IDEALISME MEMUAKKAN


akibat orang tua idealis,

malem ini, gue blom ngantuk, masih iseng pengen nulis2, malem ini gue pengen banget sharre soal orang tua yang idealis yang menurut gue sih memuakkan...

so tau banget sih gue nulis beginian? bukan sok tau, gue cuma pengen share...

ya ini berawal dari suatu sore jam pulang kantor, ya dimana matahari juga udah males bersinar hari itu karena kecapean karena bersinar seharian suntuk...

sore itu, gue ngeboncengin temen kantor gue, ya dia udah berumur, hampir setengah abad, udah punya 2 anak perempuan...





awalnya sih gue enjoy aja, karena emang udah biasa beliau nebeng sama gue karena kebetulan rumah doi searah sama rumah orang tua gue....

sewaktu di jalan, dia cerita sama gue gini, "gros, saya lagi pusing banget, hancur harapan saya gros, dikantor kerjaan saya juga runyam, bener2 saya gak ada semangat hidup"

Gue mikir sejenak, kenapa nih bapa2? asumsi pertama gue, mungkin gak si dia ngalamin hal yang sama kaya marwan? masa iya dia gak dimaafin mawar? sebelum gue ngasih saran buat minta maaf lewat ayu ting ting, gue basa basi nanya, "masalah apa pak, ya kalo mau cerita ya cerita aja pak, siapa tau saya bisa kasih solusi", bener deh sore itu gue mario teguh banget...

Dia jawab, "nanti juga kamu tau lah gros...", What? Ntar juga gue tau? Jadi, selama ini gue paranormal? jadi selama ini gue punya indra ke enam? Oh God, kenapa mesti orang lain yang sadar duluan?

Well, semua balik ke pesoalan, gue masih bertanya2, gue bisa dapet petunjuk darimana nih kalo begini? gue bener2 buntu...

Gue cuma bilang, "yaudah pak, ga usah terlalu difikirin, kondisi bapak juga blm sehat betul, jadiin semua semangat buat hidup n buat terus mencar nafkah pak, jgn terlalu berlarut"

Dan beliau mulai mewek bombay, "Anak nomor 2 saya gros, yang perempuan, haduuhh ampun deh grooooss..."

Gue makin bingung, gue panik, kenapa anak perempuannya? Apa dia memutuskan buat jadi cowo? ato bapaknya baru nyadar kalo ternyata anaknya transgender?

Gue gambling, asumsi gue, ya ini asumsi gue, anaknya itu "hamil diluar nikah!"

gue masih diem aja, belom berani mencetuskan, ya gue biarkan aktu yang akan memberitahu gue(iya ini gue lagi kesurupan kahlil gibran)

gue menenangkan beliau, "Wah pak tenang, jangan terbawa emosi, ini masih dijalan, bapak ceritain aja pak sama saya biar lebih tenang"

"Anak perempuan saya, bener2 mencoreng nama baik keluarga gros..."

DEGGGHHH!!

bener dugaan gue....

SIAL!

Kenapa bisa kejadian sama temen gue?

Sesusah itukah menjaga arti sebuah keperawanan?

Gue miris dengernya....

Gue masih belom berani nyeplosin, masih diem aja dan coba ngasih semangat,

dia bilang, "anak yang saya didik jadi orang baik, tapi sekarang, hancur harapan saya gross..."

oke, sebelom gue nyanyiin hancur hatikunya olga syahputra yang ngondek itu, untung udah sampe dirumah dia...

Jadi gini, dari semua obrolan yang ada, dari curahan hatinya ke gue, gue bisa nangkep sebuah kesimpulan...

Awalnya, bapak ini terlalu "IDEALIS" terhadap anak, menuntut anak untuk begini dan begitu, dan si anak berontak, dan jadilah kaya gitu...mungkin karena merasa terlalu di kekang oleh orang tua....Oke, gue mulai sok sokan kak seto, itu tuh pemerhati anak yang gaya rambutnya mirip justin bieber, udah tau? ya kalo ga tau, ga usah nyari tau, tar nyesel, gue aja nyesel....

Bapak ini melarang anaknya buat pacaran dan terlalu banyak aturan....

"IDEALIS" ya, itu kata yang tepat...

Saat kita udah beranjak remaja, ya gue juga ngerasain dan sekarang juga gue masih dalam proses menuju pendewasaan...

Saat itu kita dalam proses pencarian jati diri, ya walaupun gue bingung dimana ada yang buang jati diri...

