Nih! Sebab-Akibat Buat Lo Yang Demen Banget Masuk Mobil Langsung Nyalain AC

Belakangan, cuaca di Indonesia khususnya di Jakarta emang lagi gak bersahabat banget ya frend, bukan karena hujan, tapi panas yang amat sangat menyangat juga bisa mulai mengganggu aktifitas kita nih... Kebayang kan, dengan panas yang sering mencapai angka 35 derajat, pastinya bikin mager mau ngapa-ngapain frends. Apalagi buat lo yang emang kerja pake mobil diluar ruangan, pasti merasakan panas di mobil lo.

Well, as we know, Indonesia emang termasuk ke dalam negara beriklim tropis nih frends, apalagi beberapa bulan ini, Indonesia kena dampak dario fenomena alam El Nino yang menyebabkan jarangnya atau menurunnya curah hujan yang signifikan, dan panasnya yang luar biasa dahsyat di siang hari. 



Nah, khusus untuk lo yang sering banget wara wiri pake mobil apalagi siang-siang, emang kayaknya enak banget yaaa kalo kita lagi kepanasan, langsung masuk mobil, putar kunci, dan nyalain AC, pasti deh bisa ademmm luar dalem. Tapi tau gak sih frends kalo ternyata paparan angin AC itu gak baik kalo langsung dinyalain yang bahkan bisa menyebabkan kanker? 

Awalnya gue juga ngeles, karena gue termasuk yang sering banget ngelakuin itu, masa iya sih???

Seperti nugros kutip dari livescience, penelitian mengungkap fakta mengejutkan, ternyata radiasi sinar matahari bisa menyebabkan reaksi kimia antara material plastik loh. Seperti kita tau, mobil-mobil modern sekarang, kebanyakan menggunakan material plastik. Bahkan untuk model vios, mereka menggunakan ornamen jait-jaitan palsu yang juga berasal dari plastik. Nah loh. bukan cuma plastik frends, pengharus ruangan dan juga bahan yang umumnya berada di kabin juga bisa menimbulkan reaksi lain apabila terpapar sinar matahari langsung lho. Umunya bahan-bahan tersebut menimbulkan zat baru bila terpapar sinar matahari, cntohnya benzena, racun yang bisa menyebabkan penyakit kanker karena sifatnya yang karsinogen. Widiih

Bukan cuma itu loh frends, benzena juga diketahui bisa meracuni tulang-tulang di dalam tubuh lho. Dan dalam kadar tertentu, benzena juga bisa menyebabkan anemia dan menurunnya sel darah putih, so buat kalian yang sering terpapar zat ini, kemungkinan besar bisa terkena penyakit leukimia atau kanker darah. Lah kok ngeri banget yaaa.... Apalagi untuk ibu hamil, amat sangat tidak dianjurkan untuk menyalakan AC dalam keadaan panas nih frends, karena, benzena dalam tingkat ini juga bisa menyebabkan keguguran loh!! Astagaaa....

Umumnya, mobil yang diparkir di dalam ruangan dengan kondisi kaca tertutup rapat bisa menghasilkan 400-800mg benzena. Tapi, apabila diparkir di luar ruangan yang notabene terpapar langsung sinar matahari, tingkat kandungan benzena ini akan semakin tinggi, bahkan bisa mencapai 10 kali lipat mencapai 2000 hingga 4000 miligram! 40 kali lebih besar dari batas toleransi benzena yang masih dapat diterima manusia yang hanya bisa menerima sekitar 500mg.

Naah, buat lo yang sering banget atau udah kebiasaan naik mobil dan langsung nyalain AC, yaa mau gak mau lo juga menghirup racun yang terkandung di dalam mobil lo frends. Emang siih, gak langsung pas nyalain AC panas-panas lantas bikin lo kelojotan di tempat, tapi efek ini jangka panjang frends. Tapi dalam berbagai kondisi tertentu, ada juga loh yang bisa nimbulin rasa pusing dan mual yang luar biasa setelah terpapar udara AC karena langsung menyalakan AC selagi panas. 

