Lebih Baik Putus Cinta Daripada Putus Rem Di Jalan Ini

Hari ke sekian puasa...Semangat harus tetep membara dong yah... Belum lama ini, gue liat salah satu postingan iklan yang nggak sengaja banget gue klik di internet yang bilang soal Jalanan Paling Ekstrim di Dunia. Yah, walaupun link yang gue klik waktu itu adalah spam dan beritanya gak ada, gue selaku budak kepo, langsung nyari tau tuh jalanan paling ekstrim kaya apa sih.

Setelah gue nyari tau, terus gue tau, so now, gue berbagi deh, ini berisi bukan cuma dari luar Indonesia, di Indonesia juga banyak kok spot-spot jalanan ekstrimnya.

Gue juga gak nyangka kreasi manusia bisa sebegitu hebatnya, yang gue gak habis pikir, kok bisa ya bikin jalanan di tempat yang uncommon banget, ngebelah gunung cooy. Ada juga jalanan yang sebenrnya biasa aja, tapi karena something, jadi ekstrim. Hadeeh....

Oke deh, daripada kebanyakan cing cong, nih gw sebutin deh tuh jalanan-jalanan ekstrim di dunia..


1. Stelvio Pass, Italia

Bawaannya pengen ngedrift aja nih bareng miyabi tapi

Yang pertama berasal dari Italia, negeri mobil-mobil supercar, yaa as we know, Ferrari dan Lamborghini kan berasal dari negara satu ini. Tepatnya terletak di Alpen Timur Italia, Stelvio Pass Road ini menghubungkan Kota Valtellia dengan Kota Merano dan juga Kota Adige diatas lembah. Ketinggiannya sekitar 1,7 km diatas permukaan laut. Kenapa ekstrim? Karena jalanan ini punya 48 tikungan yang indah (baca : tajam, menukik) dan belum lagi jalan yang menyempit di beberapa titik, yang mengharuskan lo minggirin mobil dari mobil yang dateng dari depan. Tanjakan dan turunan curam juga siap banget deh nantang skill berkendara lo. Ada yang namanya sisi Prato di jalan ini, sisi yang disebut-sebut menjadi sisi paling spektakuler dengan tikungan yang bener-bener menukik patah dan langsung berhadapan dengan jurang. Siap nyetir bro?



2. Leh Manali Highway, India


Jadi latar Joget-joget india keren juga


Kedua berangkat dari negara Bolliwood, India. Jalanan yang melintasi pegunungan HImalaya ini memiliki jarak sepanjang lebih dari 297 mil dengan ketinggian sekitar 3 mil di atas permukaan laut. Kenapa ekstrim, karena jalanan ini termasuk jalanan yang paling rumit di dunia, belum lagi tantangan lain seperti llicinnya salju, runtuhan longsor, medan yang terjal. Menurut sejarah, jalan ini dibangun oleh Angkatan Darat India. Kira-kira, kalo film India syuting disini, joget-jogetnya kaya apa ya? Nikung-nikung gitu? Terus Shahrukh Khan Pernah lewat nggak ya?


3. North Yungas Road, Bolivia


Biji Mrinding Cooyy...
Dalam Bahasa Prancis, jalan ini lebih dikenal dengan nama El Camino de la Muerte atau Road of Death. Jalan yang menghubungkan La Paz dan Coroico ini memiliki panjang sekitar 43 mil. Saking ekstrimnya, jalanan ini di cap sebagai "Jalanan yang paling berbahaya di dunia" oleh Inter-America Development Bank pada tahun 1955. Jalan ini cuma punya satu jalur, tanjakan dan turunan ekstrim, pagar yang belum rapi udah deh, bikinn ngerii.Belum lagi, kabut dan hujan yang kadang turun secara tiba-tiba juga siap buat menghadang perjalanan lo di jalan ini bro. Kalo hujan turun, jalan ini bakal licin banget, soalnya jalanan disini sedikit berlumpur dan juga bisa melonggarkan bebatuan dari lereng bukit di atasnya. Kira-kira pertahunnya, 200-300 orang tewas di jalan ini. Yaah, untung deh jalanan ini udah gak jadi jalan utama untuk melintas, tapi kalo mau uji nyali, boleh lho... grateeesss..... Siap?


4. Rusia's Lena Highway, Jalan dari Neraka


Diaspan berapa kali juga gak kuat ini mah...


Lena Highway ini merupakan 600 mil terakhir dari Rusia Moskow Federal Highway dari Siberia - Yakutsk. jalan ini dinamain dari nama sungai yang menyejajarinya, yaitu Sungai Lena yang ujungnya ada di Kota Yakutsk. Lo harus tau dulu, Yakutsk adalah Kota yang dicap sebagai Kota paling dingin di di bumi dengan suhu rata-rata -45 derajat Fahrenheit. Kebayang doong gimana mengkeretnya tuh biji lo. Jalanan ini cuma bisa dilewati pas musim panas, itu juga gak kering total brader, tapi justru jalnana ini jadi kaya kubangan lumpur jadi kayaknya gak mungkin buat mobil lewat sini, apalagi bajay ato triseda tukang galon. Tapi sedihnya, jalanan ini adalah satu-satunya jalan kalo mau ke Kota Yakutsk. Yaudah deh pasrah aja kalo misal mau ke sini. Atau justru tertantang?


5. Guoliang Tunnel Road, China


Gile! Subhanallah banget nih terowongan...


Terowongan yang punya panjang 1200 meter ini terletak di pegunungan Taihang, tepatnya di Provinsi Henan Cina, Terowongan yang memiliki lebar sekitar 5 meter dan tinggi 4 meter ini, dibangun oleh penduduk desa dari 13 desa setempat yang dipimpin oleh Shen Mingxin. Diperlukan waktu lebih dari 5 tahun untuk membuat terowongan yang lumayan ekstrim ini. Dari beberapa sumber, bilang kalo terowongan ini disebut "jalan yang tidak mentolerir kesalahan". maksudnya, lo bener-bener harus fokus di jalan ini dan jangan sampe lengah atau lalai. Walaupun ekstrim, terowongan ini menjadi pariwisata andalan di China lho. Kok gue pengen kesana ya? Duh....


6. Jalan Ke Sawarna

Tanjakan ekstrim di Sawarna ini ngangenin...


Naah, ini dateng dari Indonesia brader, gue pernah jalan ke sawarana sekali, apa yang bikin ekstrim? Tanjakannya luarrr biasaahh.... Dulu gue ngukur pake hp android, hampir nyentuh angka 75 derajat loh tingkat kemiringannya. Dulu gue turing bawa tiger, itu aja cukup termehek-mehek. Jalanan berliku, tanjakan ekstrim, hujan yang sewaktu-waktu bisa turun, kabut juga, bikin lo harus tetap fokus sama jalanan dan jangan sampe hilang fokus kalo gak mau ketabrak dari depan, begitu juga harus sering nglakson, karena totally kalo kita lagi ngelewatin tanjakan, mobil ato motor dari depan gak keliatan sama sekali brader. Udah gitu, di beberapa spot, jalannya juga kurang mulus. Beeh bener-bener chalenging banget deh kalo kesini. Tapi gue selalu pingin dan pingin lagi kesana, karena jalanannya bener-bener nantang!!


7. Jalur Selatan Jawa


Boleh kalo mau meet n greet sama bus malem disini
Naah, Bandung, nagrek dan kawan-kawannya past udah akrab banget buat lo yang sering mudik kan brader, ini jalan si emang biasa aja, selain ekstrim macetnya kalo lagi musim mudik, lebih ekstrim lagi kalo lo jalan disini malem-malem dan sendirian! Bus-bus malam jalur selatan siap menghadang lo kalo gak hati-hati. One day, gue pernah ngelewatin jalan ini waktu touring bawa mobil ke Jogja, bener-bener juga harus fokus, ilang fokus dikit, nikung lo klewat ke jalur orang, sukur-sukur kalo gak ada bus dari arah lawan, kalo ada, siap aja deh nama lo masuk koran lokal. Gue pribadi sih gak lagi-lagi deh lewat jalur selatan.

8. Taman Lawang


Pait pait pait pait
Buat gue yang fobia bencong, jalanan ini cukup ekstrim, gue belom pernah lewat sih, baru dengeer aja udah merinding bradeerr... Gue pernah Di ceritain sama temen, konon katanya kalo lo lewat sana bawa mobil lo bakal di hadang sama bencong liar yang biasa mangkal di Taman Lawang. Goceng Remes Toket (gatau udah naek apa belom) emang udah terkenal banget disana. Merinding nih gw nulisnya. Kalo misal di cegat setan, di baca-bacain bisa ilang pergi, nah kalo Bencong?? yang ada lo dicap agamis dan dia tertarik, lantas lo dijadiin suamik! Mampus banget kan.

9. Jalanan Gede Jakarta


Butuh teman brooo? Kami siap menemani... LOL


Kenapa ekstrim, ya iyalah, polisi ngumpet dan ratusan jalanan menjebak siap ngerobek dompet lo karena plokis yang ngumpet-ngumpet ga jelas. Ada salah masuk jalur busway lah, salah masuk jalur cepet lah, mobil harus bertiga lah, motor gak boleh masuk jalur mobil lah, perboden lah, salah masuk jalur lambat lah, klewat garis lampu merah lah, tangan gak megang setang lah, ban gak ada tutup pentil lah, ban gak pake yang standar lah, knalpot juga gak standar lah, pokoknya buanyak buanget deh alasan buat ngerobek dompet lo brader. Ekstrim kan?

Oke deh brader, itu tadi jalanan-jalanan paling ekstrim di dunia, istilahnya, Putus Cinta dan Putus Asa gak lebih mematikan dari Putus Tali Rem kalo di jalanan-jalanan tadi

Makanya brader, selalu siapin diri lo kalo mau turun ke jalan, bukan buat dem juga sih tapi buat jadi pengguna jalan yang baik dan benar. Gak perlu perfect, minimal ikutin aja rambu yang ada, tuh rambu ada buat lo juga kok. Supaya jalanan lebih lancar dan berjalan begimana mestinya. Surat-surat jangan lupa dibawa, walaupun kadang ribet, tapi ini penting buat tau identitas lo dan kendaraan yang lo bawa. Dan juga, kondisikan kendaraan lo sesempurna mungkin, gak mesti baru, tapi minimal semua fungsinya berjalan dengan baik. Jalan juga jadi aman n menyenangkan kan bradeer... *apasik sotoy banget gw*

Inget jalanan, inget briptu Eka. modus! hahaha


So, Enjoy!! Correct Me If I'm Wrong

kritik n saran bisa dilayangkan ke twitter atau instagram gue di @ceritanugros :)

gue_nugros

0 caci maki:

Post a Comment