5 Tips Supaya Mobil Lo Gak Ditikusin 17+


Okee, halooo... dengan tulisan ini, gue confirm ngeblog lagi nih ^_^

Apa kabar semuanya? mudah-mudahan baik-baik aja dan gak sebuluk blog gue yang jarang banget gue sambangin ini nih hiks...

Okee, sambil ngelap-ngelap dasbor blog gue, gue mau kasih tips buat lo! Tips buat menghindar dari serangan tikus yang sewaktu-waktu bisa masuk ke mobil lo dan membangun kerajaan di dalamnya. Idiihhh....

Belum lama ini, gue disuruh memugar, duileh bahasanya memugar, iya, merestorasi tepatnya, Honda Civic Genio jaitan taun 1992 yang udah ngedokem lama kisaran 2 taonan. Mobil diposisikan di samping rumah dengan keadaan tidak berdaya dan dibungkus sarung mobil yang diiket rapia. Sepintas kek bingkisan ultah sih, ato hadiah undian MLM? 



Oke, singkat cerita, daripada tuh mobil sayang bangeeet, karena gak ada yang ngerawat, gue dengan jiwa keibuannya membuka sarung mobil dan melihat isinya.

Daaannn ZOOONKKK!

Bau tikus dimana-mana, DAMN!

Bayangin, busa digigitin ampe kek sukro! beneran sukro! belom lagi tai-tai nya yang berserakan dimana-mana. Kayaknya mereka emang gak punya hati nurani dengan berak sembarangan di mobil malang ini. Bukan cuma berak! Tapi bersimbiosis, beranak pinak, ampe ngambil cicilan KPR juga buat tinggal didalemnya. DAAAMMMNNN!

Begitu gue buka pintu, aroma semriwing langsung menyeruak menyerang hidung bangir nan sexy gue. Gue muntah... beneran muntah...

kondisi setelah pembersihan sisa kenistaan
Okeee, singkat cerita, akhirnya gue pun nutusin buat ngebersihin nih mobil keramat. Yaa dengan susah payah, akhirnya lumayan bersih juga sih nih mobil, tapi dalam keadaan yang mengenaskan. Mengenaskan sekali tepatnya. Karpet bolong, side skirt juga bolong, kabel-kabel dianggap spageti, busa jok ampar-amparan. Bye lah!

Oke, kita cukupkan soal mobil bertikus tadi, karena dia sudah ada pada tempat yang benar.

Naaah, karena itu, gue mau kasih tips soal Menjaga Mobil Dari Serangan Tikus. Lanjuutt...

1. Kalo Pacar Didiemin aja Bisa Diisi Cowok Lain, Mobil? Bisa Diisi Tikus Lah!

 
Unyuuukkk!

Intinya, kalo udah punya mobil terus dapet mobil lagi entah dari kantor atau dari selingkuhan yang ngasih fasilitas mobil, jangan sombong dengan begitu aja ninggalin mobil lama lo. Karena, mobil yang kelamaan gak dipake bagian-bagian penting dalem mobil juga bakalan ikut bermasalah, kampas kopling, kampas rem, ban, sampe ke suspensi. Naah, posisi kabin karena saking lamanya gak dipake, udah pasti lembabnya tingkat kecamatan. Nah ini nih yang bisa mengundang tikus masuk ke dalam. As we know, tikus adalah hewan pengerat yang sangat suka tempat lembab dan berbau. Nah, kalo mobil lo lama gak dipake, trus interiornya lembab, yaudah, seolah mereka terpanggil deh buat ngacak-ngacak isinya.

Kalo misal mobil lo ditinggal di dalam garasi, ini masih mending, lo gak perlu manasin buat menghindar dari serangan si tikus nakal ini. Cukup buka beberapa pintu setiap harinya supaya udara segar leluasa masuk dan aroma tidak sedap yang didalamnya lenyap. 

Ngasih kamper atau naphtalen juga dipercaya ampuh buat menghindar dari serangan tikus. Karena sifatnya yang wangi semriwing, dijamin deh, tikus enggan deket-deket mobil lo brader.

Sekedar saran, kalo misal ninggalin mobil kira-kira lebih dari sebulan, lo gak perlu yang namanya manasin mobil setiap hari, kalo diliat-liat pegel juga sih ya. Nah, manasin mobil seminggu sekali sudah cukup dan nggak perlu lah nyabut kabel aki, terutama buat mobil yang udah pake sistem injeksi, nyabut kabel aki justru akan bikin ECU atau komputer yang ada di mobil lo error dan bermasalah. Dan juga, hindari kontak wiper dengan kaca depan secara langsung, karena karet wiper yang lumer bisa membakas di kaca mobil n susah diilangin, lo bisa beli pengganjal wiper yang biasanya banyak di jual di toko asesoris mobil nih brader.

2. Tutup Sumbernya!

 
Looks Delicious, wait, whaat...

Sedikit jadi detektif bakal bikin lo terlihat keren lho. Yaa walaupun cuma buat nyelidikin tempat jalur tikus wara-wiri sih. Usahakan untuk menutup semua akses jalur tikus yang memungkinkan dia masuk dan menguasai mobil lo brader. Jangan biarin dia lewat. TUMAN! *bahasa mana dah tuh* 

Dengan ditutupnya akses tikus menuju mobil lo, bisa juga meminimalisir terjadinya serangan tikus secara membabi buta ke mobil kesayangan lo brader. 

3. Tutup Udah, Pasang Jebakan Betmen!

at least!
Letakkan jebakan tikus disekitar mobil memang pilihan yang bagus banget nih brader. Bukan hanya bisa bikin satu tikus jera, tetapi sahabat-sahabat tikus yang lain juga akan enggan buat mendekat ke mobil, setelah tahu ada temannya yan gterjebak ke dalam jebakan yang kamu buat. *emang manusia doang yang bisa ngerumpi*  

Tapi hati-hati dalam penggunaan jebakan tikus ini ya, contohnya kalo lo pake racun tikus yang bentuknya makanan n bikin mati kering. Kebayang dong kalo gak sengaja lo yang makan? Ato kaki lo kena jepitan tikus? Ganggu juga sih, pokoknya hati-hati ajah. Letakkan jebakan di tempat-tempat yang emang perlu, seperti meletakkan jebakan di setiap ban mobil.

4. Jangan Jorok!

Kecuali Bisa Ngelukis Gitu, Jangan Biarin Mobil Kotor!

Mobil emang bisa dibilang rumah kedua. Karena lo bisa ngapain aja di dalem mobil, dari mulai gejol, sampe makan somay langganan bisa dilakuin dari dalem mobil. Pesen gue kalo emang mobil lo gak mau disambangin tikus, ya jangan jorok doong! Jangan buang sampah bekas makanan, bekas tissue ato kondom bekas sembarangan. Bukan cuma tikus yang bakal dateng, tapi nyokap lo juga pasti dateng buat masukin lo ke pesantren!

Kalo emang lo udah pewe banget sama mobil lo dan pengen naro cemilan dimobil, letakkan makanan lo ditempat yang bener-bener ketutup, contohnya Tupperware *sorry sebut merk* atau kaleng bekas permen FOX *sebut merk lagi*. Pokoknya jangan sampe tikus tau kalo lo nyimpen makanan di dalem mobil.

5. Cuci Bersih Sebelum Hibernasi

Modus lu nyet!
Naah, yang terakhir, jangan simpen mobil lo dalam keadaan kotor, karena bukan karena tikus aja, mobil yang ditinggal lama dalam kondisi kotor, bakal memicu tumbuhnya karat yang nggak banget pastinya. Jadi, usahakan buat cuci mobil lo sebelum di tinggal lama. Kalo perlu salonin, body detailing-in, atau diapain kek biar wangi dan tikus juga males buat dateng.

Oke, itu tadi 5 Tips Mencegah Tikus Masuk Ke Mobil dari gue. Semoga bermanfaat buat kita semua umumnya, dan khususnya untuk diri khatib sendiri. *lah

 Intinyaa....Mobil juga manusia, punya rasa punya hati, tapi ya jangan di senggamain juga yaaa...

Correct Me If I'm Wrong yaa ^_^

Bisa follow twitter n instagram gue di @ceritanugros

gue_ nugroz ^_^

3 comments:

  1. coba pelihara kucing di mobil....meoooonggg #cakar2nakal

    ReplyDelete
  2. Wih cakeppp nih ...lanjutkan nulis blognyaa..mantapp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe....moga-moga konsisten kokoo... :D

      Delete