Nah, untuk ini, gue sering banget ngalamin frends, terutama kalo lagi naik mobil sekelas avanza,xenia, inova yang notabene pirantinya mostly terbuat dari plastik. Bahkan dulu, sewaktu pake mobil kantor, gue sukses muntah di kantor pajak karena bener-bener mual nyium bau plastik kecampur sinar matahari dan juga udara AC. fiuuh....

tuh plastik semua tuh... via : autobild.co.id
Tapi, yang namanya masalah, selalu ada jalan keluar ataqu solusi yang bisa lo tempuh buat ngurangin efek si benzena ini frends, dan gak terlalu sulit juga kok. Cuma emang, perlu yang namanya pembiasaan nih frends. Apa aja caranya, nih dibawah :



  1. Lo bisa parkir mobil lo di tempat yang teduh, bisa dibawah pohon atau diparkiran beratap, atau di garasi, asal jangan dibawah lindungan kakbah ya coy, karena di film itu Laudya Chintya Bella cantik banget.... (lah apaan sik)
  2. Biasain buat jangan langsung nyalain AC dan langsung jalan, kecuali emang lo diuber banci ngamen atau diuber boneka-boneka dajjal yg banyak ngamen di lampu merah.
  3. Kalo buat bikin kabin adem, usahain, nyalain mobil, buka kacanya dikit, nyalain AC, trus lo ngobrol dulu deh sama satpam 5-10menit, selain mungkin bisa dapet inspirasi baru (atau tukeran batu cincin), lo juga bisa terhindar dari benzena frends.
  4. Tutupin dashboard mobil lo dengan bahan kain lembut yang bisa memantulkan panas, sajadah misalnya, selain bisa bikin lo terlihat agamis, sajadah juga mampu memantulkan panas yang bisa mengurangi panas matahari ke dashboard mobil lo, apalagi gantungan tulisan arab di spion tengah, pasti lo bakal dipanggil Pak Haji!
  5. Kalo emang harus start n go banget, usahain setelah masuk mobil, buka kaca lebar-lebar, supaya sirkulasi udara bisa leluasa masuk mobil lo, dan setelah 5-10 menit, baru deh nyalain ACnya. Semua sehat, semua bahagia.
Naah, kira-kira gitu frends advice yang sangat sederhana tapi mungkin bermanfaat buat lo, dari gue. Tapi sih ini juga nasehat buat gue juga sih. Lebih tepatnya mungkin gue ngomong. Nugros berwasiat kepada jamaah umumnya dan khususnya kepada diri nugros sendiri. Tapi kok malah kayak lagi khotbah jum'at ya.

Dengan cara yang simpel, gratis, dan gak banyak kata, bisa banget ngindarin lo dari terpapar benzena yang tentunya bisa bikin kesehatan lo memburuk. Yang mungkin kalo udah terpapar, pastinya lo harus merogoh kocek sangat dalam buat bantu proses penyembuhannya. Jangan sampe de yah, amit-amiit...

Makanya yuk mulai sekarang, Jangan Langsung Menyalakan AC Mobil Ketika Panas ya frends, kalo buakan kita, siapa lagi, dengan melindungi diri kita sendiri, kita juga bisa membantu melindungi orang-orang yang kita sayangi... kok jadi mengharukan gini ya...

Pokoknya, hidup sehat gak harus susah kok, cukup dari cara yang simpel ajah, nih kayak teteh Kate Upton yang lagi nungguin mobilnya adem juga... hihihi

nunggu ngademin mobil, via : nydailynews.com
Oke, tanpa maksud ngajarin, gue cuma pengen berbagi hal yang mungkin bisa bermanfaat buat lo semua frends. Ambil yang positifnya, sorry kalo ada salah sepik :)

Correct Me If I'm Wrong, Nugros Mah Apah Atuh...

Sukses Selalu Frends :)

gw_nugros

3 comments:

  1. thankyou inpoh nya om....salam Giant....belanja yuukk ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahahahaha ada mbah willys euy, salim sungkem sama mbah.... :p

      Delete
  2. wah ente bagi tips dengan bahasa yang kocak gan jadi betah main ke blog ente

    ReplyDelete