Tipe Peletakkan Mesin Mobil, Mustang Pernah Bikin Mid Engine Loh!

Well, hello world... Ketemu gue lagi di kesempatan yang berbeda, dan keadaan yang berbeda. Kayaknya bakalan gue tulis di post sendiri deh.

Hal terpenting banget yang harus lo tau tentang mustang adalah, ternyata mustang pernah ngeluarin varian rear engine loh... Gue selaku pecinta mustang juga rada kaget, yang bener??

Eh sebelomnya, kok lo sotoy banget sih ngomongin mid engine mid engine segala, emang ngerti lu gros?
Naah, sebenernya, Mustang cuma intermezo aja sih frend, gue selaku budak kepo, udah pasti tergetlitik banget buat tau, apa sih itu mid engine, front engine, rear engine. Apa iya cuma beda peletakan aja? Atau ada maksud lain? Atau jangan-jangan....


Well, jujur aja, dulu waktu jaman masih ingus dilapin ortu, yang gue tau semua mesin mobil sedan itu adanya di depan, dan minibus tanpa moncong itu, mesinnya dibawah. Tapi seiring berjalannya waktu, ingus pun udah gak dilapin ortu, tapi "ingus" dilapin pacar. Gue mulai tau, ternyata gak semua mobil mesinnya di depan, even, moncong depannya panjang sekalipun.

Nih mustang rear engine, detil bisa diliat disini
Well, coba ah sok ngejelasin disini soal peletakkan mesin mobil gapapa dong :)

1. Front Engine
Naah, ini mesin di depan, agak sangar sih kalo ini mah...
Dalam bahasa inggris, Front berarti depan, dan Engine, berarti mesin. Berarti mesin yang letaknya di depan. Ini adalah letak mesin yang paling common atawa peletakkan mesin yang paling umum banget. Mostly mobil bermoncong, pasti punya mesin di depan. Bukan dipangkuan juga tapi yah, cukup pacar aja yang dipangkuan, ngadep ke belakang. Hey!

Menurut wikipedia, Front Engine is the placement of an automobile engine in front of the vehicle passenger compartment. Yang mana artinya, mesin yang berada di depan kabin penumpang. Dan yang mana, nenek-nenek berak salto juga tau artinya. Dan kenapa gue mesti nyari? *Bhay

Kalo dikutip dari ototainment.com, keuntungan mesin mobil didepan diantaranya :
  • Lebih mudah mendapatkan suhu optimum untuk mesin, karena mesin berhadapan langsung sama udara segar yang di terjang laju mobil yang pastinya dari depan, karena mobilnya maju, nggak mundur.
  • Jelas lebih aman, karena mesin bisa aja jadi tameng buat penumpang yang ada di kabin yang otomatis bisa banget nih menahan benturan yang datang dari arah depan.
Nah, disamping kelebihan, pasti ada kekurangan, kaya dimana ada langit, pasti ada bumi, *halah. Kekurangannya :
  • Berat mobil condong berada di depan
  • Terutama buat mobil yang mengusung mesin depan dengan penggerak belakang, umunya akan membuang tenaga lebih banyak 
  • Karena banyaknya instrumen yang disimpen di depan, otomatis, membatasi tingkat aerodinamika lah ya, karena gak mungkin di bikin banyak air scoop kalo ada mesin segede gambreng di depan. 
Nah, gak heran kan, kalo kebanyakan mobil jaman sekarang, pastinya punya mesin di depan dengan penggerak roda depan :)

2. Mid Engine 
Nih mid engine, kebayang kjan gimana ruwet n sempitnya via : auto-dude.com
Nah, beda dari front engine, yang meletakkan mesin di depan kap mobil, kalo mid engine, yaitu mesin mobil yang di pasang di antara sumbu roda depan dan roda belakang. Kayak yang dijelasin di wikipedia.com, "A mid-engine layout describes the placement of an automobile engine between the rear and front axles." Naah, contoh pengaplikasiannya yaitu di mobil-mobil minibus yang letak mesinnya dibawah jok mobil, di Indonesia sendiri ada banyak banget, mulai dari Grandmax, Luxio, APV, Estima, dan lain-lain.

Keuntungan tipe mesin ini yaitu :

  • Karena peletakkan di tengah, tentunya pembagian distribusi berat mobil lebih merata
  • Traksi dan pengendalian mobil juga jadi lebih baik
  • Penumpang menjadi lebih aman, soalnya kalo *amit-amit* terjadi kecelakaan dari depan, so, ruang kosong di antara bumper n mesin masih bisa menyerap energi benturan, jadi efek benturan sampai ke penumpang bisa di minimalisir. 
Kekurangan mesin tipe ini :
  • Perawatan mesin yang susah dijangkau, yaah terbukti deh, kalo mesin depan tinggal buka kap, nah kalo ini, kudu banget ngolong, atawa ngeliat kondisi mesin dari bawah, emang sih, umumnya mesin bisa diliat dari atas, tapi tetep aja, ruang ke mesinnya sempit banget, apalagi kalo badannya sexy chubby kek gue. Mending nyuruh bengkel dah. *nugros mah manja*

3. Rear Engine
Nih contoh aplikasi di VW Combi via : flickr.com
Well, sesuai namanyam, rear berarti belakang, udah pasti letak mesin adanya di belakang dong frends. pernah liat mesin VW Kodok lama? Naah, gue jamin lo gak bakalan nemuin mesin di kap depan selaen seonggok ban serep. Mostly, mobil-mobil sport mengusung mesin model ini, yah, sebut aja, Porsche 911 yang masih betah pake mesin jenis ini dari pertama dia keluar, padahal kalo diliat, bentukannya not really look like super car. Lamborghini juga pake mesin jenis ini, kebanyakan Ferrari juga. Pokoknya mobil-mobil kenceng banyak pake deh mesin ginian. Tapi jangan salah, bukan berarti Jepang gak ada loh. Bahkan dari mobil lamanya macem Toyota MR2, MRS itu pake mesin di belakang lho, Honda/Acura NSX juga. Lantas, apa sih keunggulan mesikn tipe ini? Nih :

  • Ruangan di mobil bisa diatur dengan lebih mudah demi tujuan aerodinamika
  • Dari segi industri, proses produksi mobil yang mengusung mesin belakang lebih gampang
  • Panas yang biasanya keluar dari mesin bisa diredam dengan optimal
  • Ruang kabin menjadi lebih hening bila dibandingkan dengan mobil yang dengan mesin di depan
  • Traksi atau tenaga yang dihasilkan terhadap jalan lebih tinggi
Kekurangan:
  • Karena kenceng, jadi pengendalian mobil pas di tikungan jadi agak susah, well, gue emang belom pernah bawa mobil mid engine, tapi kalo maen Gran Turismo, coba aja pake yang rear engine, kalo gak ngesot mulu.
  • Pendeteksian kerusakan mesin lebih susah
Naah, jadi intinya, mau dimanapun letak mesin, sesuaiin sama kebutuhan lo brader. Mau di depan, di belakang, atau tengah, terserah lo deh, yang penting masuk ke tujuan *eh

Oke, alhamdulillah nambah lagi ilmu gue.

CMIIW

gue_nugros

0 caci maki:

Post a Comment