Awas! Ini Akibatnya Kalo Tangki Kendaraan Sering Kosong

Halooo....Setelah berurusan dengan tangki motor lakik yang rawan banget kena karat n bisa banget nimbulin kebocoran akibat karat kemaren, seketika kepo berat. Soalnya denger-denger katanya tanki karatan n bocor itu karena jarang banget diisi bensin secara penuh, atau bensin motor sering kosong.

Masa iya sih?

Tapi make sense juga sih, kan besi kalo gak kena bensin, rentan banget kena karat, apalagi yang posisinya susah dijangkau macam tangki motor lakik nih frends.

Nah, kayak dilansir hipwee.com, ternyata emang banyak banget akibatnya kalo lo sering ngosongin tangki bensin lo nih brader.

Apa aja? Yuk simak apa aja sih Akibat Sering Mengosongkan Tangki Kendaraan :)


1. Tangki Sering Kosong? Siap-siap aja ngalamin Tangki Karatan
tambal tangki via : ridvanmau.com
Nah, ini gue sendiri ngalamin brader, terutama buat tangki motor lakik atau mtor sport. Wejangan orang tua jaman dulu yang bilang, "jangan sering-sering biarin motor kosong bensinnya" ternyata bener. Karena selaen motor gak bisa dipake karena gak ada bensinnya, ternyata, kekosongan bensin di tengki ini juga berpengaruh pada kondisi tangki itu sendiri brader. Tangki lo mulai mengeropos, berkarat, yang ujung-ujungnya bakal nimbulin lubang dari karat yang dihasilkan. Nah, kalo udah gitu, nambal tangki adalah satu-satunya jalan yang bisa ditempuh supaya gak bocor lagi. Tapi kalo mau lebih joss, ya beli aja tangki baru, dan jangan ulangi lagi yaa sering ngosongin tangki, kan sayang duitnya 500 ribu bisa buat neraktir gue. *eh

2. Jangan Kaget kalo Bensin Motor Lo Gak Sebening Waktu Beli
Kotor banget kan..hiks.. via : spannerhead.com
Nah, tangki yang kosong dan bensin yang sedikit, udah pasti uap-uap yang keluar dari bensin di ruang kosong tangki, bakalan mengikis kotoran-kotoran yang dihasilkan karat yang muncul di tangki. Nah, kebayang dong kalo bensin kecampur sama kotoran-kotoran karat gituan? Udah capek-capek beli bensin murni, eh malah kecampur. Mending iya kalo kecampur minyak tanah dikit, lah ini, kecampuran kotoran frends. Berasa lo minum bekas kobokan, ya gak? Kesian.. *pukpuk

3. Fuel Pump Udah Pasti Bermasalah 
Ini yang namanya Fuel Pump via : www.aa1car.com
Di tangki, ada alat yang namanya Fuel Pump, itu loh, semacem alat yang fungsinya mendistribusikan bensin ke seluruh mesin motor lo brader. Nah, kalo bensin lo udah gak murni karena kecampur kerak di tangki, kebayang dong bagian ini gimana. Jadi bukan indikator yang error n tangki yang bocor nih. Lo masih harus berurusan sama Fuel Pump yang notabene ibarat urat nadi yang ngalirin bensin ke mesin motor atau mobil lo frends. Duh... *tepok jidat raisa*

4. Karburator Macet? Gak Usah Ragu Lagi, Udah Pasti!

Apalagi kalo karbunya sebanyak ini seetdah... via : bikerhotline.com
Kalo dari Bensin aja udah bekerak, bukan cuma fuel pump yang bermasalah, tapi bensin kotor yang ngalir ke karburator yang notabene fungsinya ngatur bensin n udara yang masuk ke mesin udah pasti bermasalah. Dulu, gue pernah nemuin masalah kaya ginian. Kejadian di Suzuki Thunder jaitan taun 2005. Motor lama gak dipake dengan tangki bensin yang kosong. Begitu gue isi bensin, nyala sih, gak lama ngadet. Yang ternyata karburatornya kamasukan kerak bensin. Alhasil, gue beliin baru tuh karburator, untung masih ada yang jokul. Kalo gak ada ya amsyong, karburator kan ibarat paru-parunya motor bro.

5. Siap-siap aja Dompet Jebol
Tepok jidad.. via : www.robertlanzabiocentrism.com
Nah, cuma gegara jarang ngisi bensin penuh yang kadang gak seberapa. Selaen lo harus terus-terusan ngisi bensin karena gak awet, lo juga harus ngeluarin biaya ekstra buat servis tunggangan kesayangan lo kan. Ih nggak banget lah ya.


Nah, sekian dari gue frends, kalo gue pribadi, ngomong gini bukan karena asal ngomong, tapi gue ngerasain sendiri gimana susahnya nambal tangki motor ato mobil. Repot. Iya kalo bisa di tambal, kalo nggak? Mau gak mau beli tangki baru. Iya kalo cuma tangki, kalo merembet ke karburator? Ke ruang mesin? Ngilu bayanginnya euy.

However, tunggangan lo, even bukan manusia, tapi mereka punya perasaan sama halnya manusia yang kudu musti dirawat frends. Jadi, motor atau mobil lo juga kadang butuh banget diperhatiin. Ya gak lebay dengan bawa doski ke pelaminan juga sih. Tapi cukup di servis rutin, ganti oli jangan ampe klewat buat motor 4 tak, n jangan lupa beli oli samping jangan sampe nunggu abis buat motor 2 tak. Dan inget, beli bensin jangan dikit-dikit yaa...

Rumusnya simpel, lo cukup beli full tank sekali, misal motor laki 15 Liter, cuma keliatan gede didepan doang kok, ke depannya, lo beli ceban noban doang juga gapapa, asalkan jangan sampe diabisin total. Dengan gitu, lo bisa bebas dari jeratan servis motor gegara kerak bensin kan frends :)

Be a smart rider/driver yaah ^_^

Correct Me If I'm Wrong

gue_nugros






0 caci maki:

Post a Comment