KEARIFAN LOKAL UJUNG GENTENG



ini ada di draft udah semingguan, gue tulis tanggal 20 Mei, dan ini diposting dalam keadaan blom selesai, debu dimana2, dan sedikit lumutan...yang penting diposting dulu...cekidot lah...

HOAHM....kretek kretek...masih kerasa deh gimana capenya perjalanan kemaren, tapi itu keren, gue seneng aja sih...

Rencana absurd, haha....

Ya, kita rencana maen ke bogor....Kita disini bisa disimpulkan, cuma dan hanya gue dan temen gue yang udah gak berkumis itu...kita cuma berdua...

Why? gue ga suka orang ribet, jalan ya jalan, kalo gue lagi mood juga sih, dan satu lagi, SEMESTA MENDUKUNG!

kadang ada aja sih, ya namanya juga rencana ya, terutama kalo emang semesta gak mendukung, susah juga sih, ya ada lah beberapa rencana gue yang gagal cuma karena semesta gak mendukung...Ya, ambil itu sebagai pembelajaran aja lah...


Oke, gue gak mau panjang lebar, karena badan gue panjang, gak lebar...huahahaha....

Oke, sambil gue dengerin The Glory of Love dari New Found Glory, mau gue ceritain soal trip gue kemaren ke Sukabumi, tepatnya ke ujung genteng bareng temen gue dan megapronya...

Awal bulan mei, gue berencana ke bogor bareng temen gue itu, gue oke aja sih karena gue juga kan abis gajian tanggal 15 Mei kemaren, yaudah lah, ayo... Entah kenapa, kaya kurang puas gimana gitu kalo cuma ke bogor, Sekitaran senen kemaren gitu, muncul ide gila, gimana kao kita ke sawarna? Beuh!

Ya, belajar jadi low cost traveler, tapi, sawarna? gue berencana kesana bulan oktober sama temen gue yang dari medan, gak enak lah kalo gue duluan kesana, kita berhenti dan berfikir, so gak berapa lama, kita berdua sepakat buat ke ujung genteng, okeh, tanpa protes, tanpa manja, tanpa basa basi, gue okein aja lah! SIIPPP!!

mood mengalahkan semuanya, walaupun kondisi gue lagi agak flu, batuk, pilek, dan sebagainya, karena mood n passion gue lagi bagus banget, semua kalah!! haha...

sekarang lagi playing Shall We Live For Moneynya Sandhy Sondoro, gue pengen bilang, "kita jalan bukan buang buang duit", itu yang ada di fikiran gue saat itu...

Gue optimis banget...

Temen gue itu lagi ada di titik bokek yang amat sangat akut sekali, kenapa? ya beberapa problem baru aja menimpa keluarganya, tapi ya Alhamdulillah, semua bisa teratasi...karena berbau finansial, jujur, selaen do'a, gue ga bisa berbuat banyak...yaudah, biar bisa bantu ngeringanin, gue ajak jalan aja lah...gue semangat buat this trip...gue tau betapa stressnya tuh anak...hahaha...

Sebelom jalan doi bilang, "dut, duit gue berkurang nol 1 nih", gue bales, "maksud looo??" "iya, tadinya gocap, sekarang tinggal goceng!"

E busreng dreengg....gimana ini...Nah ini yang gue bilang semesta mendukung, kenapa? tanggal 15 itu tanggal gue buat ngambil nyawa gue buat 2 minggu ke depan n juga waktunya ngocok arisan, sepintas gue emang kedengeran kaya ibu-ibu komplek yang tukang gosip, ato tante2 desperate kesepian yang lagi arisan brondong. tapi, gue gak gitu!

Gue amat sangat berharap, supaya perjalanan ini jadi! harus jadi! gue berdoa supaya nama gue keluar dilintingan kertas kecil itu....

Karena gaji gue juga udah gak cukup...Pengen bantuin ngeringanin beban temen gue juga, dan nganterin silaturahmi ke rumah sodara2nya di Bogor...

Dan Alhamdulillah! nama gue keluar!!! HURRAAAYYYYY!!!! EUPHORIA deh gue! gue makin optimis!, gue BBM doi, "yaudah ayo kita jalan!"

insya Allah niat gue tulus sih, hahaha....Friends is everything buat gue....and I just want to keep'em forever....

hiks, mata gue berkaca-kaca **sial! siapa nih yang ngiris bawang disini**

Doi bbm, "gue dapet tambahan nih, jadi 25ribu buat beli bensin"

gue bales,

" Alhamdulillah, yaudah ayooo!!!"

Hahaha....

Bismillah, gue berangkat...

malemnya itu gue di BBMin soal apa aja yang mesti gue bawa...

- backpack (checked)
- jas ujan
- celana pendek
- kaos ganti
- sendal
- aqua botol gede
- roti sobek
- alat mandi
- kamera digital

Nah! kamera digital? gue gak punya! galau! sumpeh gue galau! iya juga ya, kita mesti banget abadiin semuanya...ini goresan sejarah yang bisa diceritain ke anak cucu, gimana kalo gak di dokumentasi? gawat!

gue berusaha buat nyari2 siapa yang punya tuh kamera, pinjem ke temen gue, gue sms ga dibales2 -_-" dalam hati gue "padahal gue cuma minjem kamera, bukan pinjem duit 10juta", tapi gue positif aja, biar hasil kesananya juga positif, "ah kali aja dia lagi sibuk di pabrik, lembur kali, ada over time kali, ato lagi ngencanin bosnya kali(apa itu positif?)", haha...gue cari ke yang lain, OKE! gue punya aset! wanita karir yang notabene mantan gue itu, kayanya dia punya tuh.. gue sms, "kamu punya kamera digital kan? aku pinjem boleh buat besok aku mau ke sukabumi?", "ada, boleh, tapi besok mau dipake buat bla bla bla bla bla bla bla bla". hahaha...sudahlah! gue mulai hopeless...gue kutak katik kontak di BBM gue, kira2 siapa ya yang punya kamera digital? pinjem sama temen kantor udah gak mungkin, karena gue berangkat pagi2 buta. Terpaku satu nama BBM, disitu ketulis tuh namanya "BUNDA", oke gue lurusin, doi bukan ibu suri di panti asuhan ato suster2 gereja, dia itu mantan wali kelas gue yang gue anggap kaka sendiri sekarang, "Bund, punya kamera digital? dipinjem boleh ga buat besok?", dia bales "Yaudah, boleh, tapi pake memory sendiri ya", YEAH!!! LIKE GOT SUNSHINE IN MY LIFE! hahaha....kalo emang masih boleh, gue udah jejingkrakan tuh diatas meja kantor! HAHAHAHAHA (ketawa binal)

gue BBM si kumis, "ga ada alesan buat kita ga jalan dude!"

FIXED! kita jalan jam 3 dia bilang...gue mikir, buset...jam 3? gue tau banget, jam jam pulangnya bencong tuh, SHIT! gimana kalo gue dijegat tuh bencong desperate yang gak kebagian om om? Duit gapapa sih, gimana kalo merenggut keperawanan gue? Oh Tidak!

Gimana kalo jam 4 aja, gue saranin...

YAUDAH!

JALAANNN!!!

gak bisa tidur gue malem itu, terus aja mikirin tuh perjalanan...haha...saking senengnya sih...gue excited banget, baru kali ini gue excited n tulus banget...hahaha...

semua udah dipacking!, kita tinggal jalan...

nyalain alarm jam 3 pagi, dan gue bangun jam 2 pagi! BAGUSS!! gue cuma tidur beberapa jam, ato bahkan gak tidur kali..saking excitednya...ya udah, jam jam setengah 3, gue milih buat mandi n sholat isya aja, berdoa supaya perjalanan kita lancar...

Gue BBMin temen gue "WOY BANGUN LO! siram aer keras nih!"

doi bales "KAMPREET, gue bangun dari jam setengah satu, gakbisa tidur gue"

ternyata kita samaan, uhhmm soo sweeettt...*mulai pengen nyanyi lagu cherrybelle*

gue mandi! n siap2 jalan! semalem gue nyeletuk dirumah, kebetulan ada nyokap gue, "duh kacamata gak ada lagi ya, moga2 gapapa deh", eh nyokap gue nyaut, "waktu itu ibu ngeliat dimana gitu, tapi lupa", dan pagi ini, gue udah ngeliat kacamata gue nyengir di buffet, seolah tuh kacamata ngomong, "EAT ME! EAT ME!"...ternyata dicariin sama beliau, mungkin beliau gak mau terjadi apa2 sama anaknya karena beliau tau, mata gue minus lumayan parah, hiks! mata gue berkaca2 lagi....**KAMPREEETTT siapa yang ngiris bawang lagi sih?**

Gak lupa sarapan OATMEAL RANDOM! yang sukses bikin gue mual kaya orang bunting...HOEEKKSSS!!!!

