Dan oke, akhirnya gue bisa nulis di blog gue yang makin rame ini, gak kerasa udah 23ribu view aja, alhamdulillah....
Barusan browse inet, ngeliat2 pasaran mobil bekas, n serba-serbinya juga, dan ternyata yang bikin gue bengong, ada istilah yang nyebut HOMOSEK, ya lo jangan ngeres dulu, itu singkatan dari Hobi Mobil Seken....hahahaha.....Sedikit maksa, tapi Gokil...:p
Dan kali ini gue mau bahas soal tips trik kalo meu beli mobil secondhand atawa bekas...Sesuai peraturan pemerintah, DP kredit mobil baru itu mahal ya, dan oleh sebab itu (ceilah) orang2 yang emang pengen punya mobil, ya harus gigit jari deh ngitung mahalnya tuh DP, hmmm....tapi ya gak usah kuatir juga sih, masih ada juga itu mobil seken yang harganya jauh lebih murah dari mobil baru, tapi.... namanya jgua mobil bekas pake ya, kalo ketemu orang yang jago ngerawat mobil sih gapapa ya, tapi kalo kita ketemu mobil bekas pake orang yang jorookkk...gimana tuh? bisa ketempuan kita...ya karena kondisi mobil seken yang beda-beda itu, gue berniat nulis tips n triknya...oke lah gue mulai aja yeee....
1. Tentuin Model
Tentunya lo mesti tau frend, mobil apaan yang lo mau, sedankah, minibus kah, atau apa aja lah, lo bisa liat bentukannya dipostingan gue disini n disini, n buat yang pengen 30 jutaan, bisa cek disini.
2. Siapin Budget
Dan oke, kalo lo udah ditahap ini, bisa dipastiin lo udah puasa tujuh hari, solat malem 40 hari, n semedi di gunung salak buat nentuin bentuk mobil yang lo mau, n udah nentuin mau beli yg kaya apaan, ini yg lebih penting, DUIT! inget men, kencing di stasiun aja bayar...jadi yg lo harus perhatiin, ya duit buat beli laahh, masa mau pake duit bambu, semua harus dipasin sama budget lo, yaa buat ngecek harga pasaran, bisa liat iklan baris di koran kek, liat toko bagus kek, atau apa kek, pokoknya banyak cara deh....
3. Datengin Penjual
Oke misalnya lo udah dapet, ketemu ya sama orang yang jual di iklan baris, nah tinggal lo samperin deh tuh mobil ke si empunya, yang mesti lo perhatiin, lo mesti tau, kenapa tuh mobil dijual, n fitur-fiturnya, gak usah ragu buat nanya ke si owner, soal sejarah tuh boil, yaa mulai dari belinya dimana, udah pake dari taun brapa, udah pernah nabrak apa belom, udah pernah kejebak banjir apa belom, yaa be friendly aja sih intinya di proses ini sama si penjual.
4. Minta Test Drive
Di proses ini, anggaplah lo udah akrab sama si penjual, gak usah ragu buat minta test drive, ini penting loh, yaa kan kita gak tau ya mobil ini enak ato kagak, jadi ya ga usah ragu buat minta test drive.
5. Cek Fisik
Test drive udah, saatnya lo cek kondisi fisik tuh boil bro, kalo bisa bawa montir profesional kek...yaa beberapa yang mesti di cek kira-kira gini nih...
Barusan browse inet, ngeliat2 pasaran mobil bekas, n serba-serbinya juga, dan ternyata yang bikin gue bengong, ada istilah yang nyebut HOMOSEK, ya lo jangan ngeres dulu, itu singkatan dari Hobi Mobil Seken....hahahaha.....Sedikit maksa, tapi Gokil...:p
Dan kali ini gue mau bahas soal tips trik kalo meu beli mobil secondhand atawa bekas...Sesuai peraturan pemerintah, DP kredit mobil baru itu mahal ya, dan oleh sebab itu (ceilah) orang2 yang emang pengen punya mobil, ya harus gigit jari deh ngitung mahalnya tuh DP, hmmm....tapi ya gak usah kuatir juga sih, masih ada juga itu mobil seken yang harganya jauh lebih murah dari mobil baru, tapi.... namanya jgua mobil bekas pake ya, kalo ketemu orang yang jago ngerawat mobil sih gapapa ya, tapi kalo kita ketemu mobil bekas pake orang yang jorookkk...gimana tuh? bisa ketempuan kita...ya karena kondisi mobil seken yang beda-beda itu, gue berniat nulis tips n triknya...oke lah gue mulai aja yeee....
1. Tentuin Model
Tentunya lo mesti tau frend, mobil apaan yang lo mau, sedankah, minibus kah, atau apa aja lah, lo bisa liat bentukannya dipostingan gue disini n disini, n buat yang pengen 30 jutaan, bisa cek disini.
2. Siapin Budget
Dan oke, kalo lo udah ditahap ini, bisa dipastiin lo udah puasa tujuh hari, solat malem 40 hari, n semedi di gunung salak buat nentuin bentuk mobil yang lo mau, n udah nentuin mau beli yg kaya apaan, ini yg lebih penting, DUIT! inget men, kencing di stasiun aja bayar...jadi yg lo harus perhatiin, ya duit buat beli laahh, masa mau pake duit bambu, semua harus dipasin sama budget lo, yaa buat ngecek harga pasaran, bisa liat iklan baris di koran kek, liat toko bagus kek, atau apa kek, pokoknya banyak cara deh....
3. Datengin Penjual
Oke misalnya lo udah dapet, ketemu ya sama orang yang jual di iklan baris, nah tinggal lo samperin deh tuh mobil ke si empunya, yang mesti lo perhatiin, lo mesti tau, kenapa tuh mobil dijual, n fitur-fiturnya, gak usah ragu buat nanya ke si owner, soal sejarah tuh boil, yaa mulai dari belinya dimana, udah pake dari taun brapa, udah pernah nabrak apa belom, udah pernah kejebak banjir apa belom, yaa be friendly aja sih intinya di proses ini sama si penjual.
4. Minta Test Drive
Di proses ini, anggaplah lo udah akrab sama si penjual, gak usah ragu buat minta test drive, ini penting loh, yaa kan kita gak tau ya mobil ini enak ato kagak, jadi ya ga usah ragu buat minta test drive.
5. Cek Fisik
Test drive udah, saatnya lo cek kondisi fisik tuh boil bro, kalo bisa bawa montir profesional kek...yaa beberapa yang mesti di cek kira-kira gini nih...
- Body
Ya ini penting, usahain lo dapet mobil yang bodynya masih lempeng, dalam arti, blom ada kropos, blom ada peang, lekukan2 harus masih ada, cat masih orisinil, gimana ngeceknya? kalo kropos, ya gak usah ragu deh buat ngeliat kolong mobil, ngangkat karpet mobil, trus kalo nut ato lekukan body, ya lo mesti tau dan hafal dimana letak lekukan2 itu, n kalo cat, yaa bisa diliat secara visual, n kalo ketebalan catnya, ga usah ragu2 buat gedor2 tuh boil, kalo cat masih tipis, suaranya bakal kaya kaleng krupuk, nah kalo udah tebel, suaranya udah gak kaya kaleng. kenapa gitu? yaa buat mastiin aja, kalo cat orisinil, tapi masih mulus, kan berarti tuh boil dalam keadaan belom pernah nabrak...
- Mesin
Nah, ini penggerak utama mobil frend, gak kalah penting, usahain cari mesin mobil yang masih kering, alias gak ada rembesan oli, apalagi sampe netes, itu tandanya ada paking yang kagak rapet, n gak segampang itu juga ganti paking, kan harus turun mesin brader...nah trus cek kondisi silinder, ngebul ape kagak, ya ngeceknya simpel, lo nyalain tuh boil, lo geber ajah, kalo ngebul putih itu berarti piston mobil udah ga sehat, entah ring piston aus, ato silinder piston baret, itu simpelnya sih, nah yang canggih, ada yang namanya cek engine, biasanya mobil sedan yang pake DOHC injeksi, biasanya ada fitur gituan, yang bisa ngasih tau kita keadaan mesin pake lampu indikator, kalo mesin nyala tapi cek engine masih nyala terus, berarti ada yang kaga bener, nah bisa di cek tuh sama montir yang lo bawa. Nah makanya disini pentingnya test drive brader.kalo udah srek, lanjut ke selanjutanya deh...
- Kaki-kaki
Ya ini penting, kenapa? yaelah pake nanya, kalo ga ada kaki2, mau ngesot tuh boil lo? kagak kan...oke sebelom ditendang satpam, mending gue jelasin kalo mobil juga punya kaki, tuh ban 4 biji yang jadi kaki mobil, tapi bukan cuma itu, komponen kaki itu ya banyak juga ya, ada gardan, tie rod, dll, nah pas lagi jalan, lo bisa ngecek deh tuh enak apa engga dibawanya, stir lurus apa engga, dibawanya anteng apa engga. Kalo udah sip semua, ya lanjut langkah berikut...
- Jarak tempuhnya
Ini sih gak terlalau penting2 amat sih, cuma sekedar syarat aja, biasanya sih mobil dengan kilometer yang rendah akan lebih bagus, soalnya kondisi mesin gak diforsir n mesin gak capek...tapi yaa gak jamin sih, sekarang banyak tuh jasa yang bisa ngetok kilometer...hehe...tapi ya, lumayan juga lah buat referensi beli mobil taun muda...
- Elctricity
Woelah kaya ngerti aja, haha...yaaa...keelektrikan mobil penting juga, kaya lampu2 indikator, lampu utama, lampu rem, lampu sein, klakson, n apa aja deh yang pake listrik, audio juga sih buat entertainment, itu semua bisa lo cek langsung aja....
- Aki
Nah, ini nih penting juga buat dukung electricity itu tuh, kalo gak ada beginian, ya kagak bakalan idup tuh, cara ngeceknya simpel aja, tes aja tuh setel sound system sambil nytater kek, sambil nyalain lampu kek, ato apa kek. ada juga alat khusus tuh yang bisa ngecek kekuatan aki, nah tuh montir lo bawa kayaknya, lo minta gih...cek juga penampakannya, masih bagus ato udah bulukan...
- Belt-belt
Ya, mobil kagak pake rante kaya motor, dia cuma pake Belt-belt gitu, lo mesti cek juga, soalnya belt-belt ini ada masa pakainya, tapi beginian mah gak mahal, kalo bisa, kalo jadi dibeli, ya ganti aja semuanya biar aman.
- Peredam Kejut
Yaelah bahasanya, udeehhh sokbeker aja dah lebih familiar, ya, ini berpengaruh sama kaki-kaki juga, ini berpengaruh juga sama kenyamanan n kestabilan boil, ceknya simpel, njot2 aja tuh mobil, kalo mobil ngampul2 gitu, berarti sokbeker udah kurang bagus, cek juga, ada rembesan ato gak, di sokbekernya.
- Knalpot buat indikasi
Knalpot? benda pembuangan itu? iyaaa...itu penting, soalnya mesin halus itu gak jamin sih, ada beberapa kondisi n indikasinya, kaya Ada Lelehan Oli di ujung knalpot, itu tandanya ada yang gak bener sama seal klep, ring piston, n silindernya, perlu di cek lagi tuh, biasanya kalo knalpot sampe ngiler gini, dia bakalan ngebul putih gitu, trus Kerak Hitam di Knalpot, bisa jadi pembakaran yang gak sempurna, karena lebih banyak bensin daripada udara diruang pembakaran, n bisa juga indikasinya, injektor bermasalah, trus Knalpot Bersih, ya ini ga ngindikasiin apa2 sih, berarti mobil masih dalam keadaan sehat, n ada juga Knalpot Nyemprot Air kalo distater pagi, itu nandain mobil masih dalam kondisi prima, gak usah takut, pas mesin panas, juga ilang kok.Ya tapi perlu diwaspadain juga kalo aer itu keluar terus2an, bisa jadi ada yang ga bener sama radiator, jangan2 mesinnya ada airnya nanti...
- Ban
Ini sih sebenernya ga terlalau ya, tapi ya apasalahnya sih, kalo kita beli banya masih bagus kan kita gak perlu belanja ban lagi...hehehe...
- Interior n Entertainment
Ini penting juga lah ya, ini bisa jadi fitur2 mobilnya, masih orisinal atau engga, gitu aja sih...
- AC
Duh ini juga penting, apalagi dijakarta, alesan naek mobil kan biar gak kepanasan, makanya AC itu penting, udeehh simpelnya, suruh tuh monitr yang lo bawa buat ngecek, jangan biarin dia makan gaji buta...
Oke, Fisiknya udah oke, dan lo mesti tau frend, mobil itu benda bersurat, emang anjing Siberian Husky aja yang pake surat. Mobil juga, ada yang namanya BPKB, STNK, Faktur. Semakain lengkap semakan bagus, dan pastiin Pajak STNK udah diisi...
Terakhir, misal lo udah cocok n sreg sama mobilnya, yaudah curhat aja sama yang punya, tanya2 soal mobil itu, kapan ganti oli terakhir lah, biasa ngebengkel dimana lah, biasa nyalonin dimana lah, trus tips triknya lah, pin BB yang punya lah, apa aja lah pokoknya...
Nah, kalo udah diposisi ini, lo udah tau ya mobil apa yang bakal lo bayarin, yaudah bayarin aja sesuai kesepakatan negosiasi. Bayar! Nyengir! Pulang deh bawa mobil baru....SIMPEL!
Hmm...kira-kira gitu frend tips trik beli mobil bekas, yaa bego gue kalo gak belajar dari pengalaman bokap yang serin jual-beli mobil, hehe...sedikit banyak gue tau lah...kan gue calon owner showroom mobil...Amiin ya Allah...Ya namanya mobil bekas yaa...ga ada yang perfect, apalagi mobil yang emang udah berumur, wajar kalo ada dandan dikit gitu, makanya disaranin bawa montir ahli, soalnya dia tau, kerusakan itu bakal ngabisin dana berapa, jadi lo bisa ukur dana yang lo pake buat beli tuh mobil...Yaaaa gitu deeehhh....
CMIIW
gw_nugros
Terima kasih atas infonya...
ReplyDeleteSangat bermanfaat...
terimakasih artikelnya, mau coba dulu ya
ReplyDeletehttp://promopremi.com/asuransi/asuransi-mobil-kendaraan/