Penasaran kita itu semakin besar ketika kita sebut aja sih ABEGE, ABEGE LABIL!

tapi, masa itu sangat menentukan untuk kepribadian kita selanjutnya...bener2 berpengaruh...

Kebanyakan ortu sih ya lebih protektif dalam menyikapi anaknya ini..

Contoh gini,

- Kamu harus jadi dokter seperti papa, padahal otak anaknya itu lebih condong ke arah otomotif
- Kamu harus jadi pengusaha seperti papa, padahal anaknya lebih pengen jadi guru

Ya, lo sendiri jgua sering lah nemuin hal yang kaya begitu...

DAn yang kaya gini nih yang bikin gue muak, ya, muak....

Kita emang dianjurin banget buat dengerin apa kata orang tua, tapi wktu kita beranjak dewasa, ya remaja, kita bisa menelusuri apa bakan yang kita punya, ya orang tua kan gak pernah tau kita di luaran, orang tua kan gak tau kita yang sebenernya...

Mereka kan paling cuma denger kata2 temen2nya, yang bilang ini bagus, itu bagus, padahal, BELOM TENTU BRADEEEEEERRRRRR!!!!!!!

semua tergantung anaknya....

Satu waktu gue pernah ngobrol sama temen bokap gue, ya, dengan amat sangat sombong dan angkuhnya dia nanya gue, waktu itu gue pulang kantor

Terjadi percakapan yang kaya gini,

"Loh, darimana? rapi banget? Kerja atau kuliah?"
"Baru pulang kerja pak.."
"Kerja dimana? Kantoran ya?"
"Alhamdulillah iya pak, saya kerja di ******* "
"Gajinya berapa disitu?"
Gue mulai males, "Ya, cukup lah buat saya pak, yang penting gak minta sama ortu, hehehe"
"Anak saya juga kemaren kerja di PT ******* gajinya 3juta sebulan, padahal lulusan SMA, saya suruh keluar, saya suruh dia kuliah, di tempat mahal, di ******* " (gue mulai pengen peres jeruk nipis di biji matanya)
"Oh gitu ya pak...bagus dong", dalam hal ini, gue sama anak orang tua ini temenan
"Iya, kamu kuliah gak?"
"Kuliah malam pak, pagi kerja, malam kuliah"
"Kuliah dimana?"
"Di ******* "
"Oooh, itu kan gak bagus, kenapa disitu? levelnya kan rendah..."
gue cuman bisa senyum aja...
"Semesteran berapa?"
"Sejuta dua ratus pak(ini udah gue lebihin 20ribu)"
"Murah banget ya, wah anak saya kemaren kuliah pendaftaran masuk habis 25juta, persemester 8juta, tempat elit loh itu, saya yang suruh dia disana, biar jadi orang(anaknya sekarang jin iprit kali yak)" padahal sumpah demi apa aja, gue gak nanya....
"Waahh, mahal juga yah pak, kalo saya, cukup itu dana pendaftaran buat biayain saya sampe lulus,hehehe"
gue sepik2 ada telepon, dan gue selamet..

gue tau banget siapa anaknya, ya anaknya itu lebih suka otomotif, tapi dipaksa sama bapaknya buat jadi ahli IT...

hahahaha....IDEALIS itu merepotkan....

Kita yang punya kehidupan, kita yang punya tanggung jawab sama hidup kita, orang tua itu kan cuma berdo'a dan kasih pengarahan, ya emang gak ada salahnya sih kalo ortu kasih saran, tapi gak berarti maksa kan? Lo, Gue, pasti bisa nemuin siapa jati diri kita masing-masing, ya orang tua emang harus dihormatin, tapi, saat keputusan orang tua gak sesuai kehendak hati kita, boleh banget tuh buat kita share ke orang tua kita, kasih tau orang tua kit atentang minat kita, ya syukur2 mereka ngerti, tapi apa salahnya dicoba?? ya kan? yaa...asal jangan pake emosi aja....batu juga terkikis kok kok kalo dilawan sama air...jadi air aja deh yang selalu bisa mendinginkan masalah....

Inget kata mantan gue, "Just let it flow like the water on the river, karena air selalu bisa mencari celah untuk jalan keluar, sekalipun kumpulan batu menghadangnya, suatu saat, dia pasti bisa merembes menembusnya..."

yang penting, jadi diri sendiri aja lah...


malam friends:-)


Wassalam...

gw_nugros








0 caci maki:

Post a Comment