Oke, diakhir November ini, gue mau nulis soal BBM...isunya sih, awal Desember itu bakal ada kelangkaan premium bersubsidi gitu, karena pasokannya dibatasi dari pemerintah. Yaa....gak perlu takut sih, masih ada pertamax...:D tapi ya, emang ahrganya jauh lebih mahal dari premium.
Oke, gue gak akan bahas soal kelangkaan BBM, apalagi soal kenapa dibatasinya pasokan BBM bersubsidi, itu bukan porsi gue...Let it flow aja dan jangan terlalu khawatir lah....:)
Beberapa waktu lalu gue browsing, nemu soal penyesuaian kompresi sama penggunaan BBM di salah satu blog di jagat maya. Doi bilang, kalo BBM motor itu harus kudu banget dipake sesuai dengan kompresi motor yang kita punya frend, apalagi skrg ini, motor2 diciptain dengan komrpesi tinggi,
ya pabrikan mengklaim, dengan kompresi tinggi, motor bisa jadi lebih irit, trus tau darimana dong kompresi motor ktia? biasanya sih ada di buku petunjuknya tuh. Dan katanya, kalo emang BBm kita gak sesuai sama penggunaannya, bakal mengurangi durabilitas mesin terutama piston. Hmm...
Oke, di Indo, produk BBM buat motor dari pertamina itu ada 3 yah, ada premium, pertamax, n pertamax plus, ada solar juga sih, tapi, emang ga ada kan motor yang pake diesel? Ya intinya tiga, dimana kandungan oktannya itu buat premium ada di angka 88, pertamax ada di angka 92, n pertamax plus ada di angka 95.
trus, gimana nyesuaiin sama komrpesi? dari beberapa data yang gue dapet, bisa diambil gini,
Oktan 88 : Untuk mesin kompresinya dibawah 9.0:1
Oktan 92 : Untuk mesin kompresinya antara 9.0:1 sampai 10.0:1
Oktan 95 : Untuk mesin kompresinya lebih dari 10.1:1
Oktan itu berhubungan sama kemampuan BBM kebakar, makin tinggi oktannya, maka BBM lebih susah kebakar, n sebaliknya, kalo makin rendah, makin gampang kebakar. makin tinggi kompresi, maka makin tinggi juga seharusnya Oktan BBM yang musti dipake frend.
Motor2 baru yang kompresinya tinggi macem V-ixion, CS1, SAtria, dll, itu kudu pake BBM yang oktammnya tinggi frend, kenapa? karena bikin durabilitas mesin berkurang, dulu waktu gue SMA, gue diajarin sama guru Kimia gue, katanya kalo mesin kompresi tinggi tapi pake Oktan rendah, akan terjadi knocking, ya walaupun gue ga tau pasti apa itu knocking ya, tapi ya mungkin sih mesin jadi nglitik gitu. N parahnya, bisa ngerusak piston loh. Ngeri ah...
Nah, tapi sebaliknya frend, kalo motor lo kompresinya kecil, macem Mio, Tiger, dll. ga usah lah gaya2 pake pertamax segala frend, kenapa? ya ga nyambung juga sih, karena di desain emang kompresinya rendah n pake bensin oktan rendah juga, soalnya kalo motor kompresi rendah itu butuh BBM yang gampang kebakar, kalo lo gaya2 pake pertamax biar dibilang KECEH, ya itu mesin lo bakal bekerak karena ga kebakar sempurna frend...
Hmm....Jadi, ya pemakaian BBM sama kesesuaian motor emang perlu dijaga ya frend, biar durabilitas mesin motor lo bisa lebih panjang....Nah, kalo buat motor baru, lo bisa liat kompresi motor lo di buku manualnya, biasanya ada, kalo gak ada, ya lo tanya aja sama penjualnya, nah kalo motor second, ini ada beberapa komprsi motor, yang bisa lo jadiin acuan frend... ini nih....
Yamaha :
1. Vega R, dan Vega ZR, kompresinya 9.3:1, premium masih bisa idelanya pertamax
2. Jupiter Z (Burhan & New), kompresinya 9.3:1, premium masih bisa idealnya pertamax
3. Jupiter MX, kompresinya 10.9:1, pertamax atau pertamax plus
4. Mio (Mio dan Soul), kompresinya 8.8:1, premium
5. Xeon, kompresinya 10.9:1, pertamax atau pertamax plus.
6. Scorpio, kompresinya 9.5:1, pertamax..
7. Vixion, kompresinya 10.4:1, pertamax atau pertamax plus
8. Byson, kompresinya 9.5:1, ni motor sama kaya scorpio butuh bbm pertamax.
Suzuki :
1. Smash Titan, kompresinya 9.5:1, pertamax
2. Satria FU, kompresi 10.2:1, pertamax atau pertamax plus
3. Thunder, kompresinya 9.2:1, premium masih bisa idealnya pertamax
4. Spin, kompresinya 9.6:1, pertamax
5. Hayate, kompresinya 9.6:1, pertamax
6. Skydrive, kompresinya 9.6:1, pertamax
7. Nex, Kompresi 9.4:1, pertamax
Honda :
1. Scoopy, kompresinya 9.2:1 bisa ditawar pake bbm jenis premium kalo bisa pertamax.
2. Vario, kompresinya 10.7:1, pertamax atau pertamax plus
3. Beat, kompresinya 9.2:1, kaya scoopy pake premium gak masalah, tapi kalo bisa pertamax.
4. PCX, kompresinya 11.0:1, minimal pertamax atau pertamax plus
5. CS 1, kompresinya 10.7:1, pertamax atau pertamax plus
6. Blade, kompresinya 9.0:1, premium
7. Revo (AT,Abs,Dx,110), kompresinya 9.0:1 premium
8. Tiger, kompresinya 9.0:1, premium
9. Mega Pro, kompresinya 9.0:1, premium
10. New Mega pro, kompresinya 9.5:1, pertamax
Nahh kira2 gitu frend, kalo motor lo ga ada diatas, ada sih rumus buat ngitung kompresi, tapi ya agak ribet...simpelnya, browse di inet aja gih....hehehe....
CMIIW
gw_nugros
Oke, gue gak akan bahas soal kelangkaan BBM, apalagi soal kenapa dibatasinya pasokan BBM bersubsidi, itu bukan porsi gue...Let it flow aja dan jangan terlalu khawatir lah....:)
Beberapa waktu lalu gue browsing, nemu soal penyesuaian kompresi sama penggunaan BBM di salah satu blog di jagat maya. Doi bilang, kalo BBM motor itu harus kudu banget dipake sesuai dengan kompresi motor yang kita punya frend, apalagi skrg ini, motor2 diciptain dengan komrpesi tinggi,
ya pabrikan mengklaim, dengan kompresi tinggi, motor bisa jadi lebih irit, trus tau darimana dong kompresi motor ktia? biasanya sih ada di buku petunjuknya tuh. Dan katanya, kalo emang BBm kita gak sesuai sama penggunaannya, bakal mengurangi durabilitas mesin terutama piston. Hmm...
Oke, di Indo, produk BBM buat motor dari pertamina itu ada 3 yah, ada premium, pertamax, n pertamax plus, ada solar juga sih, tapi, emang ga ada kan motor yang pake diesel? Ya intinya tiga, dimana kandungan oktannya itu buat premium ada di angka 88, pertamax ada di angka 92, n pertamax plus ada di angka 95.
trus, gimana nyesuaiin sama komrpesi? dari beberapa data yang gue dapet, bisa diambil gini,
Oktan 88 : Untuk mesin kompresinya dibawah 9.0:1
Oktan 92 : Untuk mesin kompresinya antara 9.0:1 sampai 10.0:1
Oktan 95 : Untuk mesin kompresinya lebih dari 10.1:1
Oktan itu berhubungan sama kemampuan BBM kebakar, makin tinggi oktannya, maka BBM lebih susah kebakar, n sebaliknya, kalo makin rendah, makin gampang kebakar. makin tinggi kompresi, maka makin tinggi juga seharusnya Oktan BBM yang musti dipake frend.
Motor2 baru yang kompresinya tinggi macem V-ixion, CS1, SAtria, dll, itu kudu pake BBM yang oktammnya tinggi frend, kenapa? karena bikin durabilitas mesin berkurang, dulu waktu gue SMA, gue diajarin sama guru Kimia gue, katanya kalo mesin kompresi tinggi tapi pake Oktan rendah, akan terjadi knocking, ya walaupun gue ga tau pasti apa itu knocking ya, tapi ya mungkin sih mesin jadi nglitik gitu. N parahnya, bisa ngerusak piston loh. Ngeri ah...
Nah, tapi sebaliknya frend, kalo motor lo kompresinya kecil, macem Mio, Tiger, dll. ga usah lah gaya2 pake pertamax segala frend, kenapa? ya ga nyambung juga sih, karena di desain emang kompresinya rendah n pake bensin oktan rendah juga, soalnya kalo motor kompresi rendah itu butuh BBM yang gampang kebakar, kalo lo gaya2 pake pertamax biar dibilang KECEH, ya itu mesin lo bakal bekerak karena ga kebakar sempurna frend...
Hmm....Jadi, ya pemakaian BBM sama kesesuaian motor emang perlu dijaga ya frend, biar durabilitas mesin motor lo bisa lebih panjang....Nah, kalo buat motor baru, lo bisa liat kompresi motor lo di buku manualnya, biasanya ada, kalo gak ada, ya lo tanya aja sama penjualnya, nah kalo motor second, ini ada beberapa komprsi motor, yang bisa lo jadiin acuan frend... ini nih....
Yamaha :
1. Vega R, dan Vega ZR, kompresinya 9.3:1, premium masih bisa idelanya pertamax
2. Jupiter Z (Burhan & New), kompresinya 9.3:1, premium masih bisa idealnya pertamax
3. Jupiter MX, kompresinya 10.9:1, pertamax atau pertamax plus
4. Mio (Mio dan Soul), kompresinya 8.8:1, premium
5. Xeon, kompresinya 10.9:1, pertamax atau pertamax plus.
6. Scorpio, kompresinya 9.5:1, pertamax..
7. Vixion, kompresinya 10.4:1, pertamax atau pertamax plus
8. Byson, kompresinya 9.5:1, ni motor sama kaya scorpio butuh bbm pertamax.
Suzuki :
1. Smash Titan, kompresinya 9.5:1, pertamax
2. Satria FU, kompresi 10.2:1, pertamax atau pertamax plus
3. Thunder, kompresinya 9.2:1, premium masih bisa idealnya pertamax
4. Spin, kompresinya 9.6:1, pertamax
5. Hayate, kompresinya 9.6:1, pertamax
6. Skydrive, kompresinya 9.6:1, pertamax
7. Nex, Kompresi 9.4:1, pertamax
Honda :
1. Scoopy, kompresinya 9.2:1 bisa ditawar pake bbm jenis premium kalo bisa pertamax.
2. Vario, kompresinya 10.7:1, pertamax atau pertamax plus
3. Beat, kompresinya 9.2:1, kaya scoopy pake premium gak masalah, tapi kalo bisa pertamax.
4. PCX, kompresinya 11.0:1, minimal pertamax atau pertamax plus
5. CS 1, kompresinya 10.7:1, pertamax atau pertamax plus
6. Blade, kompresinya 9.0:1, premium
7. Revo (AT,Abs,Dx,110), kompresinya 9.0:1 premium
8. Tiger, kompresinya 9.0:1, premium
9. Mega Pro, kompresinya 9.0:1, premium
10. New Mega pro, kompresinya 9.5:1, pertamax
Nahh kira2 gitu frend, kalo motor lo ga ada diatas, ada sih rumus buat ngitung kompresi, tapi ya agak ribet...simpelnya, browse di inet aja gih....hehehe....
CMIIW
gw_nugros
0 caci maki:
Post a Comment