Okeee....udah berapa lama gue gak posting??? Setahun ya? Apaaa???!! Setahun??? Kalo bayi mah udah bisa jalan ya? Hadehh......Amat sangat rindu sekali sebenernya ngegores blog ini sama tulisan emas gue..... *PLAKK
Oke, lupakan....
Sekarang gue udah jadi pemegang tetap Night Purple Suzuki Jimny Katana jaitan 1995, ya gitu deh, mobil mungil ini yang bawa gue kemana2, ke Ujung Genteng, ke Puncak udah berapa kali gatau, yaa pokoknya kemana-mana......
Mobil lo tua gros??
Ya emang, tapi, jangan liat umurnya, liat kondisinya brader....nanti gue bakal posting khusus buat si jimny unyu gue ini.....
spoiler aja ya, tuh mobil udah banyak di modif, bukan banyak lagi, tapi almost all....tampang sih orisinilan, tapii..... ah nanti aja gue review-nya yaah...lagi nyari tempat futu-futu yang ketjeehhh.....
Well, oke, sekarang gue mau bagiin tips buat lo semua yang biasa bawa mobil, tapi masih pemula....
Jadi gini, sebenernya gue rada prihatin ya, orang bawa mobil tapi gak ngerasain mobilnya gimana, huhh.... mobil juga manusia brosis, butuh perawatan, butuh perhatian... tapi plis, perhatiannya bukan diingetin makan, mandi, cebok yaa.....oke gak usah banyak cingcong, berikut tipsnya....
1. Pastin ada mobilnya
Yaiyalah nenek berak salto sok ninja juga tau, namanya nyetir, ya mobil lah, bukan gerobak burger...
jadi pastiin, mobilnya ada dulu....
2. Lo harus punya SIM A dan STNK!
Oke, anggapalah lo mau bawa mobil normal, bukan truk, tronton, pesawat terbang, kapal laut, kapal selam, kapal pinisi, ato motor, jadi lo butuh yang namanya SIM B. Ini hal fundamental yang penting, karena orang nervousan kayak gue gini, kalo gak bawa SIM itu gak nyaman banget, berasa kaya gimana gitu kalo liat polisi, seolah kalo liat polisi, kaya langsung gelisah n tuh polisi2 langsung nyamperin gue kaya di iklan axe....shit! JANGAN HARAP LO DIPUJA YAH! ini jalan raya, bukan iklan axe, jadi, daripada lo harus nerima surat merah atau biru dari polisi, ya better lo punya kan, kalo emang ditanya, trus lo tunjukin, lo tinggal nyengir kude deh sambil ngeloyor....simple!
3. Cek Tekanan Angin Ban
Mentang-mentang lo udah mau siap bawa mobil, lo lupa sama yang beginian, ini gak sembarangan lho brosis, kalo tekanan angin ban lo kurang, bisa memperpendek umur ban, dan juga kendaraan biasanya sih lebih boros, karena mobil agak berat gitu dibawanya, jadi kerja mesin agak lumayan lebih capek...Pokoknya, umumnya ya, tekanan ban itu standarnya 28 sampe 34 Psi, atau kalo lo orang gak mau repot, lo bawa aja ke tukang isi angin, kalo bisa N2 ato nitrogen. Ini udah banyak di sediain kok di SPBU SPBU atau di bengkel mobil gede, di SPBU ajah, murah, malah kalo kenal sama orangnya, gratis... (pelajaran : PDKTin tukang tambel di SPBU). Kenapa N2? Karena eh karena....Nitrogen itu, bisa bikin tekanan bisa terjaga lebih lama, so, lo jarang ini ulang, daya cengkram ban juga optimal, karena tekanan gak berkurang, jadi irit BBM (bilang pake whatsapp gw garot nih) juga, karena kerja mesin lebih ringan, Ban lebih panjang umur, mau doong ngerayain ulang tahun ban lebih lama? Yaa, udah capek2 diciptain N2, mubadzir lah kalo gak dipake intinya gitu....
Trus, ban gue ini udah pake Nitrogen belom ya gros?
Ya mana gue tau, emang gue emak persusuannya....
Nih, gue kasih cara ngisi nitro;
a) Kuras angin ban disertai dengan melepas pentil.
b) Setelah terbuang, isi N2 80 hingga 85 persen dari tekanan idealnya. Semisalnya ban profil tipis, jika seharusnya diisi 40 Psi, untuk penggunaan ini cukup diisi 32-34 Psi.
c) Kemudian lakukan poin 1 (buang nitrogen) dan isi kembali (pentil belum terpasang). Tujuannya, agar saat pengisian asupan kedua murni N2.
d) Pasang pentil dan lanjutkan dengan pengisian kembali sampai batas ideal.
Baik kan guee? gampangnya si, lo bawa aja tuh mobil ke tukang tambal, doi lebih ngerti apa yang lo butuhin....selama lo gak curhat soal mantan lo yang udah kawin, so far, tukang tambel bakalan baik sama lo....
4. Cek Radiator
Ini juga penting buat di cek keberadaan airnya....Gimanapun, mesin yang bekerja di mobil itu kerjanya berat, jadi pastinya juga menghasilkan panas yang ekstra banget banget. Jadi ini nih perlu banget di cek, supaya mesin gak overheat ato kebangetan panas.... Gampang kok, tinggal kucurin air aja ke penampungan air yang disediain, tiap mobil beda2 sih penempatannya, tapi mostly, posisinya gak terpaut jauh lah...di moncong depan mobil di belakang grill... tinggal kucurin air ajah....3/4nya, trus jangan lupa untuk selalu bawa air cadangannya, dan ditulisin, "air radiator" gak pengen dong kalo sampe temen lu minum tuh aer?? kalo gak mau, yaudah makanya nurut aja....
5. Perhatikan Kelistrikan
Kelistrikan mobil lo juga gak kalah penting, Sein, Lampu Jauh, Lampu Deket, Lampu Kabin, Lampu Rem, Lampu Mundur, Klakson... kalo misal salah satu mati, kemungkinan sikring kendor atau putus, ini emang agak sedikit perlu keahlian ya, gue sendiri jujur juga masih gak terlalu jago, ada yang namanya trial and error, pake test pen dan dicek satu2 pin mana yang putus, semua mobil di jagat raya pake ginian, ini tuh semacem pembatas arus listrik yang ditoleransikan ke komponen yang dituju, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran atau korsleting, jadi kalo arus yang lewat berlebihan, nih sekring langsung putus.ada panduannya sih biasanya di tutup rumah sekring itu kaya buat lampu utama, hazard, sein, mundur, dan penggunaan sekringnya berapa ampere itu juga ada petunjuknya, jadi kalo misal tiba2 lampu mobil lo mati dijalan, gak usah panik dulu, cek itu rumah sekring, trus cari yang mana yang putus....jadi, gak ada salahnya lo sedia sekring sebelum putus... semacem, sedia pacar pengganti sebelum putus gitu.... gubrak....
Penempatan rumah sekering ini beda2 tiap mobil bro, ada yang posisinya dibawah setir atau di kap mesin depan juga ada, jadi, ketahui dulu letak posisi sekring mobil yang lo pake, supaya gak kejadian, lampu mati, lo panik, nabrak grobak sampah....
Ada tips juga nih kalo emang ada sekring putus, tapi lo gabawa sekring, dan sialnya, dompet lo pun ga bawa, lo bisa ngejumper, ini sih agak2 expert ya, jadi lo sambung lansung tuh dudukan kaki sekring pake kabel, tapi cara ini cuma buat kepepet ya, gak rekomen, soalnya ga ada penahan, jadi rawan kebakar, begitu sampe bengkel, mending beli aja deh yang baru.....
6. Cek Rem
7. Siapin recehh
Ini penting braaayy.... emang lo bawa mobil mau lurus lurus aja? gak ada belok, puter balik, parkir ato apa gitu? itu semua gak gratis! yaa mungkin awalnya gratis, sebelom muncul tukang parkir dadakan yang tau2 muncul, jadi duit receh ini perlu brosis, daripada lo dihina-hina, ato parahnya mobil lo dibaret (temen gue pernah), jadi mending lo siapin aja deh, biar aman....besarannya 1000-2000 perak....lagi juga bisa buat nambah2 bayar tol, jadi lo ga perlu lama nunggu kembalian....
8. Cek Spion lo bro
Nah, di posisi ini, berarti lo udah duduk di dalem kabin mobil ya, setir udah pas, jok, pokoknya lo atur sedemikian rupa sampe lo nyaman duduk di joknya, kalo perlu tambahin pijetan sama cewek2 random di sebelah... Itu jok mobil bisa diatur, maju-mundur, sama sandaran punggung juga bisa diatur, malah kalo mobil yang lumayan bagus, udah ada yang namanya tilt steering, jadi lo bisa atur posisi setir sesuka lo, spion, ini penting, gak mau dong tuh leher kecengklak gegara nengok2 mulu... ya di mobil ada spionnya, itu fungsinya buat ngeliat ke belakang, atur itu sesuai yang lo mau, ada fitur yang namanya elektrik mirror, jadi lo bisa ngatur spion dari dalem mobil secara elektrik, ajaib!
Segitu dulu tips bawa mobil dari gue ya brosis, sampe ketemu di postingan berikutnya, banyak bahasan yang belom dikembangin di draft, Insya Allah bisa konsisten nulis lagi.... Amiin.... ^_^
Salam...
gw_nugros
Oke, lupakan....
Sekarang gue udah jadi pemegang tetap Night Purple Suzuki Jimny Katana jaitan 1995, ya gitu deh, mobil mungil ini yang bawa gue kemana2, ke Ujung Genteng, ke Puncak udah berapa kali gatau, yaa pokoknya kemana-mana......
Mobil lo tua gros??
Ya emang, tapi, jangan liat umurnya, liat kondisinya brader....nanti gue bakal posting khusus buat si jimny unyu gue ini.....
spoiler aja ya, tuh mobil udah banyak di modif, bukan banyak lagi, tapi almost all....tampang sih orisinilan, tapii..... ah nanti aja gue review-nya yaah...lagi nyari tempat futu-futu yang ketjeehhh.....
Well, oke, sekarang gue mau bagiin tips buat lo semua yang biasa bawa mobil, tapi masih pemula....
Jadi gini, sebenernya gue rada prihatin ya, orang bawa mobil tapi gak ngerasain mobilnya gimana, huhh.... mobil juga manusia brosis, butuh perawatan, butuh perhatian... tapi plis, perhatiannya bukan diingetin makan, mandi, cebok yaa.....oke gak usah banyak cingcong, berikut tipsnya....
1. Pastin ada mobilnya
Yaiyalah nenek berak salto sok ninja juga tau, namanya nyetir, ya mobil lah, bukan gerobak burger...
jadi pastiin, mobilnya ada dulu....
2. Lo harus punya SIM A dan STNK!
Oke, anggapalah lo mau bawa mobil normal, bukan truk, tronton, pesawat terbang, kapal laut, kapal selam, kapal pinisi, ato motor, jadi lo butuh yang namanya SIM B. Ini hal fundamental yang penting, karena orang nervousan kayak gue gini, kalo gak bawa SIM itu gak nyaman banget, berasa kaya gimana gitu kalo liat polisi, seolah kalo liat polisi, kaya langsung gelisah n tuh polisi2 langsung nyamperin gue kaya di iklan axe....shit! JANGAN HARAP LO DIPUJA YAH! ini jalan raya, bukan iklan axe, jadi, daripada lo harus nerima surat merah atau biru dari polisi, ya better lo punya kan, kalo emang ditanya, trus lo tunjukin, lo tinggal nyengir kude deh sambil ngeloyor....simple!
iya, ini cuma modus aja biar bisa masukin foto dia |
Mentang-mentang lo udah mau siap bawa mobil, lo lupa sama yang beginian, ini gak sembarangan lho brosis, kalo tekanan angin ban lo kurang, bisa memperpendek umur ban, dan juga kendaraan biasanya sih lebih boros, karena mobil agak berat gitu dibawanya, jadi kerja mesin agak lumayan lebih capek...Pokoknya, umumnya ya, tekanan ban itu standarnya 28 sampe 34 Psi, atau kalo lo orang gak mau repot, lo bawa aja ke tukang isi angin, kalo bisa N2 ato nitrogen. Ini udah banyak di sediain kok di SPBU SPBU atau di bengkel mobil gede, di SPBU ajah, murah, malah kalo kenal sama orangnya, gratis... (pelajaran : PDKTin tukang tambel di SPBU). Kenapa N2? Karena eh karena....Nitrogen itu, bisa bikin tekanan bisa terjaga lebih lama, so, lo jarang ini ulang, daya cengkram ban juga optimal, karena tekanan gak berkurang, jadi irit BBM (bilang pake whatsapp gw garot nih) juga, karena kerja mesin lebih ringan, Ban lebih panjang umur, mau doong ngerayain ulang tahun ban lebih lama? Yaa, udah capek2 diciptain N2, mubadzir lah kalo gak dipake intinya gitu....
Trus, ban gue ini udah pake Nitrogen belom ya gros?
Ya mana gue tau, emang gue emak persusuannya....
Nih, gue kasih cara ngisi nitro;
a) Kuras angin ban disertai dengan melepas pentil.
b) Setelah terbuang, isi N2 80 hingga 85 persen dari tekanan idealnya. Semisalnya ban profil tipis, jika seharusnya diisi 40 Psi, untuk penggunaan ini cukup diisi 32-34 Psi.
c) Kemudian lakukan poin 1 (buang nitrogen) dan isi kembali (pentil belum terpasang). Tujuannya, agar saat pengisian asupan kedua murni N2.
d) Pasang pentil dan lanjutkan dengan pengisian kembali sampai batas ideal.
Baik kan guee? gampangnya si, lo bawa aja tuh mobil ke tukang tambal, doi lebih ngerti apa yang lo butuhin....selama lo gak curhat soal mantan lo yang udah kawin, so far, tukang tambel bakalan baik sama lo....
4. Cek Radiator
Ini juga penting buat di cek keberadaan airnya....Gimanapun, mesin yang bekerja di mobil itu kerjanya berat, jadi pastinya juga menghasilkan panas yang ekstra banget banget. Jadi ini nih perlu banget di cek, supaya mesin gak overheat ato kebangetan panas.... Gampang kok, tinggal kucurin air aja ke penampungan air yang disediain, tiap mobil beda2 sih penempatannya, tapi mostly, posisinya gak terpaut jauh lah...di moncong depan mobil di belakang grill... tinggal kucurin air ajah....3/4nya, trus jangan lupa untuk selalu bawa air cadangannya, dan ditulisin, "air radiator" gak pengen dong kalo sampe temen lu minum tuh aer?? kalo gak mau, yaudah makanya nurut aja....
biasanya penampungannya ada diujung selang kecil sebelah kanan |
Kelistrikan mobil lo juga gak kalah penting, Sein, Lampu Jauh, Lampu Deket, Lampu Kabin, Lampu Rem, Lampu Mundur, Klakson... kalo misal salah satu mati, kemungkinan sikring kendor atau putus, ini emang agak sedikit perlu keahlian ya, gue sendiri jujur juga masih gak terlalu jago, ada yang namanya trial and error, pake test pen dan dicek satu2 pin mana yang putus, semua mobil di jagat raya pake ginian, ini tuh semacem pembatas arus listrik yang ditoleransikan ke komponen yang dituju, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran atau korsleting, jadi kalo arus yang lewat berlebihan, nih sekring langsung putus.ada panduannya sih biasanya di tutup rumah sekring itu kaya buat lampu utama, hazard, sein, mundur, dan penggunaan sekringnya berapa ampere itu juga ada petunjuknya, jadi kalo misal tiba2 lampu mobil lo mati dijalan, gak usah panik dulu, cek itu rumah sekring, trus cari yang mana yang putus....jadi, gak ada salahnya lo sedia sekring sebelum putus... semacem, sedia pacar pengganti sebelum putus gitu.... gubrak....
Penempatan rumah sekering ini beda2 tiap mobil bro, ada yang posisinya dibawah setir atau di kap mesin depan juga ada, jadi, ketahui dulu letak posisi sekring mobil yang lo pake, supaya gak kejadian, lampu mati, lo panik, nabrak grobak sampah....
Ada tips juga nih kalo emang ada sekring putus, tapi lo gabawa sekring, dan sialnya, dompet lo pun ga bawa, lo bisa ngejumper, ini sih agak2 expert ya, jadi lo sambung lansung tuh dudukan kaki sekring pake kabel, tapi cara ini cuma buat kepepet ya, gak rekomen, soalnya ga ada penahan, jadi rawan kebakar, begitu sampe bengkel, mending beli aja deh yang baru.....
ini rumah sekering |
6. Cek Rem
Inget, ini mobil bro, bukan becak mini, jadi rem ya harus kudu musti perlu banget banget lah, cara ceknya simple, injek aja tuh rem, kalo dalem, udah harusnya diperiksa brosis, ada sih beberpa sebab rem jadi blong, diantaranya;
- Selang Rem Bocor.
- Booster n Master rem udah gak kerja baik.
- Kanvas Rem Menipis
- Piston rem udah aus.
Nah, lo harus sering ngecek ke bengkel yaah jangan males, gak disuntik kok....
Neh juga tips ngecek rem lo masi pakem or nggak ;
- Injak pedal rem, dan lepaskan. Ulangi beberapa kali sambil 'mainin' kecepatan mobil. Disini lo bisa ngetes itu yang namanya rem masi pakem apa nggak..
- Sepakem apapun rem mobil lo, jangan pernah ngerem dadakan, pastiin jarak aman ke mobil depan buat lo ngerem ya brader
- Kepepetnya gini, tiba-tiba rem lo agak susah diinjek gitu ya, pliss banget jangan panik brader, usahain lo harus tetap tenang, lepas gas, turunin gigi secara perlahan, karena lo bisa dibantu sama yang namanya engine brake.
- Kalo amit-amitnya mobil ampe kaga bisa direm, tabrakin diri satu2nya jalan lah ya, kalo mau, tabrakin bagian samping ajah, tapi naujubile yah, jangan sampe.....
7. Siapin recehh
Ini penting braaayy.... emang lo bawa mobil mau lurus lurus aja? gak ada belok, puter balik, parkir ato apa gitu? itu semua gak gratis! yaa mungkin awalnya gratis, sebelom muncul tukang parkir dadakan yang tau2 muncul, jadi duit receh ini perlu brosis, daripada lo dihina-hina, ato parahnya mobil lo dibaret (temen gue pernah), jadi mending lo siapin aja deh, biar aman....besarannya 1000-2000 perak....lagi juga bisa buat nambah2 bayar tol, jadi lo ga perlu lama nunggu kembalian....
8. Cek Spion lo bro
Nah, di posisi ini, berarti lo udah duduk di dalem kabin mobil ya, setir udah pas, jok, pokoknya lo atur sedemikian rupa sampe lo nyaman duduk di joknya, kalo perlu tambahin pijetan sama cewek2 random di sebelah... Itu jok mobil bisa diatur, maju-mundur, sama sandaran punggung juga bisa diatur, malah kalo mobil yang lumayan bagus, udah ada yang namanya tilt steering, jadi lo bisa atur posisi setir sesuka lo, spion, ini penting, gak mau dong tuh leher kecengklak gegara nengok2 mulu... ya di mobil ada spionnya, itu fungsinya buat ngeliat ke belakang, atur itu sesuai yang lo mau, ada fitur yang namanya elektrik mirror, jadi lo bisa ngatur spion dari dalem mobil secara elektrik, ajaib!
9. YUK JALAN!
Di posisi ini, berarti lo udah punya SIM, STNK, Mobil juga udah prima, yaudah tinggal cuss jalan ajah.... Hati-hati di jalan, kita nggak pernah tau ya, ada ribuan pengguna jalan, jadi, "hati-hati di jalan" itu emang udah harga mati kalo mau selamet sampe tujuan. Perhatiin rambu-rambu, kalo belom tau, ya belajar! di RPUL ada tuh! jangan males baca! Pelan-pelan aja gak suah ngebut ngebut, toh bakal sama aja nyampenya, cuma masalah waktu aja....yang penting kan selamat sampe tujuan kan ya kaaan...... Okesip!Segitu dulu tips bawa mobil dari gue ya brosis, sampe ketemu di postingan berikutnya, banyak bahasan yang belom dikembangin di draft, Insya Allah bisa konsisten nulis lagi.... Amiin.... ^_^
Salam...
gw_nugros
0 caci maki:
Post a Comment