Cokelat sebagai penghilang BETE


Cokelat, ahli patologi bilang, cokelat itu banyak manfaatnya, karena apa? karena cokelat itu dibikin dari biji kakao, FYI, kakao itu banyak mengandung senyawa yg namanya flavonoid, bukan, bukan flavon yang dipake buat atep ya, tapi senyawa flavonoid yang biasa di temuin juga di daun teh. Tumbuh-tumbuhan mensintesis senyawa yang bisa larut dalam air ini dari asam amino phenylalanine dan asetat.So, flavonoid bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menetralkan dari efek buruk radikal bebas.

Katanya, 1,5 ons batang dark chocolate, itu mengandung 800mg anti oksidan loh, yang setara sama 1 cangkir teh hitam. N nowadays, flavonoid n senyawa2 itu tuh penting bagi kesehatan. Subhanallah...Gak salah juga gue suka makan cokelat. N gak cuma itu frend, selain cokelat mengandung flavonoid, cokelat juga mengandung bayi 18 bulan yang gak lahir2, #eh... Bukan bukan itu!
Mengandung senyawa theobromine, apaan tuh? theobromine itu senyawa alkaloid yang bersifat stimultan ringan yg bisa menstimulasi sel saraf, so, bisa menimbulkan perasaan bersemangat dan segar. Nah yang ekrennya lagi, theobromine juga dipercaya punya Mood Elevating Effects. WOWW!! Subhanallah....Senyawa2 itu bisa mendorong tubuh buat ngeluarin senyawa lain yang bisa munculin perasaan nyaman, dan bisa juga secara ringan mengurangi stres. Pantes ya kadang kalo gue lagi bete, makan cokelat kadang mood gue bisa pulih....Alhamdulillah nambah ilmu lagi...

Oh iya, barusan gue browse di inet, ada tuh beberapa jenis cokelat dan manfaatnya, kayanya boleh banget tuh gw masukin sini, oke, gak pake lama, ini dia beberapa jenis cokelat n manfaatnya :


1. Couverture
Couverture adalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan. Sebelum digunakan, cokelat jenis ini melalui proses temper (dilelehkan) terlebih dahulu.
ini nih yg namanya couverture

2. Cokelat tawar
Cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Persentase massa kakao bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya.

ini nih cokelat tawar

3. Cokelat susu
Jenis cokelat yang satu ini merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Cokelat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakaonya cukup rendah, hanya 20 persen dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat tawar.

Cokelat satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis. Kandungan susunya membuat rasa menjadi lebih lembut. Jika Anda hendak membuat kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan. 


ini milk chocolate, gue kurang doyan...


4. Cokelat putih
Cokelat yang umumnya berwarna putih ini tidak mengandung massa kakao yang tinggi. Selain dikonsumsi langsung, cokelat putih kerap digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak secara hati-hati.

nih cokelat yang gak coklat...


5. Kakao
Produk cokelat satu ini terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Bisa didapati di warung-warung sekitar tempat tinggal Anda.

cokelat bubuk


6. Cokelat cair
Cokelat cair merupakan produk minuman yang mengandung massa kakao dan mengandung kadar gula tinggi. Kadar gulanya, disebut-sebut sebagai biang keladi meningkatnya berat badan.

saddaaapppp....hahaha

HUAAAHHHH....gilaa daahh...jadi pengeen neehh...jujur aja, gue nih chocolate lover banget....Cuma, gak semua cokelat gue suka, dan lidah gue udah gue biasain buat sensitif, gue kurang suka sama cokelat susu ato bahasa bulenya milk chocolate, gue cuma suka sama dark chocolate, kenapa? kandungan susu di dark chocolate itu sedikit, emang sih rasanya agak pahit, tapi gue suka banget, kenapa? rasanya cokelaaattt banget...kalo gak makan cokelat masak batangan, gue biasanya suka sama dark chocolate keluaran silverqueen. Itu juga cukup buat ngedongkrak mood gue kalo lagi suntuk dan BT. hahaha...N karena udah kebiasaan, 1 minggu itu wajib ada 1 cokelat, kalo gak, ngerasa ada yang kurang aja gitu, ya mungki karena dulu gue, beli hampir tiap hari sih. N sekarang lagi ngurangin aja, bukannya apa2, selaen boros, berat badan gue mulai ga bisa dikontrol, emang sih cokelat bisa juga bantu nurunin berat badan n menjaga kesehatan jantung, tapi, kan mesti juga diiringin sama olahraga yagn teratur, ini nih yg gue males...muehehehe...Bodo amat lah, ntar malem beli ahh...hahahahaha


CMIIW, gw_nugros





0 caci maki:

Post a Comment