Oke! FIXED! gue berangkat dengan hati riang sambil diiringin lagu, Shall We Live For Money, Down on The Street, n Don't Let it Bring You Down-nya Sandhy Sondoro, gue berangkat semangat 45! haha...dalam hati gue mantap, difikiran gue yakin, di kalbu gue, "Bismillah"

nyampe rumah si kumis, ternyata doi juga udah siap2, nyokapnya kelihatan udah repot banget pagi2, siapin ini itu, ya mungkin beliau ngerasain apa yang nyokap gue rasain, gak pengen terjadi apa2 sama anaknya...:-)

Oke, semua siap, tinggal berangkatnya aja nih...Pamitan sama ortu si kumis, dan kita berdua pun BERANGKAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!

Tepat jam 4.00AM, gatau knpa mata gue udah sueger banget, gak ada ngantuk sama sekali, KEREN! Gue bejek dah tuh gas megapronya si kumis, gak kerasa, jam 5, dah sampe Cibinong, kita rehat buat sholat subuh sambil ngaca2 cantik...huahahaha...

Jam, 6an, dah sampe bogor, si kumis mau silaturahmi ke rumah sodaranya di daerah bogor, yaudeh...nyampe dirumah sodaranya si kumis, eh dia langsung pelukan, cium ciuman, kangen kangenan...OMEGOD! jadi kangen sodara gue di Jawa...ya walau gak pernah peluk pelukan cium ciuman sih...haha

oke, kelar acara dari rumah sodaranya kumis, kita dapet wejangan dari omnya kumis, katanya kita hidup mesti punya tujuan jauh kedepan, gausah mewah2an lah, yang penting nabung buat masa depan, oke, acara wejangan selesai, jam 8.00 kita berangkat, kita potong jalan menuju Baranang Siang, ikutin angkot 17 aja, pasti sampe, itu opini dari tantenya kumis, daaannn...kita sukses nyasar muter2 di perumahan RANDOM! hahaha.... saran gue, jangan pernah ikutin kata angkot, bisa aja kan, namanya angkot, bisa aja dia mau pulang, mau kerumah selingkuhan, ato mau apalah apalah apalah....pengalaman gue pas di rawamangun yang sama persis waktu ngikutin angkot, NYASAR! BAGUSSS!!

DAn akhirnya kita lepas dari kenistaan angkot yang nyasarin kita, we headed to ciawi then cibadak then sukabumi, gak ada kendala berarti, megapronya juga asik, cuma daerah bogor sukabumi gitu, macet parah, kayanya sih gara2 mobil BASARNAS yang keluar masuk evakuasi korban SUKHOI, di GN.SALAK entahlah...

Lepas dari kemelut pembalut, *eh kemacetan maksud gue...

kita sampe di pertigaan cibadak, suasana mulai sejuk-sejuk syahdu gimana gitu..haha...kita lanjut kearah pelabuhan ratu, jalanan lancar, gak ada kendala, semua nyaman...daerah2 kiara2 gitu, jalan mulai nikung2, waahhh gokil dah meen jalanannya...kita mulai masuk ke daerah pegunungan, jalan nikung2, kiri kanan jurang, kadang juga hutan, kadang kebon teh, kadang banci mangkal...(yang terakhir cuma becanda kok, sumpeehh!)

Jalanan dari arah cibadak ke pelabuhan ratu agak kurang bersahabat, ya, banyak lobang lobang kecentilan yang pengen aja gitu deketin gue, wajar sih...gue kan ganteng....(muntah oatmeals)

sampe dipertigaan pelabuhan ratu surade, kita ambil arah surade, laut udah kelihatan disitu, tapi, kita itu buka tujuan kita, kita mu ke ujung genteng, dan itu masih 115km lagi...buseett! indah!

jalanan semakin mendaki(bukan, bukan banyak daki), menurun, liku-liku, RANDOM banget lah pokoknya...

konsentrasi harus penuh dijalan itu, gak boleh terpecah sama sekali, kenapa? soalnya tuh stang bisa kebanting ke kanan kalo lo gak konsentrasi, jalurnya tebing2, jadi tikungan bener2 gak keliatan sama sekali, tapi jalannya udah bagus, aspalan gitu, jadi enjoy aja sih...

yang gue tenang gini, gue ngeliat motor plat Bekasi di sana, banyak...ngerasa ada temen, ada tuh mas-mas stranger pake ninja merah, dia sendirian, berharap dapet temen baru buat temen perjalanan gitu, tapi, ya dia pake ninja, gak mungkin banget ngejar kalo pake megapro...kita ngarep banget kalo dia ternyata malaikat yang dikriim buat nambahin perbekalan...

mulai deh kita terobsesi sama tuh mas-mas, diliat dari motornya, kayanya dia orang kaya...kita mulai merhatiin, siapa tau doi berenti di tempat makan trus kita buka bekel kita yang cuman roti, dan mulai muncul pertanyaan harapan...

1. "DAri Bekasi ya? kok makannya cuma roti?" kita jawab "iya uang kita terbatas, jadi roti aja", "Yaudah yuk saya traktir" semua bahagia

2. "Udah dapet penginapan?" kita bakal jawab, "blom tau juga nih, uang pas pasan, tidur diemperan kali", "nginep di villa saya aja yuk, gratis deehh" semua bahagia

dan itu cuman harapan! mas2 stranger menghilang dibalik kabut...BZZZTTTT!!!!


pas dijalan nanjak, gak sengaja gue liat Speedometer, gue liat indikator bensin, tinggal 1 bar! MAMPUS! gimana nih? ditengah gunung, dan bensin abis, pom bensin jauh banget...serius, gue deg degan disitu, jalan makin gelap karena pohon2 lebat, gimana ini, gak brenti2 gue berdoa, dan Alhamdulillahnya, ada yang jualan bensin di daerah itu, bensin eceran, 5500an, gue berucap dalem hati, Alhamdulillah...kita selamat! kita buka perbekalan di gubuk kecil itu, kita makan roti sobek, disitu kira2 jam 12an..dan emang udah waktunya makan siang...kita makan secara binal tuh roti sobek...tuh gubuk yang nungguin amang amang desperate yang lagi galau dan menyendiri gitu, kita nanya, "ujung genteng masih jauh mang" doi jawab, "masih jauh banget geelaaa getoo loooohhhh", kita mulai pengen nabok! dia tinggal sendirian di gubuk kecil itu, jualan bensin n makanan ringan, buat orang2 yang touring...untuk sementara, kita terselamatkan, kita lanjutin jalan nyusurin hutan yang ga ada abisnya...adzan zuhur, kita sempetin buat sholat zuhur dulu, minta keselamatan sama yang di atas. Cuaca siang itu mendung, awan gelap, kabut nyelimutin lembah, hutan makin binal, ada setitik keraguan di hati gue, ada satu spot, dimana gue bener2 takut, gue juga gatau kenapa, ya disalah satu tikungan gitu, gue gak brani bilang si kumis, takut dia parno...gatau kenapa ngerasa gak nyaman aja, susah konsentrasi, motor juga sering klewat kalo nikung, gue cuma bisa diem n gue lanjutin aja...Alhamdulillah ga ada apa2 dan semua lancar...

Cuaca makin gelap, mendung, mulai gerimis, seketika pun, HUJAAAAAAAAAAANNNNNNNNN!!!!!!!!!! bagusss! gue hopeless, kita neduh sambil pake jas ujan....

Si kumis nanya, "gimana dut? ujan, licin, lanjut ga?", gue diem sejenak,dan gak tau kenapa hati gue mantap, walau gue juga agak ragu, ini hutan ada ujungnya atau nggak, gue bilang, sambil pake jas ujan, gue bilang "YAUDEHH ayo lanjutt!" kita pun ngelanjut, keadaan ujan deres banget, jalan agak licin, masih ditengah hutan, agak gelap juga, gak berenti2 gue nyebut asma Allah, karena ini daerah baru buat gue, medan di depan gue juga gak tau kaya apa dan bakal ada apa...gue berusaha tetep tenang, biar semua tenang...ujan makin deres..kita lanjut jalan terus...

Hampir 1,5 jam kita jalan dengan suasana ujan, perut mulai laper, kita minggir dulu buat nyari makan, pengen yang anget2, berhubung ga ada cewe yang bisa dipeluk, n gak mungkin banget meluk si kumis, yaudeh...kita mutusin nyari tukang jualan mie rebus...gak lama kita dapet tuh tukang jualan mie...kita disambut sama pribumi, orangnya ramah2 semua, kita diajak ngobrol ngalor ngidul sambil mie dibikinin...gak lama, dateng tuh amang quotes! kok amang quotes? jadi gini, dia itu stranger, dia dateng dari surade mau ke sukabumi, tapi kejebak ujan...n berenti di warung....dia banyak omong, dan banyak share tentang kehidupan....dia nasehatin kita, kalo hidup jangan dibikin susah, hidup apa adanya aja, dan kita hidup harus balik ke Al-Qur'an dan Sunnah, dan dia juga ngajarin soal kesederhanaan, ya itu sih yang gue tangkep, why? karena nih amang amang ngomong pake bahasa sunda yang gue gak ngerti, lebih banyak melongo n diketawain si kumis gue gara2 gak bisa bahasa sunda...SENGKE emang tuh anak....okeh ngobrol ngalor ngidul, sekalian nanya jalan sama nih amang, ternyata kita udah keluar dari 3 hours hills...

3 HOURS HILLS? apaan tuh?

ya gue n kumis lebih seneng nyebut hutan itu kaya gitu, karena, tepat 3jam, ktia keluar dari kemelut jalan liku2 n hutan...jadi kalo belom tuga jam bisa dipastiin masih belom keluar dari nih hutan...cobain aja sendiri!

jalanan tampak ramai, pom bensin juga udah ada dimana2, alfamart dimana2, kita mutusin buat sholat ashar dulu di mesjid setempat...

pas gue lagi buka spokat, si kumis manggil2 mesra, "DUUUTTT, you must see!", gue penasaran, fikir gue, jangan2, nih si kumis mau nunjukin kalo tititnya belom disunat...ternyata enggak, doi nunjukin closet tuh mesjid, pake WC duduk! serius, mesjid, pake WC duduk! mewah!! kalah tuh kamar mandi stasiun...seriusan...KEREENNN.... bersih juga...kita pun sholat dengan khusyu sambil berdoa lagi...

di suatu spot, kita ngeliat tanda jalan yang bilang, kalo ujung genteng 12,5km lagi, kita udah semangat banget, pas dijalanin udah hampir setengah jam, kok belom sampe juga gitu, n dengan amat sangat najis sekali, tau2 muncul papan lagi yang nunjukin kalo ujung genteng masih 15km lagi, WHAT THE HEELLL!!!yang mana yang bener??!!! gue mulai pengen ngejambak si kumis...

yaudah, kita sabar aja, n ngelanjutin jalan dengan semangat...tepat jam 5an, kita seneng banget, terpampang dah tuh plang, SELAMAT DATANG DI PANTAI WISATA UJUNG GENTENG!!! dalem hati gue, "Alhamdulillah", kita sampe juga... pantai udah mulai keliatan... biru2 unyuuu gitu...haha...

n disuguhin sama pemandangan yg kaya gini...



GUE LEGAA!!! petualangan dimulai....

kita sampe, laut udah keliatan, dan kita bangga...hahaha....

nah, tujuan kita, PANTAI PANGUMBAHAN! dimana disitu penangkaran penyu, dan biasanya ada acara pelepasan penyu tiap sore dan bisa ngeliat penyu nelor kalo malem...

sebelom sampe ke penangkaran, kita poto2 cantik dulu di pinggir laut...sumpah LABIL abiss...tapi seru...kerenn...bangga...haha...

dan baru disitu, kita mikir, tidur dimana nih kita? bingung juga sih, kita cuman bisa nyusurin jalan aja...duit juga pas pasan...gimana ini? yaudahlah, kita lanjutin aja, mushola masa iya gak ada, pasti ada, di mushola juga oke aja lah...yaudah....

dan sampe di pantai pangumbahan, dimana tempat penangkaran penyu gitu...dan sebentar lagi acara pelepasan tukik...tukik itu bahasa alaynya anak penyu...

kita masuk, parkir motor, registrasi masuk, kita masuk!

dan sekarang kita udah ada dipinggir pantai bareng sama sejibun orang2 stranger dari berbagai daerah yang pengen banget iktuan ngelepas tukik...kereenn...sumpeehh keren banget....ombak disana tinggi banget, sampe 3 meteran tuh gelombangnya...gue gak berhenti ngucap "Subhanallah"

penyu pun dateng, dibawa pake baskom gitu...orang2 labil itu mulai teriak2 "penyuuuu penyuuuu, itu tuh penyunyaa dateengg, horeeee...tukiknya dateng...pokoknya kalo dateng gue mau minta foto n tanda tangan" (yang terakhir gue becanda, beneran!)

kita dikomandoin, disuruh baris memanjang di bibir pantai, kita nurut aja sih, daripada di jorokin ke laut yang ombaknya gede banget, hanyut deh....kenapa sih mesti baris? soalnya biar memudahkan si tukik buat mengarungi pasir, takutnya kalo kita shuffling2 di pantai, banyak jejak kaki orang yang menyulitkan si tukik, esensi moralnya, gue rasain, saat kita udah mulai dewasa, dan kita udah gak "disuapin" lagi, kita emang udah harus mulai mengarungi hidup kita sendiri, sekeras apapun tantangan di depan, kita harus bisa hadapi, yaaa...kaya si tukik, tadinya kan di penangkaran, enak tuh, ga ada ombak, dapet makanan, tapi, mereka harus menempuh hidup mereka ke jenjang yang lebih tinggi, karena samudera adalah tempat hidup mereka, ya mau gak mau, suka gak suka, mereka harus hadapi buat bertahan hidup! kaya gue gini deh yang baru mulai ngerasain yang namanya dilepas orang tua, baik ato hancurnya gue, ada di tangan gue...walau kadang gue benci kedewasaan yang terlalu banyak menghapuskan kepolosan...halaaahhh...ngomong apaan sih gue, kaya ngerti aja...haha

gue sempet ngerasain kejamnya tuh ombak pantai selatan, yang sukses bikin celana gue basah kuyup...gelombangnya itu punya daya narik yang kuat banget...jatoh duduk di pantai deh jadinya....

oke, celana gue basah! gimana gue? totong gue? haduuhh....

oke, kita semua selesai dari lepas tukik, sekarang kita mau mandi sama nyari tempat nginep...

kita balik ke penangkaran, gue ganti celana, n si kumis urus birokrasi penginapan...

kabar gembiranya, si kumis bilang, "dut, kita boleh nginep disini, mau di aula atau di mushola, gapapa", gue, "hah? serius?", die bilang, "iyeeee, gue mau mandi! lo juga tuh mandi, badan lo bau bener", gue bilang, "BAU PETUALANGAN" hahaha...

n najisnya, gue gak nahan berak sore itu, bener2 pengeeen banget, rasanya sih udah kecepirit di clana dikit...okeh, gue berak!

si kumis mandi, gue disuruh mandi juga! gue mikir, "gila aja, nih mandi, tempatnya terbuka banget! gak bisa lah!", gue ini orangnya higienis, suka kebersihan (kalo gak mau dibilang jiji'an) haha...

singkat cerita, si kumis mandi, gue enggak!

si kumis bilang, "elu tuh bau! mandi si, manja banget!"

gue gak tergoda! sedikitpun! ENGGAAAKKK!!!!

 gatel gatel deh, daripada mesti mandi di situ...bzzzzz....

acara2 mandi2 cantik selesai, saatnya kita sholat maghrib, ucap syukur telah diselamatkan sampe tujuan.

dan abis itu saatnya kita makaaaaannnn!!!!

perut udah kruyuk kruyuk aja...

to be continued....
































1 comment: