Nih! SUV kece yang bisa lo tebus dibawah 100jt sob

Halo temen-temen, setelah sekian lama ga ngeblog karena sibuk ngurusin Anugrah Mobilindo kesayangan gue. Caelah... Yaa bukan berarti sorum gue kegemukan dan minta dikurusin lo ya. Tapi emang kudu musti ada yang di perbaiki disana sini. Gitu deh malah jadi curhat.

Belum lama ini ada yang dateng ke sorum gue dan doi nanya soal SUV (Sport Utility Vehicle) yang bisa ditebus dibawah 100juta. Sempet bikin gue mikir sob yang akhirnya gue bikin postingan ini nih.

Ngomongin soal SUV, pilihan jenis mobil yang satu ini emang lagi rada hits belakangan ini. Gak lain gak bukan karena si populer terios rush yuang cukup bisa membius pasar dengan model mobil segala medannya. Bayangin, diaspal bisa, dijalan semi offroad juga bisa. Apalagi belum lama ini Honda juga ikutan luncurin SUV terkini yang dikasih nama BRV. Wuiiihh semakin nambahin rame pasara SUV di Indonesia nih sob. Tapi, karena harga jual mereka yang begitu mahal bagi kalangan tertentu, SUV2 lama juga masih tetep dilirik kok sob.

Nah, karena pertanyaan salah satu pengunjung sorum gue soal SUV dibawah 100jutaan, gue kaya terpanggil buat bikin nih postingan. Kalo penasaran sama bentuk SUV kaya gimana, lo bisa cek lagi postingan gue soal model-model mobil nih ^_^

Sebenernya ada lumayan banyak SUV yang bisa lo tebus di rentang harga segini sob, mulai dari Taruna, Sidekick, sampe ke CRV loh!

CRV gros?

Iyeee! Yuk cek langsung deh...


1. Daihatsu Taruna
Ganteng banget nih Oxxy FGX, via : otosia.com
Mobil keluaran astra Daihatsu ini merupakan generasi baru dari Daihatsu Feroza yang terkenal punya suspensi keras banget. Hadir dengan per keong, lo udah gak bakalan lagi nemu yang namanya suspensi keras di mobil ini sob. Gue pernah ngegeber Daihatsu Taruna 2001 type CSX, so far so good, buat nanjak oke, mesin 1600CC injeksinya juga oke buat akselerasi. Over heat issue yang biasa gue temuin di daihatsu feroza juga udah gak gue temui di mobil ini. Mobil yang lahir mulai tahun 1999 ini hadir dengan 2 type body sob. Ada yang C trim atau model short dengan type CL, CX, CSX, dan CSR. Ada juga versi long atau F trim, type nya ada FL, FX, FGX, FGZ. Mobil ini bisa dibilang cikal bakal dari Daihats Terios nih sob. karena Taruna ini berhenti produksi pada tahun 2006 dan diganti Terios di 2007. Gue sih suka sama modelnya, apalagi yang keluaran terakhir bertajuk, Oxxy. Beeeh ganteng coy. Mobil ini ada di rentang 50jt untuk type terendah CL, dan 100jt-an untuk type tertinggi Oxxy CSX. Untuk type paling rekomen ada di type CSX untuk short dan FGX untuk longnya . Karena di type ini udah cukup full option dan bisa lo tebus di kisaran 65-80jutaan tergantung tahun dan kondisi ye sob. Yaa kalo beruntung, bisa dapet yang CSR atau FGZ , beda tipis kok. Beda garnish2 body aja. :)

2. Daihatsu Feroza
Ini G2 punya, menurut gue over fendernya rada kegedean, bahaya karat nih... via : modifikasi.com
Naah ini bisa dibilang SUV dengan singkatan Small Uncomfortable Vehicle sob. Karena kabin sempit dengan 2 pintu emang cukup ganggu sih. Bahkan ada yang bilang 'kegugura deh kalo lagi hamil naik feroza' hahaha. Tapi kalo emang lo doyan offroadan, mobil ini lebih cocok buat lo dibanding taruna, karena pastinya kaki-kaki lebih kekar dan kuat ye sob. Dulu gue juga pernah pake Daihatsu Feroza 1995 Special Edition setelah sebelumnya pake sedan. Emang perubahannya sih signifikan banget sob. Totally gak manjain pantat! Keras banget... Tapi kalo udah biasa sih biasa aja. Tarikan rada berat karena waktu itu gue pake Velg lenso dengan ban 31. Mayan berat dan boros. Tapi kalo buat nanjak emang juara banget lah nih mobil bro. Wajar sih, mesin udah 1600CC. Cuma 1 yang gue sayangin di feroza, mesinnya gampang overheat sob, entah kenapa yah, semua varian Feroza mesti kaya gitu (gue udah coba di 3 varian Feroza, SE, Megatop, dan G2), jadi kalo panas, mau gak mau lo harus ademin dulu deh.  Sebenernya, ada beberapa pilihan buat si Jip Banci ini, diantaranya ada type SE, Megatop, Sporty, dan G2. Type SE adalah type paling kece buat gue, karena body yang pas keliatan sporty dan gak lebay kaya G2 atau Sporty yang pake tambahan bemper dan over fender yang menurut gue agak berlebihan dan justru menghilangkan kesangaran si feroza ini. Beda lagi sama megatop, Feroza megatop hadir dengan atap yang bisa dibuka, ini juga lumayan oke nih sob. Mobil ini ada di rentang harga 35jutaan untuk tahun 1993 dan tertinggi ada di 70jt untuk type G2 tahun 1999. Kalo Special Edition, harga ada dikisaran 50jutaan. Dulu gue jual Daihatsu Feroza SE 1995 seharga 53jt. Dan Feroza G2 dengan harga 68jt. :)

3.  Suzuki Sidekick, Escudo, Vitara
Bahkan Ichiro ini pake Vitara loohh...kalo pake CRV kemahalan kali ya buat ditabrak2in hihi... via : kompas.com
Naaah... mobil ini adalah salah satu mobil idaman gue nih sob, walaupun gue udah beberapa kali ngegeber nih mobil, bahkan sekarang gue masih pake Suzuki sidekick jaitan tahun 1996. Gue suka sama mobil ini. Kenapa? Karena mobil ini punya ground clearance tinggi yang udah pasti bikin lo santai kala melibas jalan dengan berbagai medan sob. Mobil ini sukses menghadang pemasaran Daihatsu Feroza pada tahunnya nih. :D Dan kenapa gue gabung antara sidekick, escudo dan vitara? Karena gak lain dan gak bukan karena body mereka bertiga bisa dibilang kembaran dan cuma beda di beberapa sektor terutama fitur. Sidekick adalah type terendah dari ketiga mobil ini. Bisa dibilang, sidekick adalah pilihan utnuk mereka yang pengen escudo di budget yang minim. Sebenernya kalo dari body gak begitu jauh beda di badning escudo kalo diliat sepintas. Tapi kalo lo masuk ke interiornya, perbedaan bakalan kerasa. Terutama di sektor engkol pintu. Escudo hadir dengan Power Window yang ternyata tersunat di varian sidekick, perbedaan dashboard dan juga doortrim jadi penentu murahnya si sidekick ini sob. Tapi kalo soal mesin, body, lampu2, semua identik. Naah, untuk versi termahal jatuh pada Suzuki Vitara. Bisa dibilang si vitara ini versi 4x4nya Escudo sob.

4. Daihatsu Taft, Rocky, 
Ini GTS 4x4, gue suka yang lampu depan bulet, sexy euy... via : oocities.org
Daihatsu Taft bisa dibilang versi Diesel dari Daihatsu Feroza sob. Dan justru mobil ini yang lebih laku dibanding Feroza. Ya karena dieselnya itu diklaim lebih irit dan lebih bertenaga dibanding mesin bensin yang di gendong Feroza. Kalo dari model, body, interior sih semua identik sama feroza. Beda mesin aja. Dan utnuk varian Rocky, udah pake 4x4 lho. Dan juga udah ada yang pake Suspensi Independent di Taft GT2. Rentang harga mobil ini terbilang gak jelas, tergantung banget sama kondisi dan tahun sob. Tapi untuk taft standar lu bisa tebus dikisaran 40jt-an. Dan untuk Rocky bisa diatas 70jt-an lho, apalagi yang independent, bisa-bisa diatas 100jt lho.

5. Honda CRV
1st Gen CRV nih, gak kalah ganteng sama yang sekarang kok... via : honda-tech.com
Jangan kebayang yang baru-baru yee CRVnya. haha... Yaa emang sih CRV udah jadi ikon SUV modern banget sob. Siapa coba yang gatau. Sebenernya CRV sudah ada di Indo dari tahun 1996 bro. Tapi kayaknya Honda masih malu-malu buat ngeluarin SUV-nya ini. Mungkin takut kesaing sama kompetitonya yang waktu itu diduduki sama Suzuki Escudo dan Daihatsu Feroza. Generasi pertama CRv ini bisa lo tebus dengan budget 65 jutaan aja lho frend. CRV keluar cuma 1 model dengan mesin 2.0 L dan model ini keluar sampe tahun 2001. Bukan cuma itu, di budget 85-100jutaan, lo juga sebenernya bisa dapet yang 2nd Gen, tapi yang tahun 2004 kebawah yaa... Generasi ketiga juga bisa dapet sih sebenernya, tapi harus nyari janda desperate yang ditinggal berlayar suaminya dan dengan impulsif jual-jualin mobil dapet murah tuh biasanya, bisa juga kalo berani ngajak yang ena-ena. haha... (pengalaman gue tuh)

6. Nissan Xtrail
1st Gen Xtrail, mayan gagah lah, empuk pula... via : bestsuv.info
Mobil gagah dari Nissan ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia di tahun 2001 dalam bentuk CBU atau mobil built up. Ada 2 type pilihan mesin yakni 2.0L dan 2.5L, cukup bisa menghadang larisnya CRV di masanya. Dan karena permintaan SUV pasar mulai meningkat, akhirnya pada tahun 2003, mulai muncul Xtrail versi CKD. Yang gue suka dari Xtrail yaitu suspensinya empuk banget, larinya kenceng, dan lagi. Ada kulkasnya sob! hahaha... Nah, di xtrail keluaran 2003 ini mulai dikenal dengan 2 type XT (Extra Touring) dan ST (Sport Touring). Perbedaanya terletak di washer lampu depan dan roof rail yang dilengkapi fog lamp (waktu itu disebut xtrail lampu goa), jok kulit, dan juga wood panel untuk type XT. Ada tips ringan nih buat lo yang pengen ngeboyong mobil gagah ini. Untuk sektor mesin, xtrail termasuk yang punya mesin tangguh, tapi sayang, beberapa kasus xtrail selalu bermasalah di ECU yang katanya sensitif, jadi lo haruis perhatikan yang ini ya. Interiornya juga, dashboard plastik xtrail itu gampang banget kegores, nyari yang perfect sih emang gak gampang ya, tapi minimal yang baretnya minim lah ya. Jok juga jadi perhatian khusus, karena jok si xtrail ini gampang banget kotor sob, apalagi kalo si empunya sebelumnya perokok, kontan deh tuh jok kotor item-item gitu. Dan lagi, masalah paling umum dialami oleh xtrail manual adalah kopling yang sering 'ngelos' kala panas. Lo harus cek yang namanya kampas kopling nih frend. Gak nyaman banget kan begini. Mobil ini bisa lo tebus di kisaran 80-100 jutaan tergantung kondisi ye frend.

7. Nissan Terrano
Nissan Terrano Facelift nih... via : otosia.com
Beeh mobil gagah ini juga ternyata dibawah 100juta loh sob. Menilik dari sejarahnya, mobil gagah ini mulai masuk Indonesia di tahun 1995 sob. Hadir dengan mesin 4 silinder karburator berkapasitas 2400 CC dan tipe SLX, SGX, dan versi tertinggi A/J Limited. Nah kelebihan mobil ini ada di transfer case yang memungkinkan merubah dari penggerak 4x2 jadi 4x4. Nah setelahnya, pada tahun 1997, Terrano memperkenalkan model KingsRoad dan GrandRoad XT. Tapi justru diperubahan ini, transfer case justru disunat. Masuk di tahun 2001, hadir varian Spirit, Kingsroad F1, dan juga GranRoad XT-R. Nah, buat versi paling tingginya, namanya KingsRoad F1 yang dilengkapi jok kulit, side moulding, over fender, dan juga hadir dengan warna two tone. Terrano bisa lo tebus mulai 50 jutaan aja lho untuk versi paling tua tahun 1995, dan untuk yang paling muda, bisa ditebus dengan budget 100jutaan. Kekurangan dari mobil gagah ini diantaranya boros bensin sob, yaiyalah, kebayang gak sih 2400 CC bensin karburator. Udah pasti bikin lo lebih akrab sama mbak-mbak SPBU nih. hihihi

8. Ssangyong Musso
gagah juga ini ssangyong.. via : autoevolution.com
Sebenernya gue agak gelap soal mobil ini, tapi gue pernah satu waktu ditawarin mobil gagah ini dengan harga yang lumayan murah. Dan ternyata bener, begitu gue cek, gak perlu kocek dalem-dalem buat dapetin SUV ganteng ini. Cukup dengna kocek 60jutaan, lo udah bisa dapet mobil Korea yang disebut sebagai anak jauh dari Mercedes Benz sob. Kalo ada yang tau soal mobil ini, boleh lho gue dikasih tau ^_^

9. Suzuki Katana

Lahir dengan nama Jimny di tahun 1987. Mobil kecil ini langsung mendapat hati penggemarnya. Yaiyalah, gimana nggak, mobil ini bertahan banget modelnya sampe terakhir keluar tahun 2006. Ya apa lagi kalo gak dicintai sob? hehehe... Gue termasuk lama banget ngegeber katana jaitan 1995. Yaa emang udah full modif sih. Dalam kondisi standart, lo bisa dapetin katana mulai dari 20juta aja lho. Tapi tergantung kondisi juga sih. Rata-rata lu udah dapat bagus dikisaran 40-50 jutaan lah sob. Gak banyak yang musti diperhatiin dari nih mobil karena emang simpel, perawatan gampang, spare part segambreng. ^_^

10. Ford Escape dan Mazda Tribute
Ford Escape nih.... via : motortrend.com
Kenapa gue gabungin? Karena ternyata mereka berdua ini punya base yang sama. Jadi keinget sama yang namanya Mazda Trendy dan Ford Laser di taun 90an sob. Mereka ini kaya semacem saudara deket gitu, karena dari base body, interior bahkan mesin juga sama loh, yakni 2.0L, 2.3L, dan 3.0L V6. Nah, kejadian lagi sama si ford escape dan mazda tribute nih. Keduanya menganut model SUV dan berada di rentang harga dibawah 100jutaan, jadi gue rasa layak buat masukin nih mobil ke postingan gue kali ini sob. Gue pernah jual Ford Escape di kisaran harga 70 jutaan buat jaitan 2003. Mayan banget loh, mobilnya enak, empuk, gagah, easy to drive. Tapi katanya sih perawatannya rada susah. Gue sih jujur cuma pake aja gak sempet sampe ngerawatin, karena alhamdulillah langsung laku sih. hehe... Boleh juga tuh buat lo yang pengen mobil antimainstream. Karena emang mobil ini rada jarang keliaran dijalan, apaladi mazda tribute. Mayan laah.

11. Kia Sportage
kiri 1st gen, kanan 2nd gen, via : http://downsideupdesign.com/
Nah, giliran Korea yang menunjukkan taringnya di jajaran SUV dibawah 100jutaan nih sob. Lo pasti taiu yang namanya KIA Sportage, emang sih, sportage gen 1 ini jarang banget keliaran di jalan, yaah namanya juga mobil korea yah, jaman dulu kan orang suka fanatik, agak takut beli mobil korea. Beda sama jaman sekarang, orang udah lebih terbuka buat beli mobil selain mobil Jepang, terbukti, KIA Sportage baru banyak keliaran di jalan. Tapi bukan berati KIA Sportage jadul gak pantes dipinang nih sob, modelnya juga gak jelek-jelek amat kok. Mobil dengan silinder 2000 CC ini tersedia dalam 2 pilihan transmisi, yakni matik dan manual. SUV Korea ini bahkan pernah memenangkan Rally Dakar segala loh. Dengan budget dibawah cepektiauw, lo bisa dapet sampe generasi kedua dari si Sportage ini sob. Kisaran harga untuk Sportage 1st gen ada di kisaran 50jutaan, sedangkan yang 2nd gen ada di kisaran 70jt sampe 90jt. Mayan lah buat fancy-fancy yah... :D

12. Hyundai Santa Fe
Ganteng juga nih... via : wikipedia.com
Bukan cuma KIA yang jadi pabrikan otomotif asal negaranya Super Junior nih frend. Tapi ada juga yang namanya Hyundai. Untuk Santa Fe sendiri merupakan Line Upnya SUV Hyundai nih sob. Terbukti dari harga baru yang selalu lebih mahal dari yang lainnya, bahkan dari mobil Jepang sekelas Fortuner dan Pajero Sport lho. Dengan budget 100jt kurang, lo bisa dapet Hyundai Santa Fe generasi pertama yang keluar dari tahun 2001 sampe tahun 2006. Populasi mobil ini bener-bener jarang nih sob, satu parkiran mall di malam minggu, belum tentu ada mobil ini barang 2 unit. So, buat lo yang pengen anti mainstream, bisa banget ngeboyong nih mobil yang punya 2.400 CC Bensin. Kalo beruntung, lo bisa dapet yang versi 4x4 lho. Siapin deh dana antara 50juta sampe 80juta buat boyong nih mobil sob. Wuiihh....

13. Hyundai Tucson
Asli ganteng dan gak malu-maluin sob, via : http://www.automobile-catalog.com/
Selain Santa Fe, ada juga nih Tucson yang bisa dibilang adik dari Santa Fe. Diluncurkan pertama kali tahun 2005 yang waktu itu dilahirkan untuk menghadang Toyota Rav4, Honda CR-V, Ford Escape, dan juga Xtrail bro. Mobil ini sebenernya terkenal sampe seluruh penjuru dunia, tapi di Indonesia sendiri, Tucson hadir pake mesin 2000 CC yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 139ho pada 6000 rpm. Wuih...sadeeesst. Walaupun hadir dalam 2 pilihan transmisi, yakni 5 speed manual dan 4 speed Matic, versi manual Tucson lumayan susah ditemui di Indonesia sob. Generasi pertama mobil ini bisa lo dapatkan dengan kocek kurang dari 100juta lho. Cukup siapkan dana antara 80-95jt sob.


Naah, akhirnya sampe di akhir postingan, mobil SUV emang beneran enak loh, jadi gak salah kalo jaman sekarang jadi pilihan orang-orang yang bahkan tinggal di kota. Karena SUV termasuk mobil yang gak manja. Dibawa kemana aja oke, mau on road ayo, mau off road ya ayo. Karena umumnya ground clearance SUV nih lumayan tinggi sob. Buat orang yang rada gasrak bawa mobil macem gue gini sih emang cocok banget pake SUV. Bahkan bukan cuma itu sob, saking kepengennya hatchback dibikin SUV, sekarang keluar juga kategori mobil cross over, yakni city car hatchback yang menganut suspensi ala SUV dengan ground clearance lumayan tinggi. Gak kurang dari 3 model cross over beredar di Indonesia, contohnya Nissan Juke, Nissan Livina X Gear, Honda HRV, Outlander Sport, dll.

Tapi emang sih, harga mobil-mobil baru itu emang gak murah sob, apalgi fortuner, pajero sport, ford everest, duh ngilu deh harganya. Jadi gak ada salahnya kan lo lirik tuh SUV-SUV yang pernah ngetrend jaman dulu. Kalo kata orang tua, "mobil lama biasanya lebih awet". Yaa gak sepenuhnya salah sih. ^_^

Oh ya, harga yang gue sebutkan diatas bener-bener depend on condition mobilnya ya sob. Perhatikan pajak dan kondisi kendaraannya juga. Atau lo bisa cek postingan gue tentang tips pilih-pilih mobil bekas nih... :)

Dan the last but not least, gak bosen-bosen gue bilang, Correct Me If I'm Wrong :)

gue_nugros :)

7 comments:

  1. Lihat koleksi mobil murah di bawah 50jt di sini gaes.

    ReplyDelete
  2. Jika anda tertarik dan sedang mencari mobil suv murah, saya akan memberikan mengenai salah satu produk buatan DFSK yaitu Glory 580. Mobil ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan harga yang cukup murah. Detail bisa klik link diatas.

    ReplyDelete
  3. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete
  4. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete