Kondisi Darurat Di Jalan dan Penyelesaian Dramanya

Yaa, as we know ya frends, pegi pegi pake mobil emang suatu hal yang paling enak di dunia dibanding pake motor or kendaraan umum. Karena kalo pake mobil sendiri, kita cenderung lebih bebas. Iyaah, 'bebas'. Makanya, gak heran deh kalo semakin kesini orang makin banyak yang maunya bawa mobil sendiri dibandingin angkutan umum. Apalagi kalo disokong mobil yang masih dalam keadaan baik, ditambah sound system ajib ajeb-ajeb. Udah deh, surga banget yaa.

Tapi di dunia ini kita kenal yang namanya antonim atau lawan kata. Ada surga, ada juga yang namanya neraka. Nah bawa mobil sendiri gak mesti juga harus selalu surga bro, ada kalanya kita menghadapi saat-saat sulit atawa darurat sewaktu bawa mobil di jalanan.


Nah, di posting kali ini, gue bakalan bahas tentang Kondisi-kondisi Darurat yang Sering Terjadi di Jalanan dan Solusi Penyelesaiannya. :)

1. Over Heat
Ngebul coy! via boston.com
Kalo lo tinggal di Jakarta, udah pasti tau dan hafal sama yang namanya macet, apalagi setiap hari setiap pagi, ruas jalan cawang-halim, semanggi udah pasti jadi langganan macet di hari kerja. Udah pasti kalo yang namanya macet, pendinginan mesin mobil cuma mengandalkan radiator dan kipas. Kalo lo merasa mobil lo sehat, uda ngisi radiator. Mungkin lo bisa bernafas lega, gimana kalo tiba-tiba lo kelupaan isi air radiator dan ternyata air nya habis? Dan dengan tiba-tiba temperatur mesin melonjak drastis sampe 3/4? Nahloh! Nah, buat lo yang ngalamin hal ini, sebaiknya emang gak usah panikan. Ini cuma indikasi over heat aja kok, bukan pacar lo hamil 3 bulan. Langkah pertama yang mesti lo lakuin yaitu matiin AC. Soalnya AC yang hidup bisa menyebabkan kondensor memanas. Soalnya biasanya, kondensor dan radiator itu letaknya berdekatan. Nah bisa jadi panas yang dihasilkan kondensor bisa merambat ke radiator juga nih frends. Nah, lo tinggal liat temperatut di indikator yan gada di panel instrumen deh. Turun kah, atau stagnan kah. Kalo turun, lo bisa melanjutkan perjalanan dan keluar di pintu tol terdekat.

Tapi gimana kalo turunnya cuma sedikit? Nah, kalo begini keadaannya, mau gak mau lo harus minggir bro. Karena ada kemungkinan kalo radiator lo kekurangan air. Cari tempat aman untuk minggir, dan matiin mesin mobil lo brader. Tapi inget, jangan mentang-mentang panik, lo langsung buru-buru buka kap mesin. Jangan, karena uda pasti ruang mesin saat itu amat sangat panas. Lebih baik lo tunggu dulu sekitar 20 menitan. Diem aja di kabin dulu sambil nonton Larva 5 episode lah kira-kira.

Nah, kalo udah muntah gara-gara nonton larva, baru deh lo turun dan buka kap mesin lo. Pertama-tama lo bisa ngecek level air di tangki reservoir air radiator. Kalo kondisinya kosong, buruan cari radiator coolant, kalo gak ada, pake aqua botol juga boleh kok. Isi tangki reservoir radiator pake isi sampe kira-kira 3/4 tangki terisi. Dan inget, walaupun di radiator juga ada tutup buat isi air, jangan sekali-kali lo ngisi air dari lubang ini di kondisi panas bro. Soalnya dengan kondisi panas, udah pasti air yang ada di radiator bisa nyembur keatas dan ini bahaya. Udah gitu, kalo lo langsung buka tutup air di radiator sewaktu panas, ini bisa menyebabkan cylinder head bengkok loh. Ngeri ah.
Nih yang namanya radiator reservoir tank
Nah, nyawa lo selamat untuk sementara waktu, tapi lo harus cari tau, kenapa mobil lo sampe kehabisa air radiator nih frends. Ada beberapa kemungkinan kenapa air radiator lo sampe abis frend. Dianataranya, yaitu kipas radiator mati yang menyebabkan tingginya suhu di ruang mesin yang menyebabkan menguapnya air radiator. Dan sebab lainnya yaitu bocornya selang radiator, bisa jadi retak atau getas karena umur. Ada sedikit solusi nih kalo misalnya lo nemuin selang radiator yang bocor. Isi air radiator sampai penuh, dan jangan tutup tangki reservoir, gunanya buat mengurangi tekanan dari radiator frends. Ada juga penyebab dari radiator yang kotor frends, Ini penalaman gue banget nih. Waktu itu gue bawa Toyota Corona rajutan taun 1995, gue bawa ke kantor dan sukses over heat di daerah semanggi. Dan kejadian itu berulang beberapa waktu, gue cek air radiator aman, dan kipas juga nyala semua. Dan ternyata eh ternyata, radiator gue punya udah kotor bingits, yaudah gampangnya gue bawa ke bengkel radiator, bayar 150rebu, dan gue bisa kembali berbahagia. Radiator itu ibarat penampung air buat mobil lo brader. Gini aja, kalo lo kurang minum, dehidrasi, apa yang terjadi? Ya gitu kan.... Makanya, radiator juga perlu dijaga frends.


2. Wiper Mati
Gak enak banget kalo kaya gini, pandangan gak bebas ya, via : kia-buzz.com
Bawa mobil di kondisi hujan emang bukan jadi momok yang menakutkan kok. Karena di mobil udah ada piranti yang namanya wiper yang biasanya ada di kaca depan. Fungsinya gak lain, buat menyapu air hujan yang bisa aja menutupi pandangan. Nah, gimana kalo misalnya lo lagi nyetir tiba-tiba hujan turun deres banget-banget. Nah pas lo puter tuas wiper, eh wipernya gak mau nyala. Nah loh? Gimana dong? Sedangkan pandangan lo mulai kabur? Sekali lagi gue bilang, jangan panik bro. Lo bisa berkendara pelan-pelan dan nyari warung atau minimarket terdekat.

Ngapain gros?

Beli kacang kulit buat maen catur sama bapak-bapak komplek bro! Ya kagak lah...

Di minimarket lo bisa beli Sunlight Cair yang bisa digunakan buat cuci kaca mobil lo brader. Caranya, tuang sunlight cari di kaca mobil lo, lap dengan kanebo. Soalnya sunlight cair yang licin bisa bikin air cepat mengalir. Yaa, walaupun gak sebaik pake wiper, tapi cara ini mayan ampuh. Dulu gue pernah pake cara ini waktu karet wiper mobil gue copot. Daripada kaca gue baret2, yaudah mending pake sunlight aja. Atau lo bisa juga pake pelicin yang lain. Asal jangan pake durex play 100mL yak, mahal coy!

Sebenernya, kerusakan wiper bisa lo antisipasi nih frends. Lemahnya gerakan wiper bisa jadi itu indikasi kerusakan wiper mobil lo frends. Cek segera deh ke bengkel terdekat. Jangan sampe wiper mati tiba-tiba di jalan lagi. Bahaya coy.

3. Rem Bermasalah
tuh yang merah-merah namanya kaliper yak, bukan telor bekicot, via : sealmotors.com.au
Naah, ini pernah gue alami waktu gue berkendara bareng si Jimny imut gue. Bukannya blong, tapi justru ngunci coy, gak bisa maju gak bisa mundur, ban gue macet, temperatur tinggi. Panik? Yaiyalah! Tapi gue tetap tenang. Jadi waktu itu, gue baru aja ganti kampas rem depan buat si jimny. Entah kenapa, si abang-abang bengkel kayaknya asal masang dan gak bersihin itu si jimny punya kaliper. Yaudah deh, dengan kampas rem baru dan kaliper rem yang macet, udah pasti deh begitu rem gue injek, doi gak mau balik. Jadi deh ngunci! Sebenernya gampang aja buat ngatasin kondisi ini, lo cuma harus buang minyak rem dengan ngendorin baut yang ada di kaliper. Tapi tetep aja hal ini gak bisa smebarangn, langkah paling gampangnya, ke bengkel terdekat aja buru-buru deh.

Bukan cuma rem ngunci, paling umum terjadi juga yaitu rem blong, atau gak bisa diinjek. Yaa kaya di sinetron-sinetron gitu lah. Biasanya adegan si ibu tiri yang pingin nguasain harta suaminya, trus bunuh anak tirinya dengan bikin rem mobilnya blong. Biasanya sih setelah kecelakaan, ada adegan dimana peran utama mukanya dioperasi plastik. Trus ganti peran deh karena kontraknya abis. Klasik lah.

Nah, ada beberapa kemungkinan rem lo blong di sob, diantaranya :
Itu bukan penampakan kuntilihi, tapi itu penampakan master rem
- Master rem bermasalah, ini juga bisa menyebabkan berkurangnya kinerja pengereman mobil lo frends, mending kalo mungkin untuk ganti, ya ganti aja deh, daripada ada apa-apa, ini rem loh coy.
- Volume Minyak Rem berkurang, ini juga bisa mengakibatkan kurangnya kinera pengereman mobil lo bro. Cek secara berkala volume minyak rem lo bro. Nah, dalam kondisi darurat, sebenernya lo bisa pake radiator coolant utnuk menggantikan minyak rem yang bisa lo isi dari tabung tempat penyimpanan miyak rem. Tapi inget, ini darurat aja yah. Lo harus cari bengkel terdekat.
- Dibocorin selang minyak rem sama ibu tiri, sodara tiri, musuh di kelas, sampe ke ibu peri jahat. Nah kalo udah begini, lo pasrah aja deh, berdoa aja supaya lo masuk sorga, doa orang yang dianiaya itu diijabah bro. Amiin.

4. Sekring Putus
Nih namanya Fuse Box, atau rumah sekering, via : wakk-tt.com
Pernah gue di suatu jalan ngalamin yang namanya lampu sein mati, lampu mundur mati, klakson mati, sampe ke mesin yang tiba-tiba mati. Awalnya gue emang bingung banget, tapi gue sedikit bahagia pas gue nelpon bokap dan doi ngomong

"Paling sekringnya putus"

Oooh, cuman sekring, baiklah, bukan masalah besar pikir gue. Tapi mayan ganggu lah.

Yak, sekring, benda kecil yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik kalo-kalo terjadi kelebihan muatan listrik yang masuk ke piranti elektronik mobil. Dengan si sekring ini, bisa mengurangi terjadinya korsleting yang biasanya cukup membahayakan kalo ini menyangkut mobil.

Kalo misalnya lo ngalamin yang namanya sein piranti kelistrikan mobil mati, pertama yang lo harus cek adalah box sekering yang umumnya ada di kap mobil atau di bawah setir. Cek aja sekring yang putus keliatan kok. Dan biasanya, udah ada sekring cadangan disana. Kalopun gak ada, gak usah panik bro, lo bisa pake teknik jumper, yaitu, dengan menyambung kabel dari kutub plus ke minusnya. Tapi ini kurang aman lho. Jadi mending buruan cari sekring pengganti di bengkel terdekat, tapi biasanya di alfamart juga ada kok. Gue pernah beli. Gak usah panik lah kalo cuma sekring putus, kecuali kalo bubungan lo yang udah dijalin 7 tahun, terus putus. Itu sih ngenes ya. Pasrah aja deh.

5. Ban Bocor
Ini ban kempes, via : inspguilfoyle.files.wordpress.com
“Pecah Ban Adalah Penyebab Utama Kecelakaan”. Yak, kalimat yang sering banget ada di pintu-pintu tol itu emang kadang kedengeran klise frends. Tapi, itu bukan cuma sekedar kata-kata loh. Karena emang, pecah ban di kecepatan tinggi bisa bikin mobil lo oleng seketika frends. Kalo udah begini, satu-satunya yang dituntut dari lo yaitu, Jangan Panik. Tetap tenang dan jangan sekali-sekali nginjek rem dengan dadakan. Cukup kurangi kecepatan dan segera menepi. Manfaatkan engine brake dengan perlahan. Nah kalo kecepatan lo udah ada di kisaran 30 km/h, baru deh lo bisa injek pedal rem, dengan perlahan juga tentunya. Dan cari tempat yang aman deh buat ganti ban. Simpel kan. :)

Sini neng, kakak nugros bantuin... via : http://www.thetruthaboutcars.com/
Catetan juga buat gue nih. Yang namanya keadaan darurat, emang gak ada yang enak ya frends. Tapi, kalo kita selalu siap siaga, yang namanya kondisi darurat, bisa diatas dan diminimalisasi dampaknya kan.

Nah, sedikit catatan nih, apa aja sih yang perlu ada di mobil lo. Kayaknya jadi bahasan selanjutnya aja deh :)

Correct Me If Im Wrong :)

gw_nugros


1 comment:

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete