Interplay or iPlay, whatever...:D

Hari ini sabtu, yaa seperti biasa, gue masih ngantor, ya walaupun cuma tiga jam, agak beda sabtu ini, why? suasana kantor bener2 sepi buangettss...kenapa gitu? yaaa bukan karena mereka pada nonton konser ayu ting ting juga sih, apalagi kalo sampe mereka pada pergi nonton konser PSY ke korea, itu ga mungkin, ya direktur gue ada resepsi nikahan gitu...jadi ya mereka kondangan gitu lah...

Udah cukup lama ga ngegores blog tercinta gue ini, karena I just got some hectic days, phew...kangen buat nulis....hari ini sebenernya gue agak bingun buat nulis apaan...gue pun buka bilah bookmark, dan mulai milih2 tema apa yang mau gue angkat, hmmm yaa akhirnya gue pilih, hari ini gue mau pilih buat bahas mazda 323 interplay ajahh...yaaa, di target gue sih, taun depan insya Allah bisa beli mobil ini...Amiiinnnn....*semesta mengamini*

Interplay, atau biasa di sebut iPlay, yaa walaupun bukan produk Apple sih...hmm...

Terus gros, kaya apaan sih interplay itu? harganya berapaan? speknya? plus minusnya?

Oke, gue bakal bahas disini....


Interplay itu salah satu varian mazda 323 yang keluar sekitaran taun 1989 sampe taun 1994, sebenrnya ada jgua sih diatas taun 1994, tapi dari sumber yang gue dapet, yang diatas taun 1994 itu dikhususkan buat perusahaan taksi...hmm...

gue mau bahas yang taun 90an aja, soalnya bentukannya lebih keceeehhhh...:p

Oke, bermodal mesin B6 1600CC SOHC inline 16valve carb, mazda 323 ini sedan yang paling lengkap di masanya dulu, bahakan kalo lawan toyota dan honda sekalipun...kenapa? yaa di taun segitu, interplay udah pake instrumen digital semua freendd...mulai dari speedometer, RPM, suhu mesin, bensin, trip meter, odometer. Yaaa walaupun kalo nyari sekarang2 ini, jarang banget yang masih nyala panel digitalnya, n lebih apda seneng pake panel, analog....tapi ya kan tergantung kondisi juga yaahhh...



Oke, kalo kita ngomongin soal drivingnyaa, si iplay ini diklaim jadi nomor 2 terbaik setelah grand civic, kalo menurut para QC supervisor indomobil sihh..FYI, bokap gue pernah ngegeber juga mobil ini, yaa dulu bokap gue punya taun 1990, dan gueee, selaku anaknya, pernah jgua ngegeber nih boil, kalo menurut gue, handling lebih enak dari corolla twincam, buat kelas small sedan, interplay oke lah...apalagi, disc brake yang ada di empat rodanya itu loh selain bikin kecee, itu juga bisa nambah kualitas pengereman. Ya lo bayangin aja, mobil sedan laen mana ada gitu yang pake 4 disc gini? blm ada buat kelas small sedan, walaupun waktu itu ada Dangan DOHC GTi yang jgua pake 4 disc.

Oh iya, dari sumber yang gue dapet, interplay ini bisa ngeluarin tenaga 86hp. dan oke, mesin segitu ga bisa ngapa2in sih kalo dibanding mobil laen, kaya grand civic ato twincam ato dangan DOHC GTi. Tapi yaa, emang kita mau balapan? enggak kaan? :p Dann okeeee.....harga BBM sekarang gak semurah dulu, buat konsumsi BBM, mobil ini terbilang cukup irit lahh, dari data yang gue dapet sih bisa sampe 1:12 dalam kota n 1:14 luar kota dalam kondisi mesin setandaaarr sih yaaa, blom ada tambahan turbo cgharged, ato pengapian racing segala macem...hehehe...eh tapi ya, onderdil mesin mobil ni juga gampang loh...cuma yang agak susah paling ya nyari part2 body-nya aja, ya maklum deehh...mobil seumuran guee...:D

Ngomongin fisik, eksterior mobil ini cukup oke lah, ga terlalu kotak2 amat, gue suka desain lampu depannya, sporty kaya lancer evo gitu deh, kayanya evo juga terisnspirasi dari nih boil deh...hahaha...dan yang okenya lagi, mobil ini udah pake 4 disc gitu kan, kita bisa maenin ganti velg yang berjari2 kurus n ganti warna kaliper, beuuhh racing abisss...:D




Dari segi interior, selaen panel instrumen yang digital itu, joknya juga nyaman sih...udah pake power window semua, AC dingin, ada hand rest di jok belakang juga, pokoknya mewah lahh...


Oh iya, harga....pasaran mobil ini sebenrnya ga sesegar grand civic atau segarang twincam sih, makanya itu, harganya juga agak murah yaa, yaa disekitaran 30jutaan gitu lah...

berarti, dari penjelasan diatas itu, bisa ditarik kesimpulan(okeee gue mulai talking like a doctor..LOL) :

Positif :

1. Mobil ini murah, mewah, 30jutaan, worth it laaa freend...mengingat twincam n grand civic itu harganya selangittt...
2. Spare part mesin n kaki2 banyak dijual di pasaran, dan harganya jgua ga terlalu mahal
3. Katanya sih fun to drive, tapi gue ga merhatiin banget soal yg ini sih
4. Kabin legaaa..
5. Rem 4 Disc yang KECEEHHH dan Aman...:p

Negatif :
Katanya siiihh :
1. Mesin kurang bertenaga
2. Body part susah dicari,
3. Instrumen digital udah jarang yang masih bener, kebanyakan udehh mati...:D
4. Harga pasaran rendah

Pembelaan kenegatifan :p :
1. Mesin bisa lah di modif dikit, eh tapi ya, emang nih mobil mau buat balap? drag? drift? enggak kan? jadi ya oke oke aja sih....
2. Dicari? emang siapa juga yang mau buang? haha....yaa kalo udah hobi n niat, pasti ada lah yaa....
3. instrumen digital emang agak ngenges bro, ya udah mending cari panel analog aja gih....
4. Yaa emang sih, tapi yaa engg...apa ya....Ah Sudahlah....



yaa kira2 itu gambaran soal Mazda 323 interplay ini, jujur gue pribadi sih suka ya mobil ini, kenapa? ya karena KECE aja gitu...:p ah gitu harganya murah juga...trus jgua kan babeh gue pernah pake nih boil, jadi ada pemandunya juga kalo sampe punya nih boil...Aaahhh really want...:p

NABUNG NABUNG NABUUUNNGGG!!!! :p



thanks to : http://mobilbarumobilbekas.blogspot.com

CMIIW

gw_nugros




12 comments:

  1. lumayan nyaman juga neh mazda.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman dan fun to drive banget om brow.... jarak pandang kacanya luas bingiitss.... :D

      Delete
  2. wah,,,! sm ane jg seneng bawa ni mobil selain karna warisan mbl ini bersejarah buanget buat ane trus yg disesalkan utk cari karet-karet lis kacax susah amir apa lg posisi ane dikaltim, tp yahh namax jg seneng tetaplah diusahakan heheheheee,,, ,,

    ReplyDelete
  3. boz mau tanya letak no mesin untuk mobil ini disebelah mana ya??

    ReplyDelete
  4. bisa gak mesin karburator mazda 323 interplay diganti injection

    ReplyDelete
  5. Minta tolong rekomendasiin bengkel mesin buat mazda diseputar bintaro yg bisa dipercaya dan bagus,harga normal karna saya mau turun mesinnin mobil mazda 323 interplay saya biar jadi rapi dan bagus,dan kalau diganti injection jadi bagus gak yah

    ReplyDelete
  6. Minta tolong rekomendasiin bengkel mesin buat mazda diseputar bintaro yg bisa dipercaya dan bagus,harga normal karna saya mau turun mesinnin mobil mazda 323 interplay saya biar jadi rapi dan bagus,dan kalau diganti injection jadi bagus gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ganti ke injection banyak sekali yang diganti om, jadi lebih baik pertahankan karburatornya aja, selain gampang perawatannya, mobil tua akan lebih baik dalam kndisi aslinya om :)

      Delete
  7. Tolong dibantu,hub 081213292299

    ReplyDelete
  8. Om kalau iplay upgrade mesin cocok nya pake apa y yg ga perlu rubah rubah dudukan mesin atau rombak rombak ruangan mesin

    ReplyDelete