Sepulang Mudik, Ini Perawatan Wajib Buat Lo Yang Bawa Mobil Pribadi


http://davisbodyshop.com/wp-content/uploads/2013/07/Waxing-Car-Care-Tips.jpg
Sebelumnya, gue selaku pemilik dan penulis tunggal di blog ini, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H Mohon Maaf Lahir dan Batin. Telat banget, karena emang gue baru aja sampe rumah setelah menempuh perjalanan panjang banget, Bekasi - Pati - Cepu - Bojonegoro - Blitar - Bekasi. Dan itu gue tempuh dengan nyetir mobil Suzuki APV Jaitan Taun 2008 kesayangan bokap dengan bertuliskan stiker kebanggaan di belakangnya, "Cah Pati". Walaupun agak risih sebenernya, tapi yaudahlah, daripada gue disuruh di gendong bencong.

Well, selama perjalanan gue kemaren, gak ada halangan yang berarti, dan gue bahagia banget dengan kehadiran Tol Cipali, thanks Waskita dan Pak Jokowi. Itu bener-bener nyingkat waktu gue. Kalo dulu, bepergian ke Jateng, kita kudu banget lewat jalan pantura yang kalo menurut gue gak abis-abis, yaitu ruas jalan dari subang, indramayu, pamanukan. Selain jalannya yang gak abis-abis, motornya juga buanyak buangetzzz....

Walaupun ada beberapa hal yang masih agak minus, yaitu tol yang mengarah ke Brebes, kondisinya belum jadi, so, gue harus banget melalui jalanan berkerikil dan penuh debu. Beneran debu banget ampe jarak pandang cuma kisaran 10 meteran. Dan juga, banyak bangke Babik atau Anjing, gatau juga deh. Tapi dengan adanya jalan ini, bener-bener bsia menyingkat perjalanan gue kemaren.

So here I am, Alhamdulillah, gue udah sampe rumah dengan selamat. Dengan keadaan selamat maksudnya.


So kali ini, gue mau tulis tentang Perawatan Mobil Pasca Mudik Pasca Lebaran.
Naaah, naman ya ngegeber tunggangan lebih dari 12 jam, tentunya mobil juga harus kembali dalam kondisi prima dong ya frends. Apalagi kemaren ngelewatin jalan yang sedemikian berdebu. Duh, pastinya, banyak yang harus dirawat dan diperhatikan lagi nih. Apalagi kalo misalnya, mobilnya itu mobil yang biasa lo pake ke akntor atau aktifitas hari-hari lo, ih nggak banget dong yaah. Namanya jalan jauh, apalagi dari kampung halaman, namanya sampah bekas pop mie karena maklan sambil ngejar waktu, ato juga oleh-oleh dari kampung halaman yang biasanya gak lazim. Dalam hal ini gue pengalaman bawa telor ayam, yang katanya sih ayamnya cuma ada di jawa aja. Well, gue udah letakkan dengan hati-hati, dengan amat sangat hati-hati. Tapi sepandai-pandai gue nyimpen telor, akhirnya pecah juga. Seisi kabin jadi bau telor tembuhuk. Bhay!

Nah, kali ini, gue akan sedikit mengutip postingan dari asuransiastra.com, yang bilang, kalo pengecekan mobil setelah mudik itu ada 8 poin. Apa aja? Yuk lanjut!

1. Gak Ada Salahnya Cuci Mobil Yang Agak Mahal



cuci mobil pasca mudik
image by : tradeindia.com
Ini sih saran standar, namanya mudik, udah pasti mobil di geber lebih dari 12 jam dalam kondisi jalan yang berbagai macem, kadang panas, ujan, debu, di tangkringin anak kecil, body kebaret-baret karena rumput tajem pas ngelewatin jalan alternatif, apa aja deh. Nah, setelah mudik, kebutuhan yang emang perlu yaitu, cuci mobil! Bawa ke tukang cuci langganan atau tukang cuci yang agak expert kayaknya bukan masalah sih. Supaya semuanya bener-bener bersih, cuci eksterior keseluruhan dari mulai body, ban, sampai ke kolong mobil, ini berguna juga buat menghindari karat yang mungkin aja bisa mampir asoy di mobil lo frends. Interior juga gak kalah penting, kayak tadi gue bilang, namanya mudik, pastinya lo kadang males bange tbuat buang sampah, belom lagi sisa-sisa makanan yang kadang ganggu banget. Interior juga gak kalah penting buat di perhatiin frends.

2. Pedal Rem, Jangan Sampe Lupa Dicek

Ini komponen yang paling penting di mobil, pastiin ini bekerja optimal

Ini Minyak Rem, Bukan Sirup Marjan Cocopandan
Udah bukan rahasia lagi, kalo di musim mudik, emang udah waktunya bermacet ria di jalanan, nah, as we know, namanya macet, udah pasti komponen utama yang harus dipake itu rem, bayangin, kalo macet cuma beberapa meter sih its oke lah ya, nah ini, kadang sampe berkilo-kilo meter lho. Udah pasti rem ini juga perlu perhatian khusus, ganti aja deh amannya kalo emang udah gak nyaman. Jangan lupa juga, isi minyak rem kalo dirasa perlu.

3. Kalo Kopling Udah Aus, Bukan Cuma Gak Nyaman, Tapi Gak Aman Juga

Cepet ganti kalo udah aus
Selain rem, kalo mobil lo manual, kita juga harus ngeliat pasangan erat dari rem, yaitu kopling, kopling adalah komponen atau pedal yang gak bisa jauh-jauh dari rem, fungsinya juga vital banget di kala macet. Dan seperti kita tahu, kopling juga ada masa pakainya, kemungkinan kanvas kopling aus juga lumayan tinggi, apalagi lo tipe orang yang sering main setengah kopling. Cara ngetesnya, gampang aja frend, masukkin transmisi ke gigi 1, kalo misal lo gas, saat kopling masih diinjek tapi mobil masih jalan, atau malah mati, berarti ada keausan di kopling, ini mutlak harus lo cek, atau ganti aja deh amannya. Kalo buat matic, paling ganti oli transmisi aja, atau pengecekan rutin juga bisa sih. 


4. Walaupun Belum Lewat Masa Pakai, Oli Mesin Mutlak Perlu Di Cek

Cara paling gampang ngecek oli, ya pake batang itu tuh
Periksa kapasitas oli mesin mobil lo pake tongkat pengukur yang biasanya ada di setiap mesin mobil, gunanya buat ngeliat kapasitas dan warna dari oli. Tapi, namanya mudik, kan mobil lo di forsir berjam-jam, panas, macet, udah pasti. walaupun belum menempuh jarak yang seharusnya, lebih baik ganti aja frend, karena kemungkinan oli kena zat lain macam karbon, asam atau kotoran lain cukup tinggi.

5. Biar Kembali Prima, Tune Up Yuk!
 
Tune Up ringan juga perlu

Filter Udara
Gak perlu tune up total, cukup periksa filter oli, busi, filter udara, atau filter bensin. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih supaya mobil lo bisa bekerja sebagaimana mestinya frends

6. Kaki-kaki Mobil Ibarat Kaki Kita, Capek Donk Kalo Dipake Terus-terusan

Sekalian pamer 4x4 jimny gueh :p
Nah, namanya mudik, gak mungkin dong lo lewat jalan yang mulus-mulus aje, yang namanya paha mengkel mulus juga pernah ada yang namanya bekas bisul, jadi gak semuanya mulus frend, begitu juga sama jalanan, apalagi kalo misal lo mudik ke bagian Sumatra, atau Jawa yang belum kesentuh aspal atau cor-coran dari pemerintah, bisa dipastiin mobiul lo menempu perjalnaan yang lumayan berat, belum lagi beban yang dia gendong kadang gak setara. Kesian. Mending abis mudik, lo langsung aja bawa ke bengkel yang khusus nanganin kaki-kaki mobil frend.


7. Periksa Bantalan Roda

Bearing-Roda-Mobil
Naah, ban ibarat kaki buat mobil, wajib di cek nih
Ini agak advance sih sebenernya, bantalan ato laher roda juga kudu di perhatiin frend, kalo misal ada suara mendengung dari arah ban waktu lo pake, itu berarti bearing ato laher roda udah aus frend. Mending sekalian aja diganti.

8. Pendingin Ruang Mesin Juga Butuh Pengecekan

Cek-Radiator-Mobil
Sepele, tapi paling penting nih
Naah, buat mobil baru, biasanya jarang banget keabisan kalo soal yang ini, tapi gak ada salahnya di cek, ukuran air radiator, harus pas sama ukurannya di gelas penyimpanan air radiator, untuk mobil baru, lo bisa pake yang namanya radiator coolant, kalo mobil tuwir, lo cukup pake air biasa ajah, atau bagusnya, air yang gak ada kandungan mineral, supaya gak ada karat yang tersimpan di dalam zat air. Dalam hal ini, gue selalu pake air buangan AC rumah.

Naaah, itu tadi barusan gue paparin semua yang harus lo perhatiin pada sat selesai mudik, sekarang, waktunya mencangkul lagi buat menyingsong mudik tahun depan, mudah-mudahan mudik tahun depan bisa bawa mobil baru. Amiiin..... :)

Dari gue nugros, kalo ada salah kata ato salah sepik, gue mohon maaf lahir batin yaaa frends, Nugros mah apah atuh cuma butiran debu.

Correct Me If I'm Wrong :)

gw_nugros

0 caci maki:

Post a Comment