu timeless banget bahkan kalo misalnya disandingkan dengan Honda Jazz yang berumur jauh lebih muda dari dia juga masih keliatan lebih asik dan lebih sexy lho. Dulu gue selalu ngucap setiap negeliat mobil ini. Suatu saat nanti gue harus punya nih mobil sexy!!

Dan oke, sebelum nulis ini, gue sempet melakukan riset pasar (ceilah bahasanya). Ternyata sekarang ini susah banget lho nyari Estillo yang berharga dibawah 100juta! Padahal dulu, mobil ini sempet berharga cuma 80juta lho (Jaman gue sering baca poskota). Dan sekarang, nyari yang dibawah 100 juta dan masih bagus itu kaya nyari jarum di tumpukan jerami. Susah brow!

Sedikit ngomongin sejarah dari si hatchback sexy ini. Pada pertama peluncuran, yaitu di tahun 1992, Honda meluncurkan generasi kelima dari Civic yang waktu itu diberi nama Civic Genio bermodel Sedan 4 pintu dan Civic Estillo yang berwujud hatchback berpintu 2. Kalo dilihat sepintas, emang sih, 2 model ini keliatan kayak sodara kembar, karena lampu depan dan belakang memang dibuat sama persis. Cuma beda model bemper dan bagasi belakang yang di sunat di versi Estillo. Sewaktu peluncuran, Civic generasi kelima ini mengusung mesn 1596 CC SOHC dengan sistem injeksi bahan bakar yang cerdas. Dan diklaim, dengan mesin model ini, Civic mampu menelurkan daya 120 dk. Yang ngagetin nih ya, ternyata saat diluncurkan, harga Civic Genio justru lebih mahal lho dari Civic Estilo, yakni Rp. 68juta untuk model Genio, dan Rp. 61juta untuk versi Estillo. Duuuhh! Dan waktu itu, Honda Estillo ini gak banyak diminati orang Indonesia. Duuuhh.....

Pada tahun 1993, si Estillo ini ternyata cukup banyak membuat kesuksesan di dunia balap frends. Hal itu yang semakin membuat konsumen semaki melirik si hatchback sexy ini. Nah, untuk varian tahun 1993 ini, Honda melakukan sedikit pembaharuan di sektor joknya yang sudah memiliki lumbar support.

Di tahun 1994, si sexy ini mendapatkan beberapa penyegaran di sektor lampu-lampu nih frends. yaa macem peremajaan gitu. Nah, untuk sektor velg, si estilo ini juga mengalami perubahan, dari yang tadinya palang 5, di tahun 1995 ini, velg si sexy ini berubah jadi model kipas dengan jari-jari banyak. Nah, waktu itu, rubahan ini sedikit dikritik nih frends. Ternyata bukan gue doang yang ak suka ubahan ini. hihihihi

Nah, di tahun terakhir produksinya yaitu di tahun 1995, si sexy ini kembali mengalami perubahan. Kali ini, si sexy ini mendapatkan radiator 2 ply yang diklaim mampui mereduksi mesin yang sering overheat. Iya banget nih, pengalaman banget gue di Genio tuwir yang radiatornya 1 ply, kalo macet mesti deh overheat. hufh.

Nah, dibawah ini nih ada Tips n Trik Beli Honda Estillo Bekas, langsung aja lah...

1. Mesin, Timing Belt dan Puli Kruk As jadi terpenting di cek
mesin ini sektor paling penting yang harus dicek sob via : nicepict.win
Nah, untuk sektor ini, lo harus hati-hati banget frends. Karena jaman sekarang emang agak susah nyari estillo dengan kondisi mesin yang masih original. Kebanyakan orang sudah melakukan engine swap. Ini sih gampang aja ngeceknya. Cek aja nomor rangka n nomor mesin yang tertera di BPKB dan STNK. Beres. Dan walaupun masih original, lu juga harus ngecek yang bener ya frends. Kalo emang ragu, bawa aja montir kepercayaan lo buat ngecek. Terutama di sektor timing belt, tanya aja kapan terakhir ganti. Dan menurut beberapa sumber, puli kruk as si estilo ini punya umur yang gak panjang, nah, kalo ini pecah dijalan, udah deh, satu-satunya jalan cuma ngederek mobil lo ke bengkel terdekat. Udalaaah cuman modal nasi padang pake rendang buat si montir, lo udah terhindar dari beli mobil yang salah.

2. Interior, pastikan originalitasnya n fungsionalitas panel instrumen
interiornya sporty abiss! via : images.google.com
Berhubung mobil tua, lo juga harus hati-hati soal interior. Yaa walaupun ga pengaruh-pengaruh amat sih, tapi kalo lo dapet yang masih dala kondisi original kan enak frends. Liat juga, joknya masih original atau nggak, kalo sarung joknya aja sih wajar lah, udah lebih dari 20 taon soalnya. Yang pasti sih lo harus cek kelengkapan interiornya dan juga panel instrumennya, masih berfungsi atau nggak.

3. Exterior/Body, kaca belakang harus diperhatiin!
Astaga sexy nyaaaa via : cargurus.com
Body ini juga harus dicek mendetail. Penyakit Honda nomer 1 menurut gue yaitu karat dan sealer kaca yang gampang 'mledug'. Gak terkecuali si sexy ini lho. Cek sektor ini dengan teliti, gak usah ragu buat ngangkat karpet bawah mobil buat ngecek keropos nggaknya dasar kabin. Ya walaupun kebanyakan mobil honda itu gampang berkarat, lo bisa maklum sih, asal jangan sampe berkarat dibagian yang vital, apalagi bagian yang menyangkut soal safety driving. Kaca juga jadi hal penting yang harus diek, pastikan gak ada yang retak apalagi pecah, terutama kaca belakang coy. Karena ini mobil minoritas, untuk part kaca belakang masih harus di import dari jepun dengan harga yang tentunya gak murah lho. Harus diperhatiin bener nih makanya. Cek juga kemulusan bodynya, pernah nabrak atau nggak.

4. Kaki-kaki, pastiin di empunya rajin ngecek
via bosmobil.com
Nah, si Honda ini juga terkenal dengan kalimat "kaki-kaki yang lemah". Ini juga harus lo cek brader, supaya lebih aman. Tapi sih untuk sektor ini emang wajib banget di cek, selain karena umur yang udah lama, tapi namanya kaki-kaki ya, tetep aja harus dicek rutin. Pastikan mobil yang mau lo pinang juga belum pernah diceperin. Karena estillo ini identik banget sama anak muda yang doyannya nyeper-nyeperin mobil frends. Sekali mobil diceperin abis, udah pasti susah banget buat balik ke kondisi normal. Kalo untuk ini, tanya langsung aja sama yang punya, kalo gak mau ngaku, bawa taser aja. Kalo ngibul, setrum aja gitu ampe jujur.

5. Kelengkapan surat, pastiin nosin n noka cocok!
nih buku suci, via tribunnews.com
Kaya gue bilang di poin 1, banyak banget estilo yang kondisinya udah ga standar, alisa udah banyak juga yang dimodifikasi, pastikan surat menyurat mobil ini jelas. Terutama di sektor nomor rangka dan nomor mesin harus cocok di STNK dan BPKBnya.

6. Riwayat, zona kongkow sama si owner...
kongkow yang mesra biar dimurahin, via : gaebler.com

Kalo ini lo bisa akrab-akraban sama si empunya. Soalnya disini lo dipaksa utnuk bertanya soal riwayat mobil ini. Servisnya dimana, ganti olinya kapan, dan lain-lain lah. Akrab-akrab aja, percaya sama gue, gak bakalan di gigit kok. Udah pasti si empunya sebelumnya dengan senang hati ngasih advice-advice seputar mobil yang mau lo bayarin itu.

Ini pedoman buat gue juga nih, semoga ajaaa ada orang baik hati ngejual mobil Honda Estilo orisininal ke gue. Doain yaaah kakaaak.....Amiiin....

Naaah, kalo menurut gue, kenapa si sexy ini mahal, karena si estilo ini banyak banget dipake buat ajang balap, bahkan di beberapa game juga, si estillo ini ada lho. Makanya mahal....hih....

Nyaaak beliin Estilo Nyaaaaak!! hahaha....

Correct Me If I'm Wrong...

gw_nugros

4 comments:

  1. Wah gua juga dari jaman SMP smpe skrg masih naksir banget sama si Honda yang satu ini.. klo ketemu d jalan pasti gua liatin, walau di sebelahnya mobil yg lebih muda!
    tapi ternyata masih mahal bingitz yak bro.... T_T
    semoga suatu hari kita kesampean beli Estillo ini! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi sob, modelnya itu loh timeless banget ya.... kalo ketemu dijalan, masi suka ngeliatin histeris gua sob... hahaha..... Amiiiiinn..... :D

      Delete
  2. Ahhh gua mah kakaknya juga gapapa deh...nouva. Muahal euy yg estillo mah...mudah-mudahan cepet kebeli...

    ReplyDelete
  3. Mantap sekali nih tipsnya,.... sip.. cocok untuk yang ingin membeli mobil honda bekas khususnya estilo

    izin promosi web sob, saya punya web untuk jual mobil honda di jakarta. Terimakasih... semoga sukses

    ReplyDelete