Penghujan Datang! Nih Tips RIngan Buat Lo Yang Sering Berkendara Saat Hujan

Oke, kita udah masuk di bulan berakhiran Ber-Ber. Dari jaman SD gue selalu diajarin sama guru charming gue soal iklim. "Gampang kok bedain musim di Indonesia, pokoknya bulan yang punya akhiran ber-ber pasti deh ujan". Walaupun fakta dilapangan sedikit meleset karena global warming yang mengacaukan sistem iklim. Tapi hampir pasti setiap penghujung dan awal tahun kita dihadapkan dengan musim penghujan.

Naah, buat lo yang sering banget berkendara baik motor atau mobil, udah pasti musim hujan jadi momok yang justru kurang enak, karena selain basah, tentunya resiko kecelakaan juga lebih besar daripada cuaca kering. Nah, seperti gue kutip dari facebooknya TMC Polda Metro, ada nih 11 Tips Untuk Berkendara Kala Hujan di Jalan Raya. Dengan tambahan saran ala nugros pastinya. Langsung cek deh....


1. Lampu-lampu, mutlak harus dicek biar gak Invisible kala hujan
harus berfungsi nih lampu buat kodein si dia *eh, via : genius.com
Yaa as we know ya frends, hujan, apalagi dengan intensitas tinggi atau deras, iya deras itu yang biasa dimasak jadi nasi. (itu mah beras atuh gros). Yaudasik. Kalo hujan deras, udah pasti jarak pandang juga berkurang kan frends, bahkan kalo hujannya lebat banget, bener-bener bikin pandangan kita kabur. Udah pasti, kita gak akan bisa lagi bedain kendaraan di depan, Apakah mantan yang minta balikan, atau masa depan yang lagi kode2, atau pacar orang yang minta ditikung. Blurr. Kita cuma bisa memanfaatkan kode lampu dari kendaraan-kendaraan di depan kita frends. Kebayang dong kalo misalnya lampu kita gak berfungsi normal? Bakalan nyusahin pengendara motor lain yang gak bisa bikin lo ngerasa bodo amat. Gak mau dong motor lo kesruduk bajay dari belakang? Jadi sebelum berkendara hujan, mendingan periksa deh lampu2 motor or mobil lo frends biar kita sama-sama aman aja gitu.

2. Karena Ban Botak Gak Bagus Buat Ujan, Cek Rutin Coy
harus di cek rutin, via : autofreaks.com
Naah, ngecek tekanan ban juga mutlak perlu nih frends, soalnya kalo tekanan ban dalam keadaan kurang, ini bisa berakibat melayangnya ban motor atau mobil sewaktu melibas genangan air, udah pasti ini bahaya banget ya frends. Bukan cuma itu, pemeriksaan grip atau kembangan ban motor dan mobil juga perlu frends. Walaupun botak lebih keliatan menggoda kaya Vin Diesel, Will Smith, Dwayne Johnson, sampe ke Samuel Rizal, tapi NGGAK buat ban motor or mobil ye frends! Grip ban mobil atau motor, diciptakan untuk memperbesar gesekan ban dengan aspal, kalo ban botak aja bisa licin banget pas kering, gimana pas ujan? Gak kebayang deh frends. pasti licin banget dan bikin susah banget buat ngerem. Jadi cek secara rutin yaah.

3. Pastikan Kontrol Kendaraan Lo Normal Secara Keseluruhan
nih pedal kehidupan, caelah, via : fotokolpri
Perangkat kontrol kendaraan lo meliputi rem, gas, sampe kopling. Pastiin semuanya bekerja dengan normal terutama rem. Ganti kampas rem lo kalo udah ngerasa dalem atau ngerem udah gak maksimal. Ini bisa mengurangi kemungkinan rem blong kala hujan tiba. Bawa aja deh ke bengkel. Bengkel emang gak bakal tau kenapa lo susah move on dari mantan atau kenapa lo masih jomblo sampe sekarang, tapi bengkel pasti ngerti yang terbaik buat rem motor lo frends. Dia bisa kasih saran-saran standar buat rem motor lo pastinya.

4. Jangan Pake Sepatu Fashion Pas Ujan2an Dijalan
ketjeeh badaai, via : apboots.com
Nah, usahakan banget buat lo yang pake motor pas ujan, jangan pernah pake sepatu wakai pas ujan, karena selain bakalan basah kuyup, pastinya gripnya yang tipis itu bikin lo kepleset pas ujan. Emang sih begaya dan kekinian banget, tapi plis lah, kalo lagi dijalan, fashion bukan lah yang utama, pake aja AP Boots Moto yang desainnya malu-maluin banget itu, tapi dijamin deh aman ngelibas hujan (begitu sih kata iklannya, gue juga gak pake).

5. Pake Jas Ujan Setelan, Jangan Yang Ponco
kalo mau pamer baju n celana branded mahal kreditan, boleh juga pake transparan, via : aliexpress.com
Denger kata ponco, kok sekilas gue inget lirik lagu senam yang satu ini
Balenggang pata pata, ngana pe goyang pica pica, ponco ponco
Gros! Plis, itu Poco-poco! Iye iyeee..... Nah, jas ujan setelan baju dan celana juga bisa lo pake pas ujan, ini bisa bikin gerakan lo lebih luwes kala berkendara frends. Gak ngeribetin dan pastinya, lo lebih keliatan kaya manusia dan bukan kaya umbul-umbul iklan. Usahakan pake warna-warna norak yang terang, macem ijo stabilo, kuning, oranye, atau pink aja sekalian biar keliatan cathcy (atau keliatan sekong?). Jangan pernah pake warna gelap apalagi tanpa motif, selaen orang gak bakal ngeliat kehadiran lo dijalan, tapi juga orang bisa mikir kalo lo karung goni berjalan. Jangan yah, buat kebaikan kamu juga kok, iya kamu :)

6. Jangan Kenceng-kencenglah, Gak Lagi Dikejar Setoran Kan?
nih kek gini minta banget disumpahin bisul menahun! via : pixabay.com
Well, kala hujan adalah saatnya buat lo sedikit bersabar dan sedikit mengurangi kecepatan lo frends. Toh boss lo, pacar lo, selingkuhan lo, istri lo pastinya bisa memaklumi kondisi lah ya. Tapi ga ngerti juga sih kalo pacar lo lagi PMS. Kalo diomelin, yaudah pasrah aja lah ya. Karena kan kita gak pernah tau kondisi jalanan kaya apaan dan zat apaan aja yang ada di jalan, siapa tau ada bekas oli tumpah hayo? Nah, berkendara pelan bisa ngebantu grip ban lo untuk lebih mencengkeram aspal jalanan lebih baik frends. Jadi yaudalah gausah kenceng-kenceng, santai aja, toh sampenya sama aja. Dan juga, jangan sampe nyipratin ke pengguna jalan lain yaa kalo gak mau disumpahin jomblo seumur idup.

7. Jangan Deket-deket Kalo Gak Mau Nyeruduk
gak mau ganti rugi kan? jaga jarak makanya, via stltoday.com
Gak ada salahnya kita baca tulisan di belakang truk yang bilang "Pera One Are You Di End Tought So Peer" eh bukan yang itu deng. Tapi, yang "Papah Pulang, Mamah Digoyang" bukan yang itu juga kali coy! Tapi yang ini "Jaga Jarak Aman Anda", walaupun kadang diiringi dengan gambar manusia betina setengah telanjang, tapi kata-kata ini bukan serta merta keisengan semata loh. Jaga jarak aman juga diperlukan frends, karena namanya mobil or motor yang melaju kencang, pastinya butuh space untuk proses pengereman sampe berhenti kalo gak mau seisi mobil pindah semua ke depan. Jadi, jaga jarak lebih jauh dengan mobil or motor di depan lo yah, jangan pernah nempel-nempel walaupun jomblo, karena hujan bukan waktu yang tepat buat ngasih kode ke orang lain di jalan. Bisa-bisa bukannya dijadiin pacar, tapi justru disuruh ganti rugi karena nyruduk bemper. Kesiaaan....

8. Jangan Sembarangan Nerobos Banjir
ngilu euy! via : autoclassifieds.link
Ini gue pribadi pernah ngalamin frends, waktu itu gue lagi ngendarain Toyota Starlet Kapsul 1.3 taun 91 warna merah, velg racing AC dingin power steering (kok jadi kaya iklan baris gini?). Iya, waktu itu gue berangkat kantor impulsif banget bawa mobil karena emang ujan, padahal jarak kantor rumah cuman 5 kiloan. Selama di kantor, ujan terus menerus turun tanpa berhenti, yang sukses bikin jalan-jalan banjir total. Ditambah gue dengerin saran sesat nan bejat bapak-bapak gempal yang notabene temen sekantor gue. "Eh dengerin saya, lewat perum 3 ajah, udah gak banjir looohhh". Seharusnya gak gue dengerin nasihatnya. Perumnas 3 banjirnya huebohh banget. Dengan jumawa gue terabas tuh banjir yang gue yakin tingginya gak lebih dari 20cm. Dan ternyata apa? tingginya 3x lebih tinggi. Shit! Mobil gue sukses jadi kaya prahu coy, semua air masuk ke dalem kabin. Dan parahnya, kipas pendingin juga pecah karena nerabas banjir yang lumayan dalem. Dan besoknya, gue gak ngantor, karena harus nguras mobil. Shit! Untungnya mesin gak kenapa2, cuma ganti oli aja. Jadi buat lo, jangan pernah sok sokan nerobos banjir frends, baik motor atau mobil, karena kondisi yang ketutup genangan air, udah pasti lubang atau ketinggian air gak bisa kita tebak. Daripada ngambil resiko, mending lewat jalan lain aja deh kalo memungkinkan.

9. Kalo Kendaraan Lo Mogok Ditengah Banjir, Better Dorong Aja Deh
aduuuh.... via : dailymail.co.uk
Kalo busi kendaraan lo kena air, udah pasti deh, mobil atau motor lo bakalan mogok seketika. Nah, dihimbau buat lo semua, jangan pernah nyoba  buat nyalain motor atau mobil lo, di dorong aja deh, justru lebih aman, karena kita gak tau apa yang bikin mogok kan, gimana kalo ternyata kelistrikan konslet? Ih ngeri banget lah ya, meledak, gimana? Naujubileh.... Nih, gue ada beberapa tips kalo misalnya mobil atau motor lo mogok kala banjir.

Buat mobil
kabel busi, via : fotokolpri

  • Tempatkan mobil lo di tempat aman dan kering. Coba starter mobil lo 2-3x, kalo gak nyala, jangan dipaksa, soalnya bisa bahaya banget, takut konslet
  • Coba buka kap mesin, coba cek ke bagian distributor macam koil, busi, kabel busi. Keringkan dengan menggunakan kertas koran, tissue, atau lap kering, gak disarankan dengan lap sutra sekalipun lo kaya banget.
  • Setelah lo yakin kering, coba deh starter mobil lo 2-3x. Kalo gak mau hidup juga, saatnya lo ngecek kabel busi, takutnya busi tergenang air, copot dan keringkan trus pasang lagi seperti semula
  • Diproses ini mobil diharapkan bisa nyala, kalo gak nyala juga, yaudah derek aja deh sampe ke bengkel terdekat takutnya ada apa-apa.
  • Nah, terakhir kalo misal mobil lo udah nyala, periksa rem. Coba remnya, nyangkut apa nggak, biasanya rem bakalan slip kalo kena air yang tentunya bisa mengurangi kualitas pengereman
  • Setelah pemeriksaan ringan dan mobil lo udah nyala, bawa pulang dengan bahagia dan besoknya bawa ke bengkel aja buat tune up. Minimal ngecek rem atau ganti oli aja. 

Buat Motor
nih begini nih nyabutnya, via : arantan.wordpress.com

  • Dorong motor lo sendiri ke tempat kering dan aman (dari begal)
  • Coba tarik choke yang biasanya udah tersedia di motor, umumnya ada di bawah saklar sebelah kiri kecuali matic honda, (gue juga bingung kenapa gak ada choke nya) terus starter deh pake kick starter aja dulu.
  • Kalo nyala, yaudah alhamdulillah, kalo gak nyala, cek businya! kemungkinan kemasukan air.
  • Buka cangklong busi, lap2 dikit, pasang, terus coba lagi starter, kalo ga nyala juga, buka aja lah businya, trus lap-lap atau ganti aja yang baru.
  • Kalo motor lo masih normal dan sehat, gue jamin, pasti nyala lagi dengan normal.
  • Jalan lagi deh dengan bahagia.
10. Bawa Semua Kelengkapan Motor/Mobil
gak mesti seheboh ini sih, yg penting ada kunci busi dan kunci standar, via : amazon.com
Pastikan di kendaraan lo ada alat-alat yang menunjang untuk kemungkinan terburuk. Kunci busi, obeng, dan kunci-kunci standar harus ada di motor/mobil lo frends. Kita emang gak pernah tau apa yang terjadi, tapi mencegah lebih baik daripada mengobati kan. (Lah apaan si). 

11. Jangan Panik! Itu Cuma Hujan, Bukan SMS "Apa Kabar ?" Dari Mantan
buset apalagi kaya gini, dijamin baper mendadak :(
Naah, ini lebih ke diri lo sendiri frends, kalo berkendara kala hujan, jangan pernah panikan, biasa aja, rileks, toh cuma hujan aja bukan ngeliat mantan sama pacar barunya, atau undangan merit dari mantan, atau sms "Apa Kabar?" dari mantan. jadi jangan baper jangan sensi, jalani aja apa yang ada dengan benar tentunya. Semua akan baik-baik aja kok, percaya sama gue. :)

Naaah, dengan baca 11 Tips Kece Berkendara Kala Hujan diatas, gue berharap buat para pembaca lebih siap menghadapi hujan yang notabene berkah dari Tuhan ini. Jadi, tetep safety riding yaa kala hujan. Karena orang tersayang lo selalu menanti dirumah (atau kantor?) :)

Correct Me If I'm Wrong :)

gue_nugrosa

3 comments:

  1. ban penting tuh untuk selalu di cek, meskipun tidak d musim hujan

    ReplyDelete
  2. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the comments here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained!
    온라인경마

    ReplyDelete
  3